Pembelajaran Bulu Tangkis Kurikulum 2013

1. Pengertian dan Asal-usul Permainan Bulutangkis

Sekarang coba kamu baca tentang pengertian dan asal-usul permainan bulutangkis berikut ini.
Bulutangkis adalah cabang olahraga yang termasuk ke dalam kelompok olahraga permainan.  Permainan bulutangkis dapat dimainkan di dalam maupun di luar lapangan, di atas lapangan yang dibatasi dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan lebar tertentu. Lapangan bulutangkis dibagi menjadi dua sama besar dan dipisahkan oleh net yang tergantung di tiang net yang ditanam di pinggir lapangan. Alat yang dipergunakan adalah sebuah raket sebagai alat pemukul serta shutlecock sebagai bola yang dipukul. Permainan dimulai dengan cara menyajikan bola atau service, yang memukul bola dari petak service kanan ke petak service kanan lawan, sehingga jalan bola menyilang.  Permainan bulutangkis ini biasanya dimainkan oleh:

(1)  Seorang pria melawan seorang pria (tunggal putra),
(2) Seorang wanita melawan seorang wanita (tunggal putri),
(3) Sepasang pria melawan sepasang pria (ganda putra),
(4) Sepasang wanita melawan sepasang wanita (ganda putri), dan
(5) Sepasang pria/wanita melawan sepasang pria/wanita (ganda campuran).

Menurut sejarah, permainan bulutangkis berasal dari permainan yang bernama poona dan berasal dari India. Oleh beberapa perwira tentara Kerajaan Inggris yang menjajah India pada waktu itu, permainan ini dibawa ke Inggris dan dikembangkan di sana. Pada tahun 1873, permainan ini dimainkan di taman istana milik Duke de Beaufort di Badminton Gloucerter Shore, hingga karenanya permainan ini kemudian diberi nama badminton. Badminton atau bulutangkis kemudian berkembang di banyak negara dan masuk ke Indonesia dibawa oleh orang-orang Belanda. Karena perkembangannya sangat pesat, maka perlu didirikan organisasi internasional untuk mengatur kegiatan bulutangkis internasional dan diberi nama International Badminton Federation (IBF) pada tanggal 5 Juli 1934 yang beranggotakan persatuan-persatuan bulutangkis dari beberapa negara. Di Indonesia dibentuk organisasi induk tingkat nasional, yaitu Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) pada tanggal 5 Mei 1951. Kemudian pada tahun 1953, Indonesia menjadi anggota IBF dan dengan demikian berhak untuk mengikuti pertandingan-pertandingan internasional.

2. Perlengkapan dan Lapangan Bermain Bulutangkis

Berikut ini adalah perlengkapan yang dibutuhkan dalam permainan bulutangkis.

a. Raket (Pemukul) 

 Raket merupakan alat pemukul yang sangat ringan dan kuat. Beratnya kurang dari 150 gram. Jenis-jenis raket yang dipergunakan dalam bermain bulutangkis, antara lain: 
1) Raket yang berat di bagian atas (kepala). 
2) Raket yang berat di bagian pegangan (handle).
3) Raket yang seimbang cocok untuk pemain (allround).
4) Bahan raket :
     a) Terbuat dari kayu seluruhnya. 
     b) Terbuat dari kayu dan aluminium. 
     c) Terbuat dari aluminium seluruhnya. 
     d) Terbuat dari fiberglass. 
     e) Terbuat dari arang (carbonex).

b. Shuttlecock Terdiri dari bagian kepala dan bulu. Shuttlecock 
 yang baik menggunakan gabus sebagai kepala dan dibungkus dengan kulit yang tipis dan kuat. Berat shuttlecock antara 73–85 grains (4,73–5,50 gram) dan harus mempunyai 1416 helai bulu yang ditancapkan ke dalam gabus yang bergaris 1-1/8 inch atau 25-28 milimeter. Bulunya harus berukuran 64-74 mm dari ujung atas sampai ke bagian yang rata pada gabus.  Garis tengah atau diameter bagian atas shuttlecock 54-56 mm dan harus diikat dengan benang secara kuat atau bahan lain yang kuat.

