Pembelajaran Sepakbola Kurikulum 2013

Siapakah di antara kamu yang tidak ingin memiliki tubuh yang sehat dan kuat? Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan kuat. Agar tubuh kita sehat dan kuat maka kita harus giat berolahraga. Apakah olahraga kegemaranmu? Apakah sepakbola termasuk olahraga kegemaranmu? Bagaimana teknis permainannya? Agar kalian bisa memahami tentang permainan sepakbola, pelajari materi ini dengan cermat!

1. Pengertian dan Asal-Usul Sepakbola

Sekarang coba kamu baca tentang pengertian dan sejarah sepakbola berikut ini.
Sepakbola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian-kemari untuk diperebutkan di antara pemain-pemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola. Di dalam memainkan bola, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawang yang diperbolehkan memainkan bola dengan kaki dan tangan di daerah gawang. Sepakbola merupakan permainan beregu yang masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain. Biasanya permainan sepakbola dimainkan dalam dua babak (2x45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit di antara dua babak tersebut.
Dari peninggalan-peninggalan sejarah, kita mengenal beberapa sebutan sepakbola. Pada zaman Cina Kuno semasa pemerintahan Dinasti Han, sepakbola dikenal dengan istilah tanchu. Di Italia pada zaman Romawi dikenal sebagai haspartun, di Perancis yang selanjutnya menyebar ke Normandia dan
Britania (Inggris), dikenal dengan choule. Di Yunani Kuno dikenal istilah epishyros dan di Jepang dikenal istilah Kemari.
Pada tanggal 26 Oktober 1863 didirikan sebuah badan yang disebut “English Football Assosiation”. Kemudian tanggal 8 Desember 1863 lahirlah peraturan permainan sepakbola modern yang disusun oleh badan tersebut yang dalam perkembangannya mengalami perubahan. Atas inisiatif Guerin (Perancis) pada tanggal 21 Mei 1904 berdirilah federasi sepakbola internasional dengan nama “Federation International de Football Assosiation” (FIFA). Atas inisiatif Julies Rimet pada tahun 1930 diselenggarakan kejuaraan dunia sepakbola pertama di Montevideo, Uruguay. Kejuaraan sepakbola dunia diadakan 4 tahun sekali.
Pada tanggal 19 April 1930 dibentuk Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta dengan dukungan seluruh bond-bond. Pengurus PSSI pertama kali diketuai oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo. Mulai tahun 1966 diadakan kejuaraan sepakbola tingkat taruna remaja dengan nama “Piala Soeratin” (Soeratin Cup). Sumber: www.pssi-football.com.
 Lapangan dan Perlengkapan Permainan Sepakbola



3. Pembelajaran Teknik Dasar Permainan Sepakbola

Permainan sepakbola merupakan permainan beregu bola besar yang memerlukan keterampilan dan kerja sama yang baik. Kerja sama yang terjalin akan menghasilkan sebuah prestasi yang baik pula. Tanpa kerja sama mustahil sebuah gol akan terjadi. Untuk itu diperlukan teknik-teknik permainan yang beragam, baik individu maupun tim. Jadi, bagaimanakah cara mempelajari teknik dasar permainan sepakbola yang benar? Teknik permainan sepakbola terdiri dari bermacam-macam gerakan. Keahlian seseorang dalam mempermainkan bola sangatlah berguna untuk suatu pertandingan yang berkualitas. Untuk dapat bermain sepakbola dengan baik dan terampil, seorang pemain sepakbola dituntut untuk menguasai teknik dasar sepakbola. Tanpa penguasaan teknik yang baik, pemain sepakbola tidak mungkin dapat menguasai  atau mengontrol bola dengan baik pula. Tanpa kemampuan menguasai bola dengan baik, tidak mungkin dapat menciptakan kerja sama dengan pemain lain. Kerja sama dalam permainan sepakbola merupakan inti dari permainan sepakbola.
Teknik sepakbola dengan bola antara lain: (1) Teknik menendang bola, (2) Teknik menahan bola (trapping), (3) Teknik menggiring bola (dribbling), (4) Teknik gerak tipu, (5) Teknik menyundul bola (heading), (6) Teknik merebut bola (tackling), (7) Teknik lemparan ke dalam (throw-in) dan (8) Teknik penjaga gawang. Tanpa penguasaan teknik dasar tersebut kamu tidak mungkin dapat bermain sepakbola dengan baik. Sekarang coba kamu baca berbagai teknik dasar permainan sepakbola dengan cermat, kemudian bermainlah bersama teman-temanmu untuk mempraktikkan berbagai jenis keterampilan yang ada dalam buku ini, kemudian diskusikan cara-cara bermain yang baik.
Yakinlah kamu “bisa menjadi apapun yang kamu inginkan, dengan catatan kamu serius dan sepenuh hati melakukannya” Permainan sepakbola akan berhasil dengan baik apabila ada kerja sama antara sesama di dalam tim. Sebelum kamu mempelajari teknik dasar permainan sepakbola, coba kamu bermain sepakbola yang dimodifikasi. Dalam bermain, kamu diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi. Sambil bermain coba kamu amati dan rasakan menendang bola dengan kaki yang mana mudah dilakukan.

