Pembelajaran Tenis Meja Kurikulum 2013

1. Pengertian dan Asal-Usul Permainan Tenismeja  


     Tenismeja merupakan cabang olahraga yang dimainkan di dalam gedung (indoor game) oleh dua pemain atau empat pemain. Cara memainkannya dengan menggunakan raket yang dilapisi karet untuk memukul bola celluloid melewati jaring yang tergantung di atas meja yang dikaitkan pada dua tiang jaring. Permainan tenismeja atau lebih dikenal dengan istilah lain, yaitu ping pong adalah merupakan suatu cabang olahraga yang unik dan bersifat rekreatif.    Tenismeja berasal dari Eropa, pada abad pertengahan sebagai kombinasi dari permainan tenis kuno, law tenis dan badminton. Mulai populer di Inggris pada pertengahan abad ke-19 dengan beberapa nama seperti pingpong, gossima dan whiff-whaff dikreasikan sebagai permainan hiburan setelah makan malam, lengkap dengan berbusana bagi penggemarnya. Permainan ini mendapatkan wadah resmi yang mengatur pertenismejaan dunia pada tanggal 15 Januari 1926 atas prakarsa Dr. Goerge Lehman dari Jerman.
       Tenismeja masuk ke Indonesia pada sekitar tahun 1930-an dan hanya dilakukan di tempat-tempat pertemuan umum orang Belanda, yang dikenal dengan nama societeit. Sekitar tahun 1940-an, sudah mulai masuk ke masyarakat Indonesia melalui golongan pamong dan ambtenaar-ambtenaar (pegawai negeri) Indonesia. Pada tahun yang sama PTMSI menjadi anggota dari Table Tennis Federation of Asia, disingkat TTFA. Beberapa kejuaraan Asia yang diselenggarakan oleh TTFA telah diikuti oleh PTMSI, terutama yang diselenggarakan di Singapura dan Manila. Pada tahun 1961 PTMSI resmi menjadi anggota International Table Tennis Federation, disingkat ITTF, sebagai negara anggota ke-73. Sebagai anggota ITTF, dibandingkan dengan keanggotaan pada TTFA, sebaliknya PTMSI tidak pernah absen di dalam kejuaraan-kejuaraan dunia yang diselenggarakan sejak tahun 1963, dimanapun penyelenggaraannya dilaksanakan.  Partisipasi pertama bagi PTMSI adalah di Praha pada tahun 1963, yang diikuti oleh baik putra maupun putri dengan hasil peringkat ke-34 bagi putra dan ke-31 bagi putri.
  Sekarang coba kamu baca tentang pengertian dan asal-usul permainan tenismeja berikut ini.

2. Perlengkapan dan Lapangan Permainan Tenis meja

a. Bet Permainan Tenismeja 

1) Ukuran berat, bentuk raket, tidak ditentukan, tetapi daun raket harus datar dan kaku. 
2) Ketebalan daun raket, minimal 85 % harus terbuat dari kayu alam; dapat dilapisi dengan bahan perekat yang berserat seperti fiber karbon atau fiberglass atau dari bahan kertas yang dipadatkan, bahan tersebut tidak lebih dari 7,5 % dari total ketebalan 0,35 mm, adalah merupakan bagian yang sangat sedikit/tipis. 
3) Sisi daun raket yang digunakan untuk memukul bola, harus ditutupi oleh karet berbintik biasa, atau karet berbintik yang menonjol keluar; namun memiliki ketebalan termasuk lapisan lem perekat tidak lebih dari 2 mm, atau karet datar (bukan berbintik ke luar) dengan karet berbintik ke dalam harus memiliki ketebalan tidak melebihi dari 4 mm termasuk lem perekat.