c. Lapangan Bentuk lapangan (court) dan ukurannya dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Lantai lapangan dapat dibuat dari bahan berikut : 
1) Lantai tanah atau pasir (umumnya lapangan luar ruangan) 
2) Lantai kayu (wooder court) 
3) Lantai dengan carpet sintetis (porta court) 
4) Lantai semen atau tegel (court) 
5) Ketentuan cara pembuatan lapangan

3. Pembelajaran Teknik Dasar Bermain Bulutangkis

 Permainan bulutangkis merupakan permainan bola kecil yang sangat popular di kawasan Asia, termasuk di Indonesia. Permainan bulutangkis merupakan permainan unggulan Indonesia pada setiap pertandinganpertandingan olahraga, baik di tingkat Asia maupun di dunia. Permainan bulutangkis tersebut merupakan permainan individu, berpasangan, ataupun beregu bola kecil. Permainan bulutangkis memerlukan kelincahan, kecepatan, daya tahan, kekuatan, kelenturan otot, power, stamina dan kekompakan dalam bermain. Jadi, bagaimanakah cara melatih teknik dasar permainan bulutangkis yang baik dan benar?
 Untuk dapat berprestasi dengan baik dalam permainan bulutangkis unsur utama yang harus dimiliki dan dikuasai oleh seorang pemain bulutangkis adalah komponen dasar. Dalam permainan bulutangkis kemampuan service mutlak dikuasai oleh pemain. Salah melakukan service berarti fatal, sedangkan unggul dalam service berarti membuka kemungkinan mendapatkan angka.  Tanpa penguasaan teknik dasar bermain bulutangkis dengan baik, kamu tidak mungkin dapat bermain bulutangkis dengan baik pula. Sekarang coba kamu baca berbagai teknik dasar permainan bulutangkis dengan cermat, kemudian bermainlah bersama-sama temanmu untuk mempraktikkan berbagai jenis keterampilan yang ada dalam buku ini, kemudian diskusikan cara bermain yang baik. Yakinlah kamu “kamu bisa menjadi apapun yang kemu inginkan, dengan catatan kamu serius dan sepenuh hati melakukannya” Permainan bulutangkis akan berhasil dengan baik apabila kamu terampil melakukan teknik bermain bulutangkis. Sebelum kamu mempelajari teknik dasar permainan bulutangkis, coba kamu bermain bulutangkis yang dimodifikasi. Dalam bermain, kamu diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi. Sambil bermain coba kamu amati dan rasakan gerakan memukul shuttlecock yang mana mudah dilakukan.
Cara bermain bulutangkis yang dimodifikasi adalah sebagai berikut.
a. Jumlah pemain 6 orang (untuk dua tim) masing-masing 3 pemain untuk satu tim. 
b. Pada tengah-tengah lapangan dipasangan seutas tali atau net. 
 c. Teknik yang digunakan dalam permainan tidak ditentukan, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. 
d. Setiap pemain berusaha mempertahankan lapangannyaa dan melakukan serangan. 
e. Pemain bertahan dan penyerang hanya boleh bergerak di daerah yang ditempatinya. 
f. Tim dianggap menang apabila dapat mematikan bola ke lapangan lawan sebanyak mungkin. 
g. Waktu permainan untuk setiap tim 5–10 menit.