Cara bermain sepakbola yang dimodifikasi adalah sebagai berikut.

a. Jumlah pemain 12 orang (untuk dua tim) masing-masing 6 pemain untuk satu tim.
b. Pada garis lapangan dipasang gawang atau tiang bendera kecil.
c. Lapangan yang dapat digunakan adalah lapangan basket atau bolavoli yang memiliki garis tengah. d. Tiap tim menempatkan 3 pemain penyerang pada daerah lapangan lawan dan 2 pemain bertahan pada daerah lapangan sendiri.
e. Setiap pemain berusaha mempertahankan gawangnya dan melakukan serangan.
f. Pemain bertahan dan penyerang hanya boleh bergerak di daerah yang ditempatinya.
g. Bila pemain bertahan dapat merebut bola segera berikan operan pada temannya yang ada di daerah lawan.
h. Tim dianggap menang apabila dapat memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin.
i. Waktu permainan untuk setiap tim 5–10 menit.


gambar 1.2. perhatikan cara bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi
Setelah kamu bermain sepakbola yang dimodifikasi, selanjutnya kamu mempelajari teknik dasar menendang dan menahan bola permainan sepakbola yang benar. Teknik-teknik menendang, menahan, dan menggiring bola pada  permainan sepakbola tersebut akan diuraikan secara lengkap sebagai berikut.

  • a. Pembelajaran Teknik Menendang Bola 

Salah satu gerak yang dominan dalam permainan sepakbola adalah menendang bola.  Mungkin kita masih ingat pada waktu masih kecil pernah
5Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
bermain sepakbola. Pada waktu itu tentu belum memilki keterampilan untuk menggunakan semua anggota tubuh dalam memainkan bola. Akan tetapi, dengan kemampuan melakukan gerakan menendang bola yang dimiliki saat itu kelihatannya kita sudah bisa bermain sepakbola.
Teknik-teknik dasar menendang bola tersebut akan diuraikan satu per satu sebagai berikut.

1) Pembelajaran Menendang dengan Menggunakan Kaki Bagian Dalam 
Sekarang coba kamu praktikkan cara menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam dengan cara berikut ini.

a) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola.
b)  Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu.
c)  Sekarang coba kamu ubah titik perkenaan bola dengan kaki bagian dalam pada posisi bawah, tengah, dan atas; serta amati arah jalannya bola. Untuk dapat menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam dengan benar, ayunkan kaki belakang ke arah bola, perkenaan bola pada sisi dalam kaki.
 2) Pembelajaran Menendang dengan Menggunakan Punggung Kaki 
Sekarang coba kamu praktikkancara menendang bola dengan menggunakan punggung kaki dengan cara berikut ini.
a) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola. 
b)  Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. 
c)  Sekarang coba kamu ubah titik perkenaan bola dengan kaki bagian dalam pada posisi kiri, tengah, dan kanan bola; serta amati arah jalannya bola.  Untuk dapat menendang bola dengan menggunakan punggung kaki dengan benar, ayunkan kaki belakang lurus ke arah bola, perkenaan bola pada bagian punggung kaki.