b. Lapangan Permainan Tenismeja


 3. Pembelajaran Teknik Bermain Tenismeja

       Permainan tenismeja merupakan permainan bola kecil yang sangat popular di kawasan Asia, termasuk di Indonesia. Permainan tenismeja Cina merupakan raksasa penguasa permainan tersebut. Permainan tenismeja merupakan permainan individu, berpasangan, ataupun beregu bola kecil. Permainan tenismeja memerlukan kelincahan, kecepatan, daya tahan, kekuatan, kelenturan otot, power, stamina dan kekompakan dalam bermain. Jadi, bagaimanakah cara melatih teknik dasar permainan tenismeja yang baik dan benar?
       Pada dasarnya teknik permainan tenismeja dapat dibagi menjadi empat, yaitu : (1) Teknik memegang bet (grip), (2) Teknik siap sedia (stance), (3) Teknik gerakan kaki (footwork), dan (4) Teknik pukulan (stroke). Tanpa penguasaan teknik dasar bermain tenismeja dengan baik, kamu tidak mungkin dapat bermain tenismeja dengan baik pula. Sekarang coba kamu baca berbagai teknik dasar permainan tenismeja dengan cermat, kemudian bermainlah bersama-sama temanmu untuk mempraktikkan berbagai jenis keterampilan yang ada dalam buku ini, kemudian diskusikan cara bermain yang baik. Yakinlah kamu “kamu bisa menjadi apapun yang kemu inginkan, dengan catatan kamu serius dan sepenuh hati melakukannya” Permainan tenismeja akan berhasil dengan baik apabila kamu terampil melakukan teknik bermain tenismeja.
       Sebelum kamu mempelajari teknik dasar permainan tenismeja, coba kamu bermain tenismeja yang dimodifikasi. Dalam bermain, kamu diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi. Sambil bermain coba kamu amati dan rasakan gerakan memukul bola yang mana mudah dilakukan.
Cara bermain tenismeja yang dimodifikasi adalah sebagai berikut. 

a. Jumlah pemain 12 orang (untuk dua tim) masing-masing 6 pemain untuk satu tim. 
b. Cara bermainnya dengan melambung-lambungkan bola dengan teknik dasar forehand di tempat, dilanjutkan sambil berjalan, maju-mundur dan bergerak menyamping, secara perorangan, berpasangan atau kelompok. 
c. Setiap pemain berusaha melambung-lambungkan bola sebanyakbanyaknya dengan menggunakan bet secara estafet. 
d. Apabila bola yang dipukul terjatuh ke lantai, maka pemain tersebut dinyatakan kalah. 
e. Tim dianggap menang apabila dapat mematikan bola ke lapangan lawan sebanyak mungkin. 
f. Waktu permainan untuk setiap tim 5–10 menit.


Setelah kamu bermain tenismeja yang dimodifikasi, selanjutnya kamu mempelajari teknik dasar pukulan permainan tenismeja yang benar. Teknikteknik pukulan permainan tenismeja tersebut akan diuraikan secara lengkap sebagai berikut.

a. Pembelajaran Teknik Memegang Bet 

Teknik memegang bet (grip) merupakan faktor yang sangat penting dalam permainan tenismeja.  Secara garis besar pegangan dapat dibedakan menjadi dua macam, sebagai berikut.

1) Pegangan seperti Berjabatan Tangan 
Sekarang coba kamu praktikkan memegang bet tenismeja cara shakehand grip dengan cara berikut ini.
a) Amati dan rasakan posisi tanganmu dalam memegang bet tenismeja dengan baik. 
b) Temukan posisi tangan yang paling sesuai buat dirimu. 
c) Lakukan memegang bet tenismeja berulang-ulang sampai kamu dapat merasakan posisi tangan yang enak dalam memegang bet tenismeja dengan cara shakehand grip. 
d) Pegangan shakehand sangat populer terutama di negera-negara Eropa atau dunia Barat. Dengan pegangan ini seorang pemain dapat menggunakan kedua sisi bet.


2) Pegangan seperti Memegang Tangkai Pena Sekarang coba kamu praktikkan memegang bet tenismeja cara penhold grip dengan cara berikut ini.

a) Amati dan rasakan posisi tanganmu dalam memegang bet tenismeja dengan baik. 
b) Temukan posisi tangan yang paling sesuai buat dirimu. 
c) Lakukan memegang bet tenismeja berulang-ulang sampai kamu dapat merasakan posisi tangan yang enak dalam memegang bet tenismeja dengan cara penhold grip. 
d) Penhold grip atau pegangan tangkai pena dikenal pula dengan pegangan Asia, walaupun akhirnya kebanyakan pemain Asia banyak menggunakan pegangan shakehand. Pada pegangan ini hanya satu sisi bet yang dapat digunakan. 

b. Pembelajaran Teknik Siap Sedia 
Pembelajaran teknik siap sedia (stance). Stance disini berarti : posisi kaki, badan dan tangan pada saat siap menunggu bola atau pada saat memukul bola. Sekarang coba kamu praktikkan teknik siap sedia dalam permainan tenismeja dengan cara berikut ini.