Setelah kamu bermain bulutangkis yang dimodifikasi, selanjutnya kamu mempelajari teknik dasar pukulan permainan bulutangkis yang benar. Teknik-teknik pukulan permainan bulutangkis tersebut akan diuraikan secara lengkap sebagai berikut.
Teknik-teknik dasar bermain bulutangkis adalah sebagai berikut.

a. Pembelajaran Cara Memegang Raket 

Sekarang coba kamu praktikkan memegang raket (grip) bulutangkis dengan  cara berikut ini. 
1) Amati dan rasakan posisi tanganmu dalam memegang raket bulutangkis dengan baik. 
2) Temukan posisi tangan yang paling sesuai buat dirimu. 
3) Lakukan memegang raket bulutangkis berulang-ulang sampai kamu dapat merasakan posisi tangan yang enak dalam memegang bulutangkis. 
4) Selama pembelajaran ini coba kamu amati dan rasakan posisi tangan yang enak dalam memegang bulutangkis. 
5) Cara memegang raket bulutangkis, antara lain: 
    a) Pegangan kampak atau pegangan Inggris 
    b) Pegangan geblok kasur atau pegangan Amerika 
    c) Pegangan gabungan atau pegangan berjabat tangan 
    d) Pegangan backhand

b. Pembelajaran Teknik Pukulan Permainan Bulutangkis  

Sekarang coba kamu baca teknik pukulan permainan bulutangkis berikut ini. Teknik memukul dalam permainan bulutangkis terdiri dari : pukulan service, pukulan lob, pukulan drop shot, pukulan smash, dan pukulan drive. Teknik pukulan adalah cara-cara melakukan pada permainan bulutangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan. 
  Gerakan dasar melakukan pukulan bulutangkis, mempunyai sikap badan yang sama dalam penampilan hanya gerakan dari tangan yang menghasilkan pukulan yang bermacam-macam, misalnya melakukan pukulan overhead, lob, smash, dan drop shot overhead atau chop dalam sikap pengambilan yang sama posisinya.

Teknik-teknik pukulan dalam permainan bulutangkis adalah sebagai berikut.

1) Pembelajaran Teknik Pukulan Servis Pembelajaran pukulan servis merupakan pukulan dengan raket yang menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lain secara diagonal dan bertujuan sebagai pembuka permainan dan merupakan suatu pukulan yang penting dalam permainan bulutangkis.
Sekarang coba kamu praktikkan pukulan servis permainan bulutangkis dengan cara berikut ini. 
a) Amati dan rasakan pukulan raket dengan menggunakan teknik pukulan servis pada raketmu, dan tenaga yang disalurkan ke raket sehingga bola terpukul dengan baik. 
b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. 
c) Lakukan pukulan servis berulang-ulang sampai kamu dapat merasakan pola gerakan yang enak dalam melempar bola. 
d) pukulan servis dapat dilakukan dengan berbagai macam cara antara lain : pukulan servis pendek (short service), servis panjang (service lob), pukulan servis drive, dan pukulan servis cambuk (service flick).


2) Pembelajaran Pukulan Lob 

Pembelajaran pukulan lob (clear) adalah suatu pukulan dalam permainan bulutangkis yang dilakukan dengan tujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan.
Sekarang coba kamu praktikkan pukulan lob permainan bulutangkis dengan cara berikut ini.

a) Amati dan rasakan pukulan raket dengan menggunakan teknik pukulan lob pada raketmu, dan tenaga yang disalurkan ke raket sehingga bola terpukul dengan baik. 
b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. 
c) Lakukan pukulan lob berulang-ulang sampai kamu dapat merasakan pola gerakan yang enak dalam melempar bola. 
d) Pukulan lob dapat dilakukan dengan berbagai macam cara antara lain : 
    (1) overhead lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttlecock melambung ke arah belakang. 
    (2) underhand lob, yaitu pukulan lob dari bawah yang dilakukan dengan memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan dilambungkan tinggi ke belakang.


