RPP Penjas SMA Kurikulum 2013 Revisi Terbaru PerMen 21 Tahun 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       :  SMA Negeri 1 Samarinda
Mata Pelajaran            :  PJOK
Kelas / Semester          :  X / Ganjil
Materi Pokok              :  passing bawah bola voli
Sub Materi Pokok       :  Mempratikkan keterampilan gerak permainan bola voli serta menyusun
   rencana perbaikan
Alokasi Waktu            : 1 x 3 x 45 Menit

A.  Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi sikap spiritual dan kompetensi sikap sosial (rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan pantang menyerah) dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.


KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkanrasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkanpengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1.  Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
3.1.1        Menjelaskan konsep keterampilan teknik dasar melakukan passing bawah dengan berbagai teknik dasar (dorongkan kedua lengan kearah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat dari lantai, usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah badan, perkenaan bola yang baik tepat pada pergelangan tangan) permainan bola voli dengan benar.

4.1.  mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik     

4.1.1  mempraktikkan teknik dasar melempar bola dengan berbagai teknik passing bawah permainan bola voli dengan koordinasi yang baik
4.1.2  bermain bola voli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi menggunakan teknik passing bawah, dengan menunjukkan nilai-nilai sportivitas, kerjasama, kejujuran, dan disiplin

C.    Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model resiprokal dengan pendekatan saintifik, peserta didik dapat berpikir kritis dan kreatif dalam menganalisis keterampilan gerak bola voli beserta rencana perbaikan, kemudian kreatif dan terampil mengomunikasikan koordinasi gerak dalam mempraktikkan keterampilan bola voli, dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, disiplin dan pantang menyerah selama proses pembelajaran.



D.  Materi Pembelajaran
Passing bawah adalah teknik dasar bola voli yang sangat tepat untuk menahan serangan-serangan smash yang keras dan cepat dari lawan. Oleh karena itu pemain yang berperan sebagai defender atau libero adalah pemain-pemain yang memang menguasai passing bawah dengan sangat baik.
Passing bawah yang baik bukan hanya dapat menahan bola serangan lawan jatuh ke area lapangan permainan akan tetapi juga mampu mengarahkan atau mengumpan bola dengan baik ke teman tim (umumnya toser/ set-upper) sehingga dapat menyusun serangan balik yang lebih baik

1.      Pembelajaran Passing Bawah
Passing bawah adalah salah satu teknik dasar yang diajarkan pertam kali sebelum mnegenal teknik dasar yang lainnya. Karena passing bawah merupakan gerakan pokok dalam melakukan permainan bola voli









Cara melakukan passing bawah yang baik dan benar :
  1. Pertama-tama, ambil sikap siap dengan membuka kedua kaki selebar bahu dan lutut agak ditekuk, serta badan sedikit dibungkukkan ke depan. 
  2. Luruskan kedua lengan ke depan badan, kemudian rapatkan hingga kedua ibu jari menjadi sejajar. Pandangan mata melihat ke arah datangnya bola. 
  3. Ketika bola datang, ayunkan kedua lengan ke arah bola yang datang. Dalam hal ini tangan atau siku harus dalam keadaan lurus. Perkenaan bola harus berada pada bagian prosimal lengan atau berada diatas pergelangan tangan. 
  4. Luruskan lutut kaki ketika kedua lengan mengenai bola sebagai gerakan lanjutan. 
  5. Saat melakukan passing bawah cobalah untuk merasakan perkenaan bola dengan lengan, perkirakan ayunan tenaga yang perlu disalurkan sehingga bola dapat memantul dengan sempurna. 
E.     Metode/Model Pembelajaran
Pendekatan             : Saintifik
Metode                   : Discovery Learning
  Resiprokal

F.     Media/Alat dan Bahan Pembelajaran

1.    Media:
a.       Buku Peserta didik teknik dasar permainan bola voli
b.      Buku Guru Pada Teknik dasar permainan bola voli
c.       Poster/gambar/video gerak dasar permainan bola voli

2.      Alat dan Bahan Pembelajaran:
a.     Bola Voli Atau Bola sejenisnya
b.    Net bola voli
c.    Lapangan permainan bola voli atau lapangan sejenisnya
d.    Rintangan (kun)
e.    Peluit
f.     Stopwatch