1) Square Stance 
Square stance adalah posisi badan menghadap penuh ke meja, biasanya posisi ini digunakan untuk siap menerima servis dari lawan atau siap kembali setelah mengembalikan pukulan dari lawan.  

2) Side Stance Side 
Stance berarti posisi badan menyamping, baik ke samping kiri maupun ke samping kanan.  Pada side stance, jarak antara bahu ke meja atau ke net harus ada yang lebih dekat.

c. Pembelajaran Teknik Gerakan Kaki 
Pembelajaran teknik gerakan kaki (footwork). Footwork dalam tenismeja pada garis besarnya dibedakan untuk nomor tunggal dan nomor ganda. Footwork yang digunakan dalam permainan tunggal sudah otomatis digunakan dalam permainan ganda. Jika dilihat dari banyaknya langkah footwork, untuk tunggal dapat dibedakan : satu langkah, dua langkah dan tiga langkah atau lebih.  Arah pergerakannya bisa ke depan, ke belakang, ke samping kiri, ke samping kanan atau diagonal.

d. Pembelajaran Teknik Pukulan 
Pembelajaran teknik pukulan (stroke). Terdapat beberapa teknik pukulan dasar dalam permainan tenismeja antara lain: (1) Push, (2) drive, (3) block, (4) chop, dan (5) service. Kelima teknik pukulan tersebut dapat dijelaskan satu-per satu berikut ini.
73Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
 
1) Pembelajaran Pukulan Push
 
Sekarang coba kamu praktikkan pukulan push permainan tenismeja dengan cara berikut ini.

a) Amati dan rasakan perkenaan bet dengan bola menggunakan teknik pukulan push pada betmu, dan salurkan tenaga ke bet sehingga bola terpukul dengan baik. 
b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. 
c) Lakukan pukulan push berulang-ulang sampai kamu dapat merasakan pola gerakan yang enak dalam memukul bola. 
d) Pukulan push biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulanpukulan push itu sendiri dan pukulan-pukulan chop. Pukulan push dapat dilakukan dengan gerakan forehand dan backhand push. 


2) Pembelajaran Pukulan Drive 
Sekarang coba kamu praktikkan pukulan drive permainan tenismeja dengan cara berikut ini.

a) Amati dan rasakan perkenaan bet dengan bola dengan menggunakan teknik pukulan drive pada betmu, dan tenaga yang disalurkan ke bet sehingga bola terpukul dengan baik. 
b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. 
c) Lakukan pukulan drive berulang-ulang sampai kamu dapat merasakan pola gerakan yang enak dalam memukul bola. 
d) Pukulan drive merupakan teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah serong ke atas dan sikap bet tertutup. Besarnya sudut yang diakibatkan oleh gerakan kemiringan bet bervariasi sesuai dengan arah jatuhnya bola, putaran bola yang datang dari lawan dan tujuan pemukul itu sendiri.



3) Pembelajaran Pukulan Servis 
Servis adalah teknik memukul bola untuk menyajikan bola pertama ke dalam permainan dengan cara memantulkan terlebih dahulu bola tersebut ke meja penyaji, kemudian dipukul, dan bola harus melewati atas net dan akhirnya memantul di meja lawan. Gerakan atau putaran yang diberikan pada bola bisa bermacam-macam. Gambar berikut merupakan contoh rangkaian gerakan forehand chop service.
Sekarang coba kamu praktikkan pukulan servis permainan tenismeja dengan cara berikut ini.

a) Amati dan rasakan perkenaan bet dengan bola dengan menggunakan teknik pukulan servis pada betmu, dan tenaga yang disalurkan ke bet sehingga bola terpukul dengan baik. 
b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. 
c) Lakukan pukulan servis berulang-ulang sampai kamu dapat merasakan pola gerakan yang enak dalam memukul bola servis.


e. Bentuk-bentuk Pembelajaran Teknik Pukulan Permainan Tenismeja 

Tujuan pembelajaran memukul bola adalah untuk mengkombinasikan teknik gerakan-gerakan memukul bola yang telah dipelajari. Setelah peserta didik melakukan gerakan memukul bola, coba rasakan teknik-teknik memukul bola yang mana mudah dan sulit dilakukan. Mengapa teknik gerakan tersebut mudah dan sulit dilakukan? Temukan permasalahannya, kemudian lakukan kembali gerakan-gerakan tersebut. Gerakan memukul bola dapat dilakukan dengan cara: berpasangan dan berkelompok. Dalam melakukan gerakan memukul bola, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi. Bentuk-bentuk pembelajaran memukul bola antara lain sebagai berikut.