c. Bentuk-bentuk Pembelajaran Teknik Pukulan Permainan Bulutangkis

Tujuan pembelajaran memukul shuttlecock adalah untuk mengkombinasikan teknik gerakan-gerakan memukul shuttlecock yang telah dipelajari. Setelah peserta didik melakukan gerakan memukul shuttlecock, coba rasakan teknikteknik gerakan memukul shuttlecock yang mana mudah dan sulit dilakukan. Mengapa teknik gerakan tersebut mudah dan sulit dilakukan? Temukan permasalahan tersebut, kemudian lakukan kembali gerakan-gerakan tersebut.
Gerakan memukul shuttlecock dapat dilakukan dengan cara: berpasangan dan berkelompok. Dalam melakukan gerakan memukul shuttlecock, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi.
Bentuk-bentuk pembelajaran memukul shuttlecock antara lain sebagai berikut.

1) Pembelajaran 1 : Memukul forehand overhead, dan menangkap bola berpasangan atau kelompok dan berhadapan, di tempat, bergerak mundur, maju, menyamping, dilanjutkan dengan formasi berbanjar dengan menggunakan teknik pukulan forehand, yang telah melakukan gerakan melempar dan menangkap bola berpindah tempat. Sekarang coba kamu praktikkan pukulan forehand overhead, dan menangkap bola berpasangan atau kelompok dan berhadapan dengan cara berikut ini.
66 Kelas VII SMP/MTs

a) Amati dan rasakan pukulan raket dengan menggunakan teknik pukulan forehand overhead, dan menangkap bola berpasangan atau kelompok dan berhadapan, dan tenaga yang disalurkan ke raket sehingga bola terpukul dengan baik. 
b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. 
c) Lakukan pukulan forehand overhead, dan menangkap bola berpasangan atau kelompok dan berhadapan berulang-ulang sampai kamu dapat merasakan pola gerakan yang enak dalam memukul shuttlecock. 
d) Selama pembelajaran, coba lakukan saling mengoreksi gerakan yang dilakukan oleh temanmu.


2) Pembelajaran 2: Memukul bola menggunakan teknik forehand overhead, dengan bola dilambung teman, dilakukan berpasangan atau kelompok, di tempat, bergerak mundur, maju, menyamping, dilanjutkan dengan formasi berbanjar dengan menggunakan teknik pukulan forehand, yang telah melakukan gerakan melambung dan memukul bola berpindah tempat. Sekarang coba kamu praktikkan pukulan forehand overhead, dengan bola dilambungkan teman, dilakukan berpasangan atau kelompok dengan cara berikut ini.
a) Amati dan rasakan pukulan raket dengan menggunakan teknik forehand overhead, dengan bola dilambung teman, dilakukan berpasangan atau kelompok, dan tenaga yang disalurkan ke raket sehingga bola terpukul dengan baik. 
b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. 
c) Lakukan pukulan forehand overhead, dengan bola dilambung teman, dilakukan berpasangan atau kelompok berulang-ulang sampai kamu dapat merasakan pola gerakan yang enak dalam memukul shuttlecock. 
d) Selama pembelajaran, coba lakukan saling mengoreksi gerakan yang dilakukan oleh temanmu.


3) Pembelajaran 3 : Memukul bola menggunakan teknik forehand overhead, dengan bola dipukul lambung teman, dilakukan berpasangan, kelompok, bergerak maju, mundur, dan menyamping, bila dilakukan dalam formasi berbanjar, yang telah melakukan gerak memukul dan melambung bola berpindah tempat.
 Sekarang coba kamu praktikkan pukulan forehand dan backhand overhead, dengan bola dipukul lambung teman, dilakukan berpasangan, kelompok dengan cara berikut ini.
a) Amati dan rasakan pukulan raket dengan menggunakan teknik forehand dan backhand overhead, dengan bola dipukul lambung teman, dilakukan berpasangan, kelompok, dan tenaga yang disalurkan ke raket sehingga bola terpukul dengan baik. 
b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. 
c) Lakukan pukulan forehand dan backhand overhead, dengan bola dipukul lambung teman, dilakukan berpasangan, kelompok berulang-ulang sampai kamu dapat merasakan pola gerakan yang enak dalam memukul shuttlecock. 
d) Selama pembelajaran, coba lakukan saling mengoreksi gerakan yang dilakukan oleh temanmu.


4) Pembelajaran 4 : Memukul bola menggunakan teknik forehand dan backhand overhead dengan melewati net, dilakukan bergerak ke kiri dan kanan lapangan, bila dilakukan dalam formasi berbanjar, yang telah melakukan gerak memukul,  bergerak berpindah tempat.
 Sekarang coba kamu praktikkan pukulan teknik forehand dan backhand overhead dengan melewati net, dilakukan bergerak ke kiri dan kanan lapangan dengan cara berikut ini.
a) Amati dan rasakan pukulan raket dengan menggunakan teknik forehand dan backhand overhead dengan melewati net, dilakukan bergerak ke kiri dan kanan lapangan dan tenaga yang disalurkan ke raket sehingga bola terpukul dengan baik. 
b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. 
c) Lakukan pukulan teknik forehand dan backhand overhead dengan melewati net, dilakukan bergerak ke kiri dan kanan lapangan berulang-ulang sampai kamu dapat merasakan pola gerakan yang enak dalam memukul shuttlecock. 
d) Selama pembelajaran, coba lakukan saling mengoreksi gerakan yang dilakukan oleh temanmu.


Subscribe to receive free email updates:

20 Responses to "Pembelajaran Bulu Tangkis Kurikulum 2013"

  1. jadi Menurut sejarah, permainan bulutangkis berasal dari permainan yang bernama poona dan berasal dari India. Baru tau sejarah bulutangkis. Nice share gan :)

    Salam,
    Nur Kholis

    ReplyDelete
  2. Iyaa gan.. jadi biar nggak salah nafsirkan lagi gan.. ini fakta yang nyata gan.. no hoax..

    ReplyDelete
  3. wah nice postingannya gan, jadi sedikit banyak ngerti tentang olahraga ini, tapi masih belum bisa mahir mainnya, kalau hanya sekedar mengisi waktu bisa gan thnks pos nya

    ReplyDelete
  4. waahh, bagus gan artikelnya... menambah wawasan saya..

    ReplyDelete
  5. Lengkap sekali pembahasannya pak. Pastinya ini sangat bermanfaat untuk para pelajar. Nice posting :)

    ReplyDelete
  6. iya gan.. thanks ya gan... semoga bisa bermanfaat untuk semuanya ya gan..

    ReplyDelete
  7. Bagus banget ini informasi seputar bulu tangkis, cocok buat yang ingin mempelajari olahraga bulu tangkis..

    ReplyDelete
  8. iya gan alhamdulillah.. selamat berkunjung gan.. semoga betah yaa

    ReplyDelete
  9. terima kasih banyak gan.. semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  10. terimakasih informasinya gan. jadi gak usah buka buku lks lagi karena disini dah lengkap banget..

    ReplyDelete
  11. Mantap gan saya sekarang lebih paham mengenai bulu tangkis

    ReplyDelete
  12. Pas banget dengan pelajaran saya besok gan,

    ReplyDelete
  13. iya gan.. semoga bisa menjadi pedoman dalam belajar ya gan

    ReplyDelete
  14. alhamdulillah deh gan.. semoga bermanfaat ya gan

    ReplyDelete
  15. alhamdulillah deh gan.. semoga bisa menjadi panduan agan untuk belajar yaa

    ReplyDelete
  16. Artikel bulu tangkisnya bisa menjadi pelajaran, walaupun sy bukan pemain namun sy ini termasuk penggemar setia.
    teknik dasar bola basket

    ReplyDelete

Langkah-Langkah Pengembangan Penilaian Teknik Tes

                     Langkah Pengembangan Penilaian 1.       Langkah-langkah pengembangan Penilaian teknik tes a)           ...