G.    Sumber Belajar
a.       Buku pegangan guru SMA Kelas X hal 28-33; Pendidikan Jasmani , Olahraga, Kesehatan, Jakarta: Kemdikbud RI
b.      Buku pegangan peserta didik SMA Kelas X hal 16-26; Pendidikan Jasmani , Olahraga, Kesehatan, Jakarta: Kemdikbud RI

H.    Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
DISKRIPSI

WAKTU

Pendahuluan
1)      Peserta didik berkumpul pada suatu tempat tertentu, kemudian berbaris dalam saf, setengah lingkaran atau bentuk variasi lain sesuai dengan keadaan.
2)      Guru memberi salam, menanyakan kabar “Bagaimana kabar kalian hari ini? sudah siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak bisa hadir pada hari ini? Kemudian meminta salah satu peserta didik untuk memimpin doa.
3)      Guru mengajukan pertanyaan “ Apakah keterampilan gerak bola voli dapat berpengaruh terhadap permainan bola voli”?
4)      Peserta didik diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya, kemudian guru menanggapi jawaban dan mengaitkannya dengan materi pelajaran hari ini, yaitu keterampilan gerak dasar bola voli beserta rencana perbaikannya
5)      Guru menyampaian tujuan pembelajaran kepada peserta didik dengan cara yang menyenangkan sehingga peserta didik terdorong untuk ikut pembelajaran dengan semangat.
6)      Guru membagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan jumlah peserta didik agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik
7)      Salah seorang peserta didik yang dianggap mampu memimpin dan melakukan pemanasan setiap kelompok. Pemanasan berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh sehingga tubuh terutama otot dan sendi dapat bekerja secara maksimal dan mengurangi resiko cedera serta membangun kepercayaan diri dan rasa nyaman ketika bergerak. Pemanasan dilakukan dengan aktivitas yang menyenangkan seperti permainan atau gerak diiringi musik, yang sifatnya bisa bersifat umum atau yang berkaitan dengan kegiatan inti yang akan dilakukan.

15 menit
Inti
A)         Mengamati

1)        Peserta didik mengamati pemutaran video tentang pembelajaran bolavoli dan mengamati peragaan yang dilakukan oleh guru serta peserta didik membuat catatan dari apa yang diamati
2)        Peserta didik membaca informasi dan membuat catatan tentang teknik dasar permainan bola voli terkhusus passing bawah

B)      Menanya

1)      Peserta didik menanyakan dari hasil mengamati tadi terkait materi yang akan dilaksanakan

C)     Mencoba

1.      Peserta didik mempraktikkan secara berpasangan atau berkelompok dan mencari jawaban yang ditanyakan guru tentang jalannya bola saat passing bawah dengan menunjukkan nilai kerjasama, tanggung jawab, menghargai teman, dan disiplin.
2.       


D)        Mengasoisasi

1.      Peserta didik mempraktikkan secara berapsangan atau berkelompok dan menemukan hubungan anata melempar dan passing bawah denagn jarak sasaran lempar



E)    Mengkomunikasikan

1.      Peserta didik berbagi tugas siapa yang pertama kali menjadi pelaku”dan siapa yang menjadi pengamat”. Pelaku melakukan tugas gerak satu persatu dan pengamat mengamati, serta memberikan masukan jika terjadi kesalahan (tidak sesuai dengan lembar kerja)



2.      Peserta didik menerapkan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) dengan menggunakan berbagai keterampilan dasar passing bawah dengan menunjukkan nilai kerjasama, tanggung jawab, menghargai teman, dan disiplin. Guru berperan mengamati peserta didik selama bermain (yang diamati adalah apakah peserta didik sudah dapat melakukan passing bawah yang menggunakan posisi yang akan dicapai, misalnya jika posisi bola, tangan dan badan saat passing bawah dengan posisi yang tepat
85 menit
Akhir
1)        Melakukan tanya-jawab dan membuat simpulan dengan peserta didik yang berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan. Termasuk di dalamnya adalah memanfaatkan momen berharga tersebut untuk melakukan refleksi yang mendorong sisiwa mengukuhkan perilaku sosial dan spiritualnya.
2)        Melakukan pendinginan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik yang dianggap mampu, dan menjelaskan kepada peserta didik tujuan dan manfaat melakukan pendinginan setelah melakukan aktivitas fisik dan olahraga yaitu agar dapat melemaskan otot-otot dan tubuh tetap bugar (segar)
3)        Menginformasikan tentang materi (ujian, materi terkait, materi lain) pada pertemuan berikutnya.
4)        Setelah melakukan aktivitas pembelajaran, seluruh peserta didik dan guru berdoa dan bersalaman.