3) Pembelajaran Menendang dengan Menggunakan  Punggung Kaki Bagian Dalam
Sekarang coba kamu praktikkan cara menendang bola dengan menggunakan punggung kaki bagian dalam dengan cara berikut ini.
a) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola.
b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu.
c) Sekarang coba kamu ubah titik perkenaan bola dengan kaki bagian dalam pada posisi kiri, tengah, dan kanan bola; serta amati arah jalannya bola. Untuk dapat menendang bola dengan menggunakan punggung kaki dengan benar, ayunkan kaki belakang membentuk setengah lingkaran ke arah dalam, perkenaan bola pada punggung kaki sebelah dalam.

4) Pembelajaran Menendang dengan Menggunakan Punggung Kaki Bagian Luar
Sekarang coba kamu praktikkan cara menendang dengan menggunakan punggung kaki bagian luar dengan cara berikut ini.
a) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola.
b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu.
c) Sekarang coba kamu ubah titik perkenaan bola dengan kaki bagian dalam pada posisi kiri, tengah, dan kanan bola; serta amati arah jalannya bola. Untuk dapat menendang bola dengan menggunakan punggung kaki bagian luar dengan benar, ayunkan kaki belakang membentuk setengah lingkaran ke arah luar, perkenaan bola pada punggung kaki sebelah luar.

  • b. Pembelajaran Teknik Menahan Bola 
Menahan bola merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam permainan sepakbola. Apabila dilihat dari pergerakan menahan bola, maka sebenarnya gerakan ini merupakan kebalikan dari gerakan teknik menendang bola. Menahan bola dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain : menahan bola dengan telapak kaki, dengan punggung kaki, dengan kaki bagian dalam, dengan paha, dan dengan dada. Untuk menguasai teknik menahan bola, setiap siswa harus berlatih dengan tekun.Teknik-teknik dasar menahan bola tersebut akan diuraikan satu per satu sebagai berikut.


1) Pembelajaran Menahan Bola yang Bergulir di Tanah dengan Kaki Bagian Dalam 
 Sekarang coba kamu praktikkan cara menahan bola yang bergulir di tanah dengan kaki bagian dalam dengan cara berikut ini a) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola. b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. Untuk dapat menahan bola yang bergulir di
tanah dengan kaki bagian dalam dengan benar, saat akan menyentuh bola, kaki ditarik kembali ke belakang, bola dihentikan di samping kaki kiri.


2) Pembelajaran Menahan Bola dengan Kura-Kura Kaki 
Sekarang coba kamu praktikkan cara menahan bola dengan kura-kura kaki dengan cara berikut ini.
a)  Amati dan rasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola.
b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu.  Untuk dapat menahan bola yang bergulir di tanah dengan kura-kura kaki dengan benar, saat bola menyentuh tanah langsung ditutup dengan mengangkat ujung jari kaki kanan.


  • c.   Bentuk-bentuk Pembelajaran Menendang dan Menahan Bola 

Tujuan pembelajaran menendang dan menahan bola adalah untuk mengkombinasikan teknik gerakan-gerakan menendang dan menahan bola yang telah dipelajari. Setelah peserta didik melakukan gerakan menendang dan menahan bola, coba rasakan teknik-teknik gerakan menendang dan menahan bola yang mana mudah dan sulit dilakukan. Mengapa teknik gerakan tersebut mudah dan sulit dilakukan? Temukan permasalahan tersebut, kemudian lakukan kembali gerakan-gerakan tersebut. Gerakan menendang dan menahan bola dapat dilakukan dengan cara: berpasangan dan berkelompok. Dalam melakukan gerakan menendang dan menahan bola, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi.

Bentuk-bentuk pembelajaran menendang dan menahan bola antara lain sebagai berikut.

