Pembelajaran Bola Voly Kurikulum 2013

1. Pengertian dan Asal-Usul Bolavoli 


Permainan bolavoli adalah suatu cabang olahraga yang dilakukan dengan mem-volley bola di udara hilir mudik di atas jaring atau net, dengan maksud dapat menjatuhkan bola di dalam petak lapangan lawan untuk mencari kemenangan dalam bermain. Mem-volley dan memantulkan bola ke udara dapat mempergunakan bagian tubuh mana saja (asalkan sentuhan/pantulannya harus sempurna). Pada mulanya bolavoli dimainkan untuk aktivitas rekreasi, bagi para usahawan. Permainan bolavoli berkembang dan menjadi populer di daerah pariwisata dan dilakukan di lapangan terbuka, di Amerika Serikat pada musim panas. Selanjutnya berkembang ke Kanada. Melalui gerakan internasional YMCA, permainan bolavoli meluas ke negara lainnya, yaitu Kuba (tahun 1905), Puerto Rico (tahun 1909), Uruguay (tahun 1912), dan Cina serta Jepang (tahun 1913). Di Indonesia permainan bolavoli berkembang sangat pesat, sehingga timbul klub-klub di kota besar di seluruh Indonesia. Dengan dasar itulah, maka pada tanggal 22 Januari 1945 PBVSI (Persatuan Bolavoli Seluruh Indonesia) didirikan di Jakarta bersamaan dengan kejuaraan nasional bolavoli yang pertama. Pertandingan bolavoli masuk acara resmi dalam PON II di Jakarta dan POM I di Yogyakarta. Setelah tahun 1962 perkembangan bolavoli seperti jamur tumbuh di musim hujan. Sumber: 



3. Pembelajaran Teknik Dasar Permainan Bolavoli 

Permainan bolavoli merupakan permainan beregu bola besar yang memerlukan keterampilan dan kerja sama yang baik. Kerja sama yang terjalin akan menghasilkan sebuah prestasi yang baik pula. Tanpa kerja sama mustahil sebuah kemenangan akan didapatkan. Untuk itu diperlukan teknik-teknik permainan yang beragam, baik individu maupun tim. Jadi, bagaimanakah cara mempelajari teknik dasar permainan bolavoli yang benar? Permainan bolavoli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola di udara secara efisien dan efektif dipindahkan ke dareah lawan melalui net sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal. Teknik dasar permainan bolavoli antara lain: passing bawah, passing atas, smash dan spike, servis, dan bendungan. Teknik-teknik dasar permainan bolavoli tersebut akan diuraikan satu-persatu sebagai berikut. Sebelum kamu mempelajari teknik dasar permainan bolavoli, coba kamu bermain bolavoli yang dimodifikasi. Dalam bermain, kamu diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi. Sambil bermain coba kamu amati dan rasakan sentuhan bola dengan jari-jari tangan yang mana mudah dilakukan.
 Cara bermain bolavoli yang dimodifikasi adalah sebagai berikut.
1) Cari temanmu 3 atau 4 orang.
2) Pasanglah seutas tali/net di tengah lapangan dengan ketinggian 1,5 – 2 meter.
3) Kemudian kedua regu membuat formasi berbanjar dan saling berhadapan.
4) Mula-mula regumu melempar bola ke lapangan lawan.
5) Kemudian regu lawan berusaha mengembalikannya dengan menggunakan passing atas.
6) Pemain yang telah mempassing bola, kemudian berlari berpindah ke lapangan lawan.
7) Lakukan aktivitas pembelajaran ini berulang-ulang secara bergantian.
8) Bola tidak boleh sampai menyentuh tali atau bola terjatuh.
9) Selama pembelajaran ini coba kamu amati dan rasakan perkenaan bola dengan telapak tanganmu, dan tenaga yang disalurkan ke bola sehingga bola memantul dengan baik.
10) Selama pembelajaran, coba lakukan saling mengoreksi gerakan yang dilakukan oleh temanmu.
11) Coba diskusikan dengan temanmu, cara mempassing bola yang bagaimana paling baik dilakukan dalam menyelesaikan passing bola.