1) Pembelajaran 1: Melambung bola dan memukulnya ke arah meja menggunakan teknik pukulan forehand, di tempat, dan bergerak ke kanankiri, dilakukan secara berpasangan dan bergantian.


2) Pembelajaran 2: Memukul bola yang dilambungkan teman dari depan dengan teknik pukulan forehand dalam posisi di tempat, dan bergerak ke kanan-kiri, dilakukan secara berpasangan dan bergantian.


3) Pembelajaran 3: Bermain 1 lawan 1 dilanjutkan 2 lawan 1 menggunakan teknik pukulan backhand. Pihak yang bolanya banyak mati diangap kalah. Lakukan pembelajaran ini ± 4–5 menit secara bergantian.

4) Pembelajaran 4: Bermain 1 lawan 1 dilanjutkan 2 lawan 1 menggunakan teknik pukulan  backhand. Pihak yang bolanya banyak mati dianggap kalah. Lakukan pembelajaran ini ± 4–5 menit secara bergantian.



sumber : Buku PJOK SMP kelas VII Kurikulum 2013

Subscribe to receive free email updates:

26 Responses to "Pembelajaran Tenis Meja Kurikulum 2013"

  1. Informasi yang menarik untuk dikunjungi

    ReplyDelete
  2. teria kasih banyak gan.. semoga bermanfaat ya gan

    ReplyDelete
  3. ini sangat bermanfaat buat para guru penjas bro.....sangat bermanfaat....

    ReplyDelete
  4. iya gan alhamdulillah... ini memang tekhusu untuk orang yang berkecimpung di dunia olahraga gan

    ReplyDelete
  5. untuk siswa biasanya suruh nyari materi begini juga nihhh

    ReplyDelete
  6. iya gan.. makanya ii ana share kan untuk semua kalangan gan... semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  7. mantap super lengkap sangat bermanfaat .

    ReplyDelete
  8. Waduh, kalo main tenis meja kagak pernah gw,..masih bingung gan...

    ReplyDelete
  9. bung ridla... terima kasih bnayk gan
    bing kiki... ini kan pembelajaran untuk yang masih awam gan.. jadi selamat mencoba gan..

    ReplyDelete
  10. Informasinya langkap banget! Gambarnya juga pas buat anak-anak..
    Btw tahu gak?
    Kayaknya kalau kita lihat pemain tenis itu enak banget mainnya, tapi pas aku ngambil nilai main tenis,.. huhu jeblok.. aku gak cocok

    ReplyDelete
  11. sabar gan.. semua itu perlu proses.. pembelajaran itu tadak bisa sekali, dua kali tiga kali langsung bisa gan... harus berkali kali karena pembelajaran itu sifatnya berkelanjutan gan..

    ReplyDelete
  12. bagus artikelnya menambah pengetahuan

    ReplyDelete
  13. Hihi butuh kesabaran main permainan ini

    ReplyDelete
  14. Lengkap sekali di bahas dari dasar secara detail

    ReplyDelete
  15. iya gan alhamdulillah.. ini agar para pembaca mengerti secara mendetail gan...

    ReplyDelete
  16. thanks gan.. semoga bermanfaat untuk semuanya

    ReplyDelete
  17. iya gan.. agar yang membaca bisa mengerti 100% gan

    ReplyDelete
  18. mantap min (Y) infonya sedetail mungkin :D mkasi banyak :D akhirnya ketemu juga nih cara main tenis meja :D

    ReplyDelete
  19. Iya gan alhamdulillah... selamat belajar gan...

    ReplyDelete
  20. Pelajaran tenis yang berharga, semoga bermanfaat untuk semua.
    teknik dasar bola basket

    ReplyDelete

Contoh soal ujian penjas SMP Sederajat

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat malam semuanya pada kesempatan kali inu ane Nur syamsudin fikri akan kembali memba...