20    menit



I.       Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
a.       Teknik Penilaian:
a)         Penilaian Sikap             :    Observasi/pengamatan
b)        Penilaian Pengetahuan  :    Tes Tertulis
c)         Penilaian Keterampilan :    Praktik

b.      Instrumen  Penilaian     :          Terlampir
1.         Sikap                      :          lembar observasi dan jurnal
2.         Pengetahuan           :          soal uraian dan pilihan ganda
3.         Unjuk kerja            :          lembar penilaian praktik


c.       Remedial
§  Pembelajaran remedial akan dilaksanakan apabila nilai peserta didik tidak memenuhi KKM yang ada dan bc xisa dilaksanakan pada saat KBM berlangsung atau bisa juga diluar jam pelajaran tergantung jumlah peserta didik

d.      Pengayaan
§  Peserta didik yang telah mencapai diatas KKM, diberikan pengayaan dengan langkah sebagai berikut:
§  Peserta didik yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
§  Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.




Mengetahui                                                         Samarinda,  12  Oktober 2017
Kepala SMAN 1 Samarinda                               Guru Pamong




H. Budiono, S.Pd, M.Pd.                                 Drs. Herni
NIP. 19651108 199802 1 003                            NIP. 19580101 198803 1 021



                        Dosen Pembimbing                                            Mahasiswa PPL




                        Muhammad. Ramli B S.Pd.,M.Pd                  Nur Syamsudin Fikri
                        NIP. 19760324 200501 1 002                            NIM. 1405105005







A.       Rubrik Penilaian
1.      Penilaian Pengetahuan
·      Soal Uraian
·      Soal Pilihan Ganda
No Soal
Soal
Jawaban
1.
Pada permainan bola voli pemain tidak akan terlepas dari gerakan passing. Biasanya saat bola datang dioperkan oleh kawan satu timnya maka sipenerima bola menyambut datangnya bola untuk  dipassing kebali ke teman satu tim.
Mengapa saat passing bawah pada permainan voli kaki di tekuk ?




Karena agar pada saat melakukan passing posisi badan dalam keadaan seimbang

2.
Perhatikan gambar di bawah ini !


Dari gambar tersebut diatas mengapa saat melakukan gerakan memasing bola tangan di rapatkan dengan posisi pangan lurus ?

Karena agar bola yang akan di passing tidak mengarah keluar dan bola bisa di passing kearah yang teman

3.
Perhatikan gambar di bawah ini !
Mengapa pada saat menerima smash dari lawan tangan penerima smash harus kaku dan lurus ?
·      Karena agar dalam menerima smash bola dapat memantul dengan sempurna kea rah teman
4.
Perhatikan gambar di bawah ini !
Pada permainan voli posisi tanan harus benar dan tepat. Jari-jari harus berada tepat di posisinya agar tidak terjadi cedera saat melakukan passing.
Mengapa pada saat melakukan passing posisi jari jempol harus berada di atas dari jari yang lain ?

