Permainan Engrang Batok Kelapa

Engrang batok adalah permainan tradisinal yang sangat digemari oleh mayoritas penduduk indonesia. Egrang batok adalah permainan yang sangat seru, menarik, dan menyenangkan. karena permainan ini adalah sebagai sarana hiburan bagi masyarakat. namun belakangan ini permainan ini bisa kita jumpai di lingkungan masyarakat. karena masyarakat kita sudah mulai mempopulerkan egrang batok ini dari berbagai macam lomba sepert loma 17an. 
permainan egrang batok kelapa juga menjadi salah satu materi dalam matakuliah saya di Pendidikan Olahrag Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Unmiversitas Mulawarman. Yaitu Mata kuliah Olahraga Tradisional. dalam matakuliah ini saya dan kawan kawan diharapkan mamu untuk membuat dan memainkan permainan ini. sehingga olahraga dalam permainan ini tidak hilang dimakan zaman. 
pada postingan ini saya akan membagikan bagaimana cara mebuat dan bagaimana cara memainkan permainan ini. 


Permainan Egrang Batok atau Batok Kelapa, yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan ini, biasanya dimainkan oleh suku Bugis. Bagi suku Bugis sendiri permainan ini dikenal dengan nama Majjeka, yang berasal dari kata jeka yang artinya jalan.
Egrang Batok, mungkin untuk anak-anak pedesaaan zaman dahulu nama itu bukan nama yang asing. Bahkan anak-anak pedesaan sangat fasih bermain egrang sederhana tersebut. Akan tetapi saat ini, sangat jarang ditemui anak-anak yang memainkan Egrang Batok, mahkan mungkin banyak anak yang tidak mengetahui bagaimana bentuk Egrang Batok.
Banyak manfaat yang bisa diambil dari Egrang Batok ini. Diantaranya memberikan kegembiraan pada anak, mengasah kreativitas anak serta melatih motorik halus dan motorik kasar anak. Selain itu, Egrang Batok juga melatih semangat anak dan mengajarkan anak untuk dapat memanfaatkan bahan di sekitar.
Untuk membuat Egrang Batok cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah didapatkan di pasaran. Hanya dengan bahan tempurung kelapa atau yang familiar disebut batok, tali dan alat untuk melubangi batok, kita sudah dapat membuat Egrang Batok.

Cara membuat Egrang Batok
  1. Siapkan 2 batok kelapa yang sudah dibersihkan. Pilih batok kelapa yang tua agar kokoh dan tidak mudah pecah. Kemudian bentuk batok kelapa tersebut menjadi setengah lingkaran.
  2. Amplas batok kelapa tersebut sampai halus dan bersih dari serabut kelapa. 3. Lubangi batok kelapa tersebut dengan paku atau pisau pas di tengah-tengah.
  3. Siapkan juga tali sebagai pengait antara 2 batok tersebut. Pilih tali yang kuat dan tidak membuat sakit pemain Egrang Batok.
  4. Kaitkan batok yang sudah dilubangi tersebut dengan tali. Ikatkan ujung tali pada batok dan ikatkan ujung tali yang satunya pada batok yang kedua. Sesuaikan panjang tali dengan penggunanya agar nyaman digunakan, biasanya panjang tali 1,5 – 2 meter.
  5. Egrang Batok jadi dan siap untuk digunakan.
Cara Permainan

            1.      Masukkan selah kaki antara jempol kaki dan telunjuk kaki
            2.      Menjaga keseimbangan badan diatas batok
            3.      Berlari secepat mungkin untuk sampai ke garis finis
            4.     Orang yang paling cepat dia lah yang menjadi pemenangnya.
                 silahkan mencoba..............


sumber : https://gpswisataindonesia.wordpress.com/

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Permainan Engrang Batok Kelapa"

  1. heeh dulu ane sempet mainin ni sma temen temen tapi sekarang sudah jarang yang main di kalahin sma permainan modern

    ReplyDelete
  2. iya gan permainan ini sudah mulai dilupakan.. jadi sedih ane gan

    ReplyDelete
  3. waah keren :D permainan simple dan sederhana ini wajib kita perkembangkan min :D thanks for information

    ReplyDelete
  4. iya min.. aman.. selagi kita angkatan 90An masih eksis besar kemungkinan permainan ini akan terus ada min. In Shaa Allah

    ReplyDelete
  5. wah ane jadi nostalgia gan, walaupun gara2 egrang batok kelapa jempol ane pada sakit hehe, tapi kangen juga. makasih gan

    ReplyDelete
  6. iya gan sama sama ini olahraga tradisional yang ngangenin gan walaupun anggota tubuh jadi korban... heheee

    ReplyDelete
  7. permainan waktu kecil nih, balap egrang kwkwwk . Kalau 17 agustusan di desa ane masih diadakan lombanya

    ReplyDelete
  8. wah mantap tu gan bisa jadi nostalgia gan ... mantap..

    ReplyDelete
  9. Kalau ditempat ane egrang kayu gan :D egrang batik kurang populer :3 tapi itu dulu -_- hmmm jadi baper ah :3

    ReplyDelete
  10. Nasib hidup di zaman sekarang, jujur saya belum pernah sama sekali main egrang batok.. keliatannya seru yaa, hmm.. mungkin bisa buat di rumah biar bisa main seperti itu

    ReplyDelete
  11. iya gan figri.. engrang batok emang kurang eminat sih.. tapi kalau sekali memainkan langsung ketagihan gan.. hehee

    ReplyDelete
  12. iya gan zalfa... buat sendiri untuk diainkan sendiri gan.. thanks udah mampir gan

    ReplyDelete
  13. Permainan kesukaan saya waktu masih SD :D
    Jadi kembali bernostalgia :D

    ReplyDelete

Contoh soal ujian penjas SMP Sederajat

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat malam semuanya pada kesempatan kali inu ane Nur syamsudin fikri akan kembali memba...