Setelah kamu bermain bolavoli yang dimodifikasi, selanjutnya kamu mempelajari teknik dasar passing bawah permainan bolavoli yang benar. Teknik-teknik passing bawah permainan bolavoli tersebut akan diuraikan secara lengkap sebagai berikut.

a. Pembelajaran Teknik Dasar Passing 

Passing adalah mengoperkan bola kepada teman seregunya dengan teknik tertentu, sebagai langkah awal untuk menyusun pola serangan kepada regu lawan.
1) Pembelajaran Passing Bawah
Sekarang coba kamu praktikkan passing bawah (dig pass) dengan cara berikut ini.
      a)      Amati dan rasakan perkenaan bola dengan jari-jari tangan dan putaran bola.
      b)     Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu.
      c)      Sekarang coba kamu rubah titik perkenaan bola dengan jari-jari tangan pada posisi kiri, tengah, dan kanan bola; serta amati arah jalannya bola. Untuk dapat melakukan passing bawah dengan benar, saat bola tersentuh kedua lengan, kedua lutut diluruskan dan perkenaan bola yang baik tepat pada pergelangan tangan.

2) Bentuk-bentuk Pembelajaran Passing Bawah Tujuan pembelajaran mempassing bawah adalah untuk mengkombinasikan teknik gerakan-gerakan mempassing bawah yang telah dipelajari. Setelah peserta didik melakukan gerakan mempassing bawah, coba rasakan teknik-teknik gerakan mempassing bawah yang mana mudah dan sulit dilakukan. Mengapa teknik gerakan tersebut mudah dan sulit dilakukan? Temukan permasalahannya kemudian lakukan kembali gerakangerakan tersebut.
Gerakan mempassing bawah dapat dilakukan dengan cara: berpasangan dan berkelompok. Dalam melakukan gerakan passing bawah, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi.
 Bentuk-bentuk pembelajaran passing bawah antara lain sebagai berikut. a) Pembelajaran 1: memantulkan bola ke lantai kemudian melambungkan bola dengan kedua tangan. Sekarang coba kamu praktikkan memantul-mantulkan bola ke lantai kemudian melambungkan bola dengan kedua tangan dengan cara berikut ini.
(1) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan kedua tanganmu, dan tenaga yang disalurkan ke bola sehingga bola memantul dengan baik.
(2) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu.
(3) Lakukan pembelajaran ini secara berulang-ulang di tempat dan dilanjutkan dengan gerakan maju-mundur serta menyamping. Lakukan gerakan memantul-mantulkan bola ke lantai kemudian melambungkan bola dengan kedua tangan secara benar, pada saat bola melambung, lalu bola tersebut dipassingkan dengan kedua tangan dan poros atau pusat gerakan berada pada kedua bahu


b) Pembelajaran 2: Lambungkan bola ke atas kemudian passing dengan kedua tangan. Sekarang coba kamu praktikkan melambungkan bola ke atas kemudian passing dengan kedua tangan dengan cara berikut ini
(1) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan kedua tanganmu, dan tenaga yang disalurkan ke bola sehingga bola memantul dengan baik.
(2) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu.
(3) Lakukan pembelajaran ini secara berulang-ulang di tempat dan dilanjutkan dengan gerakan maju-mundur serta menyamping. Cobalah melambungkan bola ke atas kemudian passing dengan kedua tangan dengan benar, pada waktu bola meluncur ke bawah passing dengan dua tangan saat bola berada di depan dada.

c) Pembelajaran 3: melakukan pembelajaran mempassingkan bola  secara berpasangan berdua atau bertiga. Sekarang coba kamu praktikkan memantul-mantulkan bola ke lantai kemudian melambungkan bola dengan kedua tangan dengan cara berikut.
(1) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan kedua tanganmu, dan tenaga yang salurkan ke bola sehingga bola memantul dengan baik. temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu.
(2) Lakukan pembelajaran ini secara berulang-ulang di tempat dan dilanjutkan dengan gerakan maju-mundur serta menyamping. Untuk dapat melambungkan bola secara berpasangan berdua atau bertiga dengan benar, diperlukan kerja sama dan koordinasi yang baik pula.

d) Pembelajaran 4: melakukan pembelajaran mempassingkan bola melalui atas net/tali yang dipasang melintang secara berpasangan. Sekarang coba kamu praktikkan memvoli bola melalui atas net/tali yang dipasang melintang secara berpasangan dengan cara berikut ini.
(1) Cari pasanganmu yang seimbang.
(2) Bentangkanlah seutas tali setinggi 1,5–2 meter pada lapangan permainan bolavoli.
(3) Berdiri berhadapan dengan sikap melangkah, kedua lutut sedikit ditekuk.
(4) Pasangan melambungkan bola dengan kedua tangan, kemudian kamu mengembalikan bola dengan passing bawah bersama temanmu.
(5) Selama pembelajaran ini coba kamu amati dan rasakan perkenaan bola dengan kedua tanganmu, dan tenaga yang disalurkan ke bola sehingga bola memantul dengan baik.
(6) Selama pembelajaran, coba lakukan saling mengoreksi gerakan yang dilakukan oleh temanmu.
(7) Untuk dapat memvoli bola melalui atas net/tali yang dipasang melintang secara berpasangan dengan benar, diperlukan kerja sama dan koordinasi yang baik pula


e) Pembelajaran 5: melakukan pembelajaran memvoli bola dalam bentuk bermain pada lapangan kecil Sekarang coba kamu praktikkan memvoli bola melalui atas net/tali yang dipasang melintang secara berpasangan dengan cara berikut ini.
(1) Cari temanmu tiga sampai empat orang yang seimbang.
(2) Bentangkanlah seutas tali setinggi 1,5–2 meter pada lapangan permainan bolavoli.
(3) Kemudian setiap kelompok dapat menempatkan posisi di petak lapangan masing-masing.
(4) Lalu bola dimainkan dengan tiga kali pukulan dengan passing bawah.
(5) Setelah pukulan kedua, bola tersebut harus dipassingkan ke petak lapangan lawan.
(6) Setelah bola jatuh di lapangan lawan, lakukan pola gerakan yang sama.
(7) Selama pembelajaran ini coba kamu amati dan rasakan perkenaan bola dengan kedua tanganmu, dan tenaga yang disalurkan ke bola sehingga bola memantul dengan baik.
(8) Selama pembelajaran, coba lakukan saling mengoreksi gerakan yang dilakukan oleh temanmu. Untuk dapat memvoli bola dalam bentuk bermain pada lapangan kecil dengan benar, diperlukan kerja sama dan koordinasi yang baik pula.

b. Pembelajaran Teknik Dasar Servis Pada mulanya servis hanya merupakan pukulan pembukaan untuk memulai suatu permainan. Sesuai dengan kemajuan permainan, servis ditinjau dari sudut taktik merupakan suatu serangan awal untuk mendapat nilai agar suatu regu berhasil meraih kemenangan. Keberhasilan suatu servis tergantung pada kecepatan bola, jalan dan perputaran bola dan penempatan bola ke tempat kosong kepada pemain ke garis belakang kepada pemain yang melakukan perpindahan tempat.
23Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Sebelum kamu mempelajari teknik dasar servis permainan bolavoli, coba kamu bermain bolavoli yang dimodifikasi. Dalam bermain, kamu diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi. Sambil bermain coba kamu amati dan rasakan sentuhan bola dengan telapak tangan yang mana mudah dilakukan.
Cara bermain bolavoli yang dimodifikasi adalah sebagai berikut.
(1) Cari temanmu 3 atau 4 orang.
(2) Berdiri berhadapan dengan jarak 9 meter dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang dengan kedua lutut sedikit ditekuk.
(3) Lakukan pukulan servis bawah dan temanmu menangkap bola tersebut.
(4) Jika kamu sudah lancar melakukan servis bawah dengan jarak 3 meter, maka kamu dapat menambah jarak 6 meter dan 9 meter.
(5) Selama pembelajaran ini coba kamu amati dan rasakan perkenaan bola dengan telapak tanganmu, dan tenaga yang disalurkan ke bola sehingga bola memantul dengan baik.
(6) Selama pembelajaran, coba lakukan saling mengoreksi gerakan yang dilakukan oleh temanmu.




1) Pembelajaran Servis Bawah Setelah kamu bermain bolavoli yang dimodifikasi, selanjutnya kamu mempelajari teknik dasar servis bawah permainan bolavoli yang benar. Teknik-teknik servis bawah permainan bolavoli tersebut akan diuraikan secara lengkap sebagai berikut. Servis tangan bawah adalah servis yang sangat sederhana dan diajarkan terutama untuk pemain pemula. Gerakannya lebih alamiah dan tenaga yang dibutuhkan tidak terlalu besar.
24 Kelas VII SMP/MTs
Sekarang coba kamu praktikkan servis bawah dengan cara berikut ini.
a) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan tanganmu, dan tenaga yang disalurkan ke bola sehingga bola memantul dengan baik.
b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu.
c) Lakukan pembelajaran ini secara berulang-ulang dari jarak 3 meter, 6 meter lalu coba jarak 9 meter dari belakang net. Untuk dapat melakukan passing bawah dengan benar, pada saat lengan kanan diayunkan ke belakang, seterusnya bola dipukul dengan tangan kanan dan perkenaan bola tepat pada tangan, dan telapak tangan mengahadap ke arah bola.\



2) Bentuk-bentuk Pembelajaran Servis Bawah b) Pembelajaran 1 : memukul-mukul bola ke lantai dengan telapak tangan rapat. Sekarang coba kamu praktikkan memukul-mukul bola ke lantai dengan telapak tangan rapat dengan cara berikut ini. 
(1) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan tanganmu, dan tenaga yang disalurkan ke bola sehingga bola memantul dengan baik. 
(2) Kemudian coba pukul-pukulkan bola dengan jari-jari tangan terbuka. 
(3) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. Memukul-mukul bola ke lantai dengan telapak tangan rapat bertujuan untuk merasakan perkenaan bola dengan telapak tangan.



 
b) Pembelajaran 2 : melakukan servis bawah berhadapan dengan jarak ± 9 m (melebar lapangan) secara bergantian. Sekarang coba kamu praktikkan servis bawah berhadapan dengan jarak ± 9 m (melebar lapangan) secara bergantian dengan cara berikut ini.
(1) Cari pasanganmu yang seimbang.
(2) Berdiri berhadapan dengan jarak 9 meter dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang dengan kedua lutut sedikit ditekuk.
(3) Lakukan pukulan servis bawah dan temanmu menangkap bola tersebut.
(4) Lakukan pergantian permainan servis bawah setelah melakukan 15 – 20 kali pukulan.
(5) Selama pembelajaran ini coba kamu amati dan rasakan perkenaan bola dengan telapak tanganmu, dan tenaga yang disalurkan ke bola sehingga bola memantul dengan baik.
(6) Selama pembelajaran, coba lakukan saling mengoreksi gerakan yang dilakukan oleh temanmu.



c) Pembelajaran 3 : melakukan servis bawah dari belakang garis lapangan (jarak ± 9 m) dengan cara bergeser ke samping kiri dan kanan setelah melakukan servis. Sekarang coba kamu praktikkan servis bawah dari belakang garis lapangan (jarak ± 9 m) dengan cara bergeser ke samping kiri dan kanan setelah melakukan servis dengan cara berikut ini.
(1) Cari temanmu 3 atau 4 orang.
(2) Berdiri berhadapan dengan jarak 9 meter dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang dengan kedua lutut sedikit ditekuk.
(3) Lakukan pukulan servis bawah dan temanmu menangkap bola tersebut di belakang garis servis lapangan.
(4) Selama pembelajaran ini coba kamu amati dan rasakan perkenaan bola dengan telapak tanganmu, dan salurkan tenaga ke bola sehingga bola memantul dengan baik.
(5) Selama pembelajaran, coba saling mengoreksi gerakan yang dilakukan oleh temanmu.


4. Pembelajaran Bermain Bolavoli Dimodifikasi Tujuan permainan bolavoli adalah memperagakan teknik dan taktik memainkan bola di lapangan untuk meraih kemenangan dalam setiap pertandingan. Teknik dasar memainkan bolavoli yang harus ditingkatkan keterampilannya adalah passing bawah dan servis.
Berbagai variasi bermain bolavoli antara lain sebagai berikut.
a. Bermain dengan memainkan bola dengan melewati tali Permainan ini merupakan persiapan yang ideal untuk permainan bolavoli. Aturan permainan sederhana, begitu pula tekniknya (lempar dan tangkap). Permainan ini memungkinkan adanya peningkatan menuju pertandingan yang berlangsung cepat dan memeras tenaga.
Dalam bermain, kamu diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi. Sambil bermain coba kamu amati dan rasakan sentuhan bola dengan telapak tangan yang mana mudah dilakukan
Cara memainkannya adalah sebagai berikut.
1) Cari temanmu 3 atau 4 orang.
 2) Pasanglah seutas tali/net di tengah lapangan dengan ketinggian  1,5–2 meter.
3) Kemudian kedua regu saling berhadapan.
4) Mula-mula regumu melempar bola ke lapangan lawan.
5) Kemudian regu lawan berusaha menangkapnya dan melemparkannya kembali ke lapangan lawan.
6) Bola tidak boleh sampai menyentuh tali.
7) Bila bola menyentuh net atau terjatuh di tanah, regu lawan mendapat satu angka kemenangan.
 8) Regu yang menang ialah yang lebih dulu mencapai 15 angka (dengan selisih kemenangan paling sedikit 2 angka).
9) Selama pembelajaran ini coba kamu amati dan rasakan perkenaan bola dengan telapak tanganmu, dan tenaga yang disalurkan ke bola sehingga bola memantul dengan baik. 10) Selama pembelajaran, coba lakukan saling mengoreksi gerakan yang dilakukan oleh temanmu.



b. Memainkan Bola dengan Sentuhan Ganda Dalam bermain, kamu diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi. Sambil bermain coba kamu amati dan rasakan sentuhan bola dengan telapak tangan yang mana mudah dilakukan.
Cara memainkannya adalah sebagai berikut.
1) Cari temanmu 4 atau 6 orang.
2) Pasanglah seutas tali/net di tengah lapangan dengan ketinggian 1,5–2 meter.
3) Kemudian kedua regu saling berhadapan.
4) Permainan dimulai dengan mengoperkan bola terlebih dahlu ke teman seregumu.
5) Setelah pukulan kedua, bola tersebut harus dipassingkan ke lapangan lawan.
6) Dalam permainan bola dapat disentuh dengan pukulan ganda.
7) Bila bola ditangkap atau dilempar berarti kamu membuat kesalahan.
8) Regu yang paling dulu mencapai 15 angka dinyatakan sebagai pemenang.
9) Selama pembelajaran ini coba kamu amati dan rasakan perkenaan bola dengan telapak tanganmu. Selanjutnya salurkan tenaga yang ada ke bola sehingga bola memantul dengan baik.
10) Selama pembelajaran, coba saling mengoreksi gerakan yang dilakukan oleh temanmu.

sumber : Buku PJOK kurikulum 2013 SMP kelas VII

Subscribe to receive free email updates:

26 Responses to "Pembelajaran Bola Voly Kurikulum 2013"

  1. waahhh guru pjok ya mas artikelnya detail banget mantap :D nice gan :D

    ReplyDelete
  2. Aamiinn gan.. ane masih mahasiswa gan di Universitas ternama di Kalimantan Timur.. hanks gan

    ReplyDelete
  3. Oh gitu ya bro.. main bola voly itu juga asik&menyenangkan.. kan bisa menyehatkan tubuh

    ReplyDelete
  4. iya gan... terima kasih.. semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  5. bener banget bung Irvan.. semangat berolahraga gan..

    ReplyDelete
  6. wah mantap gan ane tunjukin ke kakak ane :D

    ReplyDelete
  7. wahh mantep nih artikel nya... nice post gan

    ReplyDelete
  8. iya gan alhamdulillha.. semoga bisa menambah pengetahuan kita bersama ya gan

    ReplyDelete
  9. kalau materi itu susuah... mendingan langsung main volinya

    ReplyDelete
  10. iya gan.. bermain kan juga perlu materi.. jadi harus mengerti bagaimana prosedurnya gan...

    ReplyDelete
  11. Dengan membaca artikel ini jadi ingat masa-masa masih senang dengan olahraga... Jadi smasher itu gimana ya gan?

    ReplyDelete
  12. wahhh. jadi smasher itu hal yang paling menegangkan gan.. karena poin tim ada di tangan kita gan

    ReplyDelete
  13. Good article, I've seen many articles today, but only this article is of interest to me, thanks poker online

    ReplyDelete

  14. "Tunjukan Cara Bermainmu Hanya di www,mgmpoker88,com memberi Promo menarik bagi pecinta permainan kartu online :
    ◙ Minimal DEPOSIT dan Withdraw Hanya RP. 20.000.-
    ◙ Jackpot Hingga Jutaan Rupiah Setiap Harinya
    ◙ Cashback Mingguan 0.5%
    ◙ Bonus Refferal 20%

    Untuk Info Lebih Lanjut Bisa Saja Langsung Hubungi Costumer Service kami di :
    LiveSupport 24JAM.
    ◙ Livechat : https://goo.gl/UdJZKT
    ◙ Skype : jessy wijayatan
    ◙ Phone : +85577597038



    TERIMA KASIH
    Salam HOKI DARI KAMI MGMPOKER88 ^.^



    "

    ReplyDelete
  15. want to read this interesting article for this month immediately click my article and get a great experience after reading my article on:
    bandar judi online

    ReplyDelete

  16. want to read this interesting article for this month immediately click my article and get a great experience after reading my article on:
    bandar togel

    ReplyDelete

Contoh soal ujian penjas SMP Sederajat

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat malam semuanya pada kesempatan kali inu ane Nur syamsudin fikri akan kembali memba...