1) Pembelajaran Secara Individual Pembelajaran 
 secara individual dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
a) Pembelajaran 1 : coba kamu tendang bola menggunakan kaki kanan bagian dalam ke dinding dan menahan menggunakan kaki kanan bagian dalam di tempat, selama melakukan permainan ini coba kamu amati perkenaan bola dengan kaki, guliran bola dan coba cari pola yang lebih tepat dan sesuai buatmu sendiri.
b) Pembelajaran 2 : coba kamu tendang bola menggunakan kaki kanan bagian dalam ke dinding dan menahan menggunakan kaki kiri bagian dalam di tempat, selama proses suruh mereka mengamati dan merasakan gerakan yang mereka lakukan.
c) Apakah kamu sudah merasa nyaman melakukannya dengan kaki kanan, Jika sudah, lakukan gerakan yang sama menggungkan kaki kiri.
d) Pembelajaran ini dapat kamu variasikan dengan jarak yang berbeda, tujuannya agar kamu dapat memperkirakan tenaga yang dibutuhkan untuk menendang ke sasaran.
e) Pembelajaran 3 : coba kamu lambungkan bola tinggi dan perkirakan mendarat di depan badan, kemudian diberhentikan menggunakan sisi bagian dalam kaki, suruh mereka memposisikan badan sehingga menemukan hasil yang baik.
f) Pembelajaran 4 : coba kamu lambungkan bola tinggi dan perkirakan mendarat di depan badan, kemudian diberhentikan menggunakan telapak kaki, suruh mereka memposisikan badan sehingga menemukan hasil yang baik.

2) Pembelajaran Bola Berpasangan
Cari  pasangan yang seimbang, kemudian suruh mereka membuat kesepakatan sederhana tentang permainan menendang dan memberhetikan bola.
a) Pembelajaran 1 : kamu tendang bola menggunakan kaki kanan bagian dalam dan temanmu menahan bola menggunakan kaki kaki kanan bagian dalam  dengan dan sebaliknya, setelah melakukan 2 – 3 menit dilanjutkan dengan pembelajaran berikutnya.
b) Pembelajaran 2 : kamu tendang bola menggunakan kaki kiri bagian dalam dan temanmu menahan bola menggunakan kaki kiri bagian dalam  dan sebaliknya.
c) Pembelajaran 3 : kamu tendang bola menggunakan kaki kanan bagian dalam dan temanmu menahan bola menggunakan kaki kiri bagian dalam  dan sebaliknya.
d) Pembelajaran 4  : kamu tendang bola menggunakan kaki kiri  bagian dalam dan temanmu menahan bola menggunakan kaki kanan bagian dalam  dan sebaliknya.
e) Pembelajaran 5 : kamu dapat memvariasikan dengan pembelajaran menendang dan memberhetikan sambil bergerak  maju-mundur, ke samping kiri dan kanan, dalam intensitas pelan, agak cepat dan cepat dengan temanmu.
f) Pembelajaran 6 : kamu labungkan bola ke arah temanmu dan dia memberhentikan dengan paha, dan sebaliknya. Setelah melakukan dengan kaki kanan, coba kamu lakukannya dengan kaki kiri. Kamu amati keterampilan temanmu, bila ada kekurang tepatan maka diskusikan sehingga teknik dasar permainan dapat diperbaiki.



g) Pembelajaran 7: menendang dan menahan bola sambil bergerak ke kanan dan kiri, dilakukan secara berpasangan.
(1) Kamu berdiri  jarak 3 – 5 meter dari temanmu.
(2) Kamu tendang bola menggunakan kaki bagian dalam ke    temanmu, kemudian bergerak beberapa langkah ke  kanan    dan berhenti.
(3) Temanmu memberhentikan bola dengan kaki kanan bagian   dalam dan mendang bola dengan kaki kana bagian dalam.
(4) Demikian seterusnya hingga 3 - 5 menit.