·      Karena agar dalam melakukan passing bola dapat di arahkan sesuai yang kita mau
5.
Dalam permaina bola voli tidak lepas dengan gerakan passing bawah. Karena passing bawah adalah gerakan dasar untuk bermain bola voli. Mengapa gerakan passing bawah disebut sebagai gerakan dasar permainan bola voli ?
A.     Karena gerakannya sulit
B.     Karena gerakannya mudah
C.     Karena gerakan passing bawah yang paling pertama diajarkan
D.    Karena gerakan passing bawah paling banyak digunakan saat bermain voli
E.     Karena gerakan passing bawah adalah gerakan yang paling efektif

C
6
Saat melakukan passing bawah tangan harus dirapatkan dalam keadaan yang kokoh. Tangan yang kokoh akan memudahkan dalam melakukan passing bawah
Bagaimana posisi tangan yang kokoh saat melakukan passing bawah ?
                                           i.      posisi kedua jari saling menggenggam
                                         ii.      posisi tangan lurus dengan jari jempol berada di atas dari jari lain
                                       iii.      kaki di tekuk serta tangan lurus dan jempol berada di atas jari yang lain
                                       iv.      tangan lurus jari salah saru jari jempol berada di atas
                                         v.      tangan lurus dengan jari jempol berapa di bawah jari yang lian




B
7
Pada saat melakukan passing kaki sedikit di tekuk dengan membentuk gerakan seperti kuda-kuda tengah. Gerakan ini sering dilakukan oleh para atlit bola voli di seluruh dunia
Apa fungsi yang sesungguhnya dalam melakukan gerakan tersebut ?
A.    sebagai faktor keseimbangan
B.     sebagai faktor pendukung gerakan
C.     sebagai faktor tambahan dalam gerakan
D.    sebagai seni dalam melakukan gerakan passing
E.     sebagai penunjang keberhasilan passing bawah

A

 Pedoman Pen-Skoran Soal Uraian :
Skor 4 = Jika semua jawaban ditulis dengan benar dan lengkap
Skor 3 = Jika semua jawaban ditulis dengan benar dan kurang lengkap
Skor 2 = Jika tidak semua jawaban ditulis dengan benar
Skor 1 = Jika semua jawaban ditulis dengan kurang benar

Pedoman Pen-Skoran Soal PG :
      Skor 1 = Jika Benar
      Skor 0 = Jika Salah

Rubrik Pen-Skoran Pengetahuan Soal Uraian
No
Nama Peserta didik
Skor No. Soal
Total Skor
( ∑ )
1.

1
2
3
4

2.






3.






4.






5.






Dst









Rubrik Pen-Skoran Pengetahuan Soal Pilihan Ganda
No
Nama Peserta didik
Skor No. Soal
Total Skor
( ∑ )
1.

5
6
7
8

2.






3.






4.






5.






Dst









Rekapitulasi Penilaian Pengetahuan


No
Nama Peserta didik
Skor Uraian
(a)
Skor PG
(b)
Total Skor
(a + b)
Nilai Akhir
(Total Skor/20) x 100
1.





2.





3.





4.





5.





Dst








1.         Penilaian Keterampilan

No
Soal
Soal
Indikator Penilaian
8.
Praktikkanlah keterampilan gerak passing dan menangkap bola voli secara berpasangan selama 1 menit dengan menggunakan teknik berhadapan !
Keterampilan gerak passing bawah:
1.   Sikap Awal
2.   Sikap tubuh
3.   Gerakan
4.   Sikap Akhir

Keterampilan gerak menangkap:
1.   Sikap Awal
2.   Sikap tubuh
3.   Gerakan
4.   Sikap Akhir
9.
Praktikanlah keterampilan gerak passing bawah secara individu selama 1 menit !
Keterampilan gerak memasing bola bola:
1.   Sikap Badan
2.   Pandangan
3.   Pantulan Bola
4.   Jumlah passing yang dilakukan yang dilakukan
10.
Praktikkanlah  keterampilan gerak passing bawah berpasangan melewati net selama 1 menit !
Keterampilan gerak passing bawah
1.    Sikap badan
2.    Sikap kaki
3.    Pandangan
4.    Sikap tangan saat melakukan passing bola
5.    Sikap tangan setelah melakuakn passing bola
6.    Arah saat melaukan passing
7.    Sikap akhir
11.
Praktikkanlah analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan 3 lawan 3 selama 2 menit menggunakan passing bawah!
Analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan 3 lawan 3 :
1.   Posisi pemain
2.   Akurasi passing
3.   Kemampuan mengontrol bola
12.
Praktikkanlah analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan  4 lawan 4 selama 2 (dua) menit menggunakan passing bawah!
Analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan 4 lawan 4:
1.   Posisi pemain
2.   Akurasi passing
3.   Kemampuan mengontrol bola
13.
Praktikkanlah analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan  6 lawan 6 selama 2 (dua) menit menggunakan passing bawah!
Analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan 5 on 4:
1.   Posisi pemain
2.   Akurasi passing
3.   Kemampuan mengontrol bola


