Manfaat Dari Pedidikan Jasmani di sekolah

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit informasi mengenai manfaat dari Pendidikan Jasmani (Penjas) di sekolah seluruh indonesia. mengapa saya ingin membagikan info ini.. ? karena agar para siswa dan guru tahu betapa pentingnya Penadidikan Jasmani itu. karena Penjas sendiri mempunyai peran yang sangat penting pembentukan karakter anak murid atau peserta didik. maka dari itu, jika disekolah kalian Penjas di pandang sebagi mata pelajaran hiburan, itu adalah padangan yang salah. karena Pendidikan Jasmi adalah pendidikan yang mampu menanamkan sifat jujur dan sportif dlam bermasyarakat.

inilah manfaat dari Pendidikan Jasmani. selamat membaca kawan. 
 
* Manfaat pendidikan jasmani sangat besar. Pendidikan jasmani adalah suatu proses pendidikan melalui aktivitas jasmani atau olahraga. Yang membedakannya dengan mata pelajaran lain adalah alat yang digunakan yaitu gerak insani, manusia yang bergerak secara sadar ataupun tidak sadar. Gerak itu dirancang secara sadar oleh gurunya dan diberikan dalam situasi yang tepat, agar dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak didik. 
Melalui program yang direncanakan secara baik, anak-anak dilibatkan dalam kegiatan fisik yang tinggi intensitasnya. Pendidikan jasmani juga tetap menyediakan ruang untuk belajar menjelajahi lingkungan yang ada disekitarnya dengan banyak mencoba, sehingga kegiatannya tetap sesuai dengan minat anak-anak, lewat pendidikan jasmani ini anak-anak menemukan saluran yang tepat untuk bergerak bebas dan meraih kembali keceriaannya, sambil terangsang perkembangan yang bersifat menyeluruh.
Secara Sederhana Manfaat Pendidikan Olahraga Jasmani bagi siswa (Secara umum) :
  • Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan aktivitas jasmani, perkembangan estetika, dan perkembangan sosial.
  • Mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk menguasai keterampilan gerak dasar yang akan mendorong partisipasinya dalam aneka aktivitas jasmani.
  • Mendapatkan dan mempertahankan derajat kebugaran jasmani yang optimal untuk melaksanakan tugas sehari-hari secara efisien dan terkendali.
  • Mengembangkan nilai-nilai pribadi melalui partisipasi dalam aktivitas jasmani baik secara kelompok maupun perorangan.
  • Berpartisipasi dalam aktivitas jasmani yang dapat mengembangkan keterampilan sosial yang memungkinkan siswa berfungsi secara efektif dalam hubungan antar orang.
  • Menikmati kesenangan dan keriangan melalui aktivitas jasmani, termasuk permainan olahraga.
Diringkaskan dalam terminologi yang populer, maka tujuan pembelajaran pendidikan jasmani itu harus mencakup tujuan dalam domain psikomotorik, domain kognitif, dan tak kalah pentingnya dalam domain afektif.
Menurut Mahendra (2003) mengemukakan secara umum, manfaat pendidikan jasmani di sekolah mencakup sebagai berikut:
  1. Memenuhi kebutuhan anak akan gerak 
  2. Mengenalkan anak pada lingkungan dan potensi dirinya 
  3. Menanamkan dasar-dasar keterampilan yang berguna 
  4. Menyalurkan energi yang berlebihan 
  5. Merupakan proses pendidikan secara serempak baik fisik, mental maupun emosional 

    Tujuan umum pendidikan jasmani di Sekolah Dasar adalah memacu kepada pertumbuhan dan perkembangan jasmani, mental, emosional dan sosial yang selaras dalam upaya membentuk dan mengembangkan kemampuan gerak dasar, menanamkan nilai, sikap dan membiasakan hidup sehat. Sebagai gambaran tujuan tersebut adalah: 

    1. Memacu perkembangan dan aktivitas system peredaran darah, pencernaan, pernapasan, dan persyarafan.
    2. Memacu pertumbuhan jasmani seperti bertambahnya tinggi dan berat badan.
    3. Menanamkan nilai-nilai disiplin, kerja sama, sportivitas, tenggang rasa.
    4. Meningkatkan keterampilan melakukan kegiatan aktivitas jasmani dan memiliki sikap positif terhadap pentingnya melakukan aktivitas jasmani.
    5. Meningkatkan kesegaran jasmani.
    6. Meningkatkan pengetahuan pendidikan jasmani.
    7. Menanamkan kegemaran untuk melakukan aktivitas jasmani.
     
    Telah diketahui bahwa tujuan pendidikan terkelompok pada empat ranah  dalam sehari-hari, akan berpengaruh positif terhadap kekuatan, kelentukan, bahkan daya tahan baik otot – otot lokal maupun daya tahan cardio vasculer. Namun betapapun baiknya pengaruh akativitas anak yang tidak terencana, masih akan lebih baik kalau aktivitas   itu direncanakan, dan hasilnya pun dapat ditentukan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak. Khusus mengenai tahapan unjuk kerja motorik (motor behavior) dan terminal (umur anak) yang diutarakan oleh Gabbard, LeBlanc, dan Lowy (1987)  dalam tabel berikut:
    Tabel 1.
    Tahap untuk Kerja Motorik (Motor Behavior)
    Terminal
    Tahapan Gerak
    Aktivitas Karakteristik
    0-2 th, masa kanak-kanak
    Gerak tak sempurna
    Berguling, duduk, merayap, merangkak, berdiri, berjalan, dan memegang.
    2-7 th, masa anak-anak awal
    Gerak dasar dan pemahaman efisien
    Kesadaran gerak lokomotor, nirlokomotor, dan manipulasi.
    8-12 tahun, masa anak-anak
    Khusus/khas
    Penghalusan keterampilan dan penyadaran gerak menggunakan gerak dasar, dalam tari, permainan/olahraga, senam, dan kegiatan olahraga air.
    12- dewasa, masa remaja dan dewasa
    Spesialisasi
    Bersifat kompetisi dan rekreasi
    Dari tabel inilah dapat dilihat pada umur berapakah anak mulai masuk SD, jenis kemampuan motorik apakah yang telah dikuasai anak, dan jenis kemampuan motorik apakah yang harus dikembangkan oleh guru pendidikan jasmani.

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "Manfaat Dari Pedidikan Jasmani di sekolah"

  1. jadi pengen sekolah lagi gan lihat artikel agan.. ane paling suka tuh kalo pas mata pelajaran penjas

    ReplyDelete
  2. terima kasih gan sudah mampir.. monggo dilihat lihat..
    emang penjas di sekolah itu menyenangkan gan.

    ReplyDelete
  3. sebenar nya masih banyak manfaat nya hingga gak bisa di uraikan dengan kata-kata

    ReplyDelete
  4. Sgt bermanfaat sekali, tak hanya sekedar pelajaran olahraga. Juga untuk merefresh otak yg tiap harinya kegiatan belajar

    ReplyDelete
  5. iya gan thank ya sudah mampir.. semoga bermanfaat ya gan

    ReplyDelete
  6. benar gan sangan bermanfaat pendidikan jasmani di kehidupan kita hehe

    ReplyDelete
  7. mantap gan.artikel nya sangat membantu

    ReplyDelete

Contoh soal ujian penjas SMP Sederajat

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat malam semuanya pada kesempatan kali inu ane Nur syamsudin fikri akan kembali memba...