3) Pembelajaran Menendang dan Menahan Bola Berkelompok
a) Pembelajaran 1 : bermain 2 lawan 1
Cara melakukannya :
(1) Kamu dan temanmu berdiri berhadapan pada jarak 5–10 meter.
(2) Kemudian pemain C yang merupakan lawan yang bertugas merebut bola yang kamu mainkan dengan temanmu.
(3) Saat kamu memainkan bola, pemain C  datang untuk merebutnya, temanmu mencari posisi yang tepat agar kamu mudah mengoper bola dengannya.
(4) Jika pemain C berhasil merebut bola, maka pemain yang melakukan kesalahan menggantikan pemain C sebagai pengejar bola.

b) Pembelajaran 2 : bermain 3 lawan 1
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
(1) Kamu berdiri membentuk formasi segitiga dengan jarak 5–10 meter dengan 2 orang teman-temanmu (pemain A, B dan C).
(2) Pemain D berdiri di tengah-tengah segitiga.
(3) Setelah kamu mengoper bola ke temanmu, pemain D berusaha merebutnya.
(4) Jika pemain D dapat mengejar bola, maka pemain yang melakukan kesalahan menggantikan pemain D sebagai pengejar bola.
(5) Dalam melakukan permainan ini, kamu dapat menggunakan kaki bagian dalam, luar atau punggung kaki.

c) Pembelajaran 3 :bermain 3 lawan 1
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
(1) Formasi sama dengan pembelajaran 2.  Perbedaannya jika pada pembelajaran 2 pemain yang menguasai bola menunggu untuk diserang, baru kemudian mengirim bola kepada temannya.
(2) Pada pembelajaran 3 ini pemain A yang menguasai bola menggiring bola tersebut ke arah pemain D, dengan maksud memancing pemain D untuk menyerang.
11Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
(3) Pemain A pada saat diserang oleh pemain D dapat melakukan operan. Setelah itu pemain A melanjutkan geraknya mencari tempat yang baik untuk dapat membantu teman yang menguasai bola.
(4) Pemain yang sekarang menguasai bola (dalam hal ini pemain B), dapat memutuskan apakah akan menggiring bola ke arah lawan, atau melakukan operan kepada salah seorang temannya.
(5) Pembelajaran ini dilaksanakan dalam ruang gerak sekitar 10 meter persegi.


d) Pembelajaran 4 : bermain 3 atau 4 pemain
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
(1) Ukuran lapangan permainan 30 x 20 meter di tengah lapangan dibuat sebuah lingkaran dengan diameter 8 meter.
(2) Di tengah-tengah lingkaran tersebut diletakkan sebuah medicine ball yaitu sebuah bola yang agak besar dan berat.
(3) Tim yang terdiri dari 3 atau 4 pemain, bermain dengan cara biasa dan masing-masing tim berusaha untuk mengenakan medicine ball tersebut dengan bola yang dimainkan.
(4) Pemain dilarang memasuki lingkaran.  Tim yang paling banyak dapat mengenakan medicine ball selama waktu tertentu dinyatakan sebagai pemenang.


  • d. Pembelajaran Teknik Menggiring Bola 

Menggiring bola (dribbling) pada dasarnya adalah melakukan gerakan menendang bola secara terputus-putus dan dilakukan secara perlahan-lahan. Menggiring bola dapat dilakukan dengan kaki bagian dalam, punggung kaki dan kaki bagian luar. Secara umum tujuan menggiring bola adalah melewati lawan, mendekati sasaran, mengecoh lawan, merubah irama permainan dan lain sebagainya.
Sebelum kamu mempelajari teknik dasar menggiring bola permainan sepakbola, coba kamu bermain sepakbola yang dimodifikasi. Dalam bermain, kamu diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi. Sambil bermain coba kamu amati dan rasakan menggiring bola dengan kaki yang mana mudah dilakukan.

Cara bermain sepakbola yang dimodifikasi adalah sebagai berikut.
1) Buatlah tiga kelompok yang jumlah pemainnya sama banyak.
2) Pancangkanlah bendera 5 buah bendera dengan jarak 1–1,5 meter.
3) Kemudian masing-masing kelompok berdiri berbanjar menghadap bendera yang dipasang 15–20 meter di depannya.
4) Setelah ada aba-aba dimulai, pemain yang paling depan menggiring bola ke depan dengan zig-zag sampai bendera terakhir dan berbalik arah ke bendera pertama.
5) Pemenangnya adalah kelompok yang terlebih dahulu menyelesaikan aktivitas menggiring bola, tanpa melakukan kesalahan.
6) Coba diskusikan dengan temanmu, cara menggiring bola yang bagaimana paling baik dilakukan dalam menyelesaikan menggiring bola.

Setelah kamu bermain sepakbola yang dimodifikasi, selanjutnya kamu mempelajari teknik dasar menggiring bola permainan sepakbola yang benar. Teknik-teknik menggiring bola permainan sepakbola tersebut akan diuraikan secara lengkap sebagai berikut.

1) Pembelajaran Menggiring Bola dengan Kaki Bagian Dalam 
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola.
b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu.
c) Lakukan gerakan berulang-ulang hingga kamu dapat mengontrol jalannya bola.
d) Setelah kamu lancar menggunakan kaki kanan, sekarang coba kamu lakukan dengan menggunakan kaki kiri. Untuk dapat menggiring bola dengan kaki bagian dalam dengan benar, bola digiring menggunakan kaki kanan bagian dalam perlahan-lahan, sehingga bola bergulir perlahan ke depan.

2) Pembelajaran Menggiring Bola dengan Kaki Bagian Luar 
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola.
b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu.
c) Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang hingga kamu dapat mengontrol jalannya bola.
d) Setelah kamu lancar menggunakan kaki kanan, sekarang coba kamu lakukan dengan menggunakan kaki bagian kiri. Untuk dapat menggiring bola dengan kaki bagian luar dengan benar, bola digiring dengan menggunakan kaki kanan bagian luar dengan perlahan-lahan sehingga bola bergulir perlahan ke depan. 

3) Pembelajaran Menggiring Bola dengan Punggung Kaki

Sekarang coba kamu praktikkan cara menggiring bola dengan punggung kaki dengan cara berikut ini.
a) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola.
b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu.
c)  Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang hingga kamu dapat mengontrol jalannya bola.
d) Setelah kamu lancar menggunakan kaki kanan, sekarang coba kamu lakukan dengan menggunakan kaki bagian kiri. Untuk dapat menggiring bola dengan punggung kaki dengan benar, bola digiring dengan menggunakan punggung kaki kanan dengan perlahan-lahan sehingga bola bergulir perlahan ke depan.

4) Bentuk-bentuk Pembelajaran Teknik Menggiring Bola 
a) Pembelajaran menggiring bola berpasangan dan berhadapan dengan jarak kurang lebih 5–7 meter. 
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
(1) Berdiri berhadapan dengan jarak 5–7 meter dari temanmu.
(2) Lalu kamu menggiring bola menggunakan kaki kanan bagian dalam dan luar ke arah temanmu dan mengoperkan ke temanmu.
(3) Kemudian temanmu menggiring bola kembali ke posisi awal kamu berdiri.
(4) Selama pembelajaran ini coba kamu saling mengamati dan memberikan saran perbaikan dengan temanmu.
(5) Setelah kamu lancar menggunakan kaki kanan, coba lakukan gerakan yang sama dengan menggunakan kaki kiri.

b) Pembelajaran menggiring bola dengan lari berantai memutar bendera dalam bentuk kelompok.
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
(1) Pasangkan sebuah bendera di lapangan permainan.
(2) Setelah itu kamu berdiri dengan jarak 7–10 meter menghadap ke bendera.
(3) Lakukan gerakan menggiring bola dengan menggunakan kaki kanan bagian dalam dan luar secara bergantian, sesampai di bendera kamu berputar kembali ke titik awal.
(4) Setelah kamu lancar menggunakan kaki kanan, lakukan gerakan yang sama dengan menggunakan kaki kiri.
(5) Variasikan pembelajaran ini dengan memvariasikan menggiring bola dengan menggunakan kaki kanan dan kiri secara bergantian.
(6) Selama pembelajaran, coba kamu rasakan perkenaan bola dengan kaki dan kekuatan yang digunakan untuk menggiring bola.

c) Pembelajaran menggiring bola mengikuti gerakan teman yang di depan 
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
(1) Carilah temanmu secara berpasang-pasangan (satu di depan dan satu di belakang).
(2) Kemudian kamu menggiring bola dan temanmu mengikuti dari belakang.
(3) Menggiring bola dapat dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam dan kaki bagian luar secara bergantian.
(4) Teman yang di belakangmu berusaha merampas bola yang kamu giring/kuasai.
(5) Apabila bola tersebut berhasil tersentuh oleh temanmu, maka giliran temanmu yang menggiring bola.
(6) Lakukan pembelajaran ini berulang-ulang dengan waktu 3–5 menit.


d) Bermain sepakbola dengan sederhana Kamu telah mempelajari teknik dasar menendang, mengontrol dan menggiring bola.
Sekarang coba kamu terapkan dalam permainan sepakbola yang dimodifikasi dengan teman-temanmu. Dalam bermain, kamu diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi.
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
(1) Jumlah pemain 12 orang (untuk dua tim), setiap tim 6 pemain.
(2) Pada garis lapangan dipasang gawang atau tiang bendera kecil.
(3) Lapangan yang dapat digunakan adalah lapangan bolabasket atau bolavoli yang memiliki garis tengah.
(4) Tiap tim menempatkan 3 pemain penyerang pada daerah lapangan lawan dan 2 pemain bertahan pada daerah lapangan sendiri.
(5) Setiap pemain berusaha mempertahankan gawangnya dan melakukan serangan.
(6) Pemain bertahan dan penyerang hanya boleh bergerak di daerah yang ditempatinya.
(7) Bila pemain bertahan dapat merebut bola segera berikan operan pada temannya yang ada di daerah lawan.
(8) Tim dianggap menang apabila dapat memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin.
(9) waktu permainan untuk setiap tim 10–15 menit.

sumber : Buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP Kelas VII Kurikulum 2013
sumber gambar : volimaniak.com

Subscribe to receive free email updates:

23 Responses to "Pembelajaran Sepakbola Kurikulum 2013"

  1. Wahh mantep om hidup Sepak bola indonesia ..!!

    ReplyDelete
  2. ternyata banyak juga ya tekniknya. Thx gan infonya :D

    ReplyDelete
  3. iya gan.. kita majukan persepak bolaan indonesia

    ReplyDelete
  4. iya gan... dan itu wajib dikuasai gan.. iya gan thanks juga sudah mampir

    ReplyDelete
  5. artikel yang sangat bermanfaat gan,, jadi menambah wawasan saya.. terima kasih ilmunya :)

    ReplyDelete
  6. untuk teknik tendangan pisang,,ada juga ta

    ReplyDelete
  7. Nice gan, bila perlu tambahin untuk teknik teknik kaya si madun tuh biar keren.. Haha

    ReplyDelete
  8. Rekomended Untuk Pembelajaran Adik Saya !

    ReplyDelete
  9. untuk tendangan pisang hanya ada pada saat kita kecil gan.. hehee

    ReplyDelete
  10. haha agan bisa aja.. madun mah itu cuma angan angan semata gan

    ReplyDelete
  11. iya gan.. biar adeknya lebh pinter maen bolanya,... hehee

    ReplyDelete
  12. Mantap gan penjelasan ny detail banget :D

    ReplyDelete
  13. iya gan trima kasih... semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  14. Jujur Ane gabisa main bola gan hihihi artikel ini mantep buat pembelajaran ane... izin bookmark

    ReplyDelete
  15. lengkap dan penuh dengan materi dasar hingga akhir.. makjlep artikelnya gan... sukses terus ya..

    main bola online disini gan.
    http://daftarsbobet.asia

    ReplyDelete
  16. thanks this article is very interesting
    togel sgp

    ReplyDelete

Langkah-Langkah Pengembangan Penilaian Teknik Tes

                     Langkah Pengembangan Penilaian 1.       Langkah-langkah pengembangan Penilaian teknik tes a)           ...