Pedoman Penilaian Keterampilan

No. Soal
Indikator Penilain
Kriteria Penilaian
8
Keterampilan gerak melempar:
1.    Sikap Awal
2.   Gerakan
3.   Sikap Akhir
Keterampilan gerak memasing bola:
1.    Sikap Awal
2.    Gerakan passing
3.    Sikap Akhir
Keterampilan teknik melempar bola:
1) Persiapan melakukan lempar bola:
a)    Berdiri dengan sikap diam.
b)   Bola dipegang dengan kedua tangan
c)    Badan agak condong ke depan.

2) Gerakan memasing bola:
a)    Pantulkan bola kedepan dengan posis perkenaan bola berada di area lengan.
b)   Arh bola ke depan dngan membentuk parabola

3) Akhir gerakan melempar:
a)    Berat badan dibawa ke depan
b)   Kedua lengan lurus ke depan rileks
c)    Pandangan mengikuti arah gerakan bola
4)  akhir Gerakan Memasing bola
a)  posisi tangan beradadi samping badan
b) posisi badan tegak
c) pandanga lurus kedepan
9.
Keterampilan gerak memasing bola bola:
1.      Sikap Badan
2.   Pandangan
3.   Pantulan Bola
4.      Jumlah passing yang dilakukan yang dilakukan
Keterampilan gerak dasar passing bawah bola individu
Cara melakukannya:
Badan tegak dengan seluruh brt badan berapa pada kaki
a)    Gerakan memasing bola berada di bagian lengan tangan dengan posisi kaki agak di tekuk
b)   Ketinggian bola saat melaukan passing setinggi 2 meter dari kepala
c)    Pandangan mata ketika melakukan passing adalah kea rah bola
d)   Jumlah balikan yang dilakukan
0-5  = skor 1
6-10 = skor 2
>11  = skor 3
10.
Keterampilan gerak passing bawah melewati net :
1.      Sikap badan
2.      Sikap kaki
3.      Pandangan
4.      Sikap tangan saat melakukan passing bola
5.      Sikap tangan
6.       setelah melakuakn passing bolaArah saat melaukan passing
7.      Sikap akhir
Menembak bola (shooting):
1)   Diawali dengan persiapan berdiri tegak menghadap arah gerakan dalam sikap diam, posisi kaki sedikit di tekuk
2)   Bola  di passing dengan posisi tangan di rapatkan satu sama lain
3)   Pandangan ke arah bola.
4)   Bentuk arah bola yang benar adalah menyerupai parabola atas melengkung.
5)   Akhir gerakan kedua lengan di letakkan di samping badan rileks dan arah pandangan mengikuti arah gerak bola.
6)   Hasil passing:
0-9= skor 1
10-19 = skor 2
>20  = skor 3
11.
Analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan 3 lawan 3 :
1.      Posisi pemain
2.   Akurasi passing
3.   Kemampuan mengontrol bola
1.    Posisi pemain; mampu mencari posisi yang menguntungkan penyerangan bagi tim
2.    Akurasi passing; mampu mengoper bola dengan akurat setiap kesempatan
3.    Kemampuan mencetak angka; mampu memanfaatkan setiap peluang untuk mencetak angka
12.
Analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan 4 lawan 4:
1.      Posisi pemain
2.   Akurasi passing
Kemampuan mengontrol bola
1.    Posisi pemain; mampu mencari posisi yang menguntungkan penyerangan bagi tim
2.    Akurasi passing; mampu mengoper bola dengan akurat setiap kesempatan
3.    Kemampuan mencetak angka; mampu memanfaatkan setiap peluang untuk mencetak angka
13.
Analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan 6 lawan 6:
1.      Posisi pemain
2.      Akurasi passing
3.      Kemampuan mengontrol bola
1.    Posisi pemain; mampu mencari posisi yang menguntungkan penyerangan bagi tim
2.    Akurasi passing; mampu mengoper bola dengan akurat setiap kesempatan
3.    Kemampuan mencetak angka; mampu memanfaatkan setiap peluang untuk mencetak angka


Rubrik Penilaian Keterampilan

No Soal
Nama Peserta didik
Indikator Penilaian
Skor
1
2
3
4
8.

Keterampilan gerak melempar:
1.      Sikap Awal
2.      Gerakan melempar
3.      Sikap Akhir
Keterampilan gerak memasing bola:
1.      Sikap Awal
2.      Gerakan passing
3.      Sikap Akhir




9.

Keterampilan gerak memasing bola bola:
1.      Sikap Badan
2.      Pandangan
3.      Pantulan Bola
4.      Jumlah passing yang dilakukan yang dilakukan




10.

Keterampilan gerak passing bawah melewati net :
1.      Sikap badan
2.      Sikap kaki
3.      Pandangan
4.      Sikap tangan saat melakukan passing bola
5.      Sikap tangan
6.       setelah melakuakn passing bolaArah saat melaukan passing
7.      Sikap akhir




11.

Analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan 3 lawan 3 :
1.      Posisi pemain
2.      Akurasi passing
3.      Kemampuan mengontrol bola




12.

Analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan 4 lawan 4:
1.      Posisi pemain
2.      Akurasi passing
3.      Kemampuan mengontrol bola




13.

Analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan 6 lawan 6:
1.      Posisi pemain
2.      Akurasi passing
3.      Kemampuan mengontrol bola










Pedoman Penskoran:
Sangat baik     : 4
( Sikap kaki, sikap tangan, posisi tubuh dan gerakan akhir sesuai dengan teknik yang benar).
Baik                 : 3
( Sikap kaki, sikap tangan, posisi tubuh dan gerakan akhir ada salah satu yang kurang sesuai dengan teknik yang benar ).
Cukup             : 2
( Sikap kaki, sikap tangan, posisi tubuh dan gerakan akhir sebagian kurang sesuai dengan teknik yang benar ).
Kurang            : 1
( Sikap kaki, sikap tangan, posisi tubuh dan gerakan akhir seluruhnya kurang sesuai dengan teknik yang benar ).


Pengolahan Penilaian Keterampilan

Nomor 8
a.                                Skor maksimal tiap nomor soal = 4 ... (a)
b.                                                         Skor Maksimal = 24 .... (b)
c.                                                         Nilai yang diperoleh peserta didik = Skor yang diperoleh (a)  X 100
                                                                                    Skor maksimal (b)
Nomor 9
a.                                                         Skor maksimal tiap nomor soal = 4 ... (a)
b.                                                         Skor Maksimal = 20 .... (b)
c.                                                         Nilai yang diperoleh peserta didik = Skor yang diperoleh (a)  X 100
                                                                                    Skor maksimal (b)
Nomor 10
a.                                                         Skor maksimal tiap nomor soal = 4 ... (a)
b.                                                         Skor Maksimal = 32 .... (b)
c.                                                         Nilai yang diperoleh peserta didik = Skor yang diperoleh (a)  X 100
                                                                                    Skor maksimal (b)
Nomor 11 s/d 13
a.                                                         Skor maksimal tiap nomor soal = 4 ... (a)
b.                                                         Skor Maksimal = 12 .... (b)
c.                                                         Nilai yang diperoleh peserta didik = Skor yang diperoleh (a)  X 100
                                                                                    Skor maksimal (b)


Pengolahan Nilai Akhir

No
Nama Peserta didik
Tes Keterampilan

Nilai Akhir
(Capaian Optimum)
Soal No.8
Soal No.9
Soal No.10
Soal No.11
Soal No.12
Soal No.13
4
5
6
7
8
9

1.








2.








3.








4.








5.








6.








7.








8.








9.








Dst












Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Penjas SMA Kurikulum 2013 Revisi Terbaru PerMen 21 Tahun 2016"

Post a Comment

Contoh soal ujian penjas SMP Sederajat

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat malam semuanya pada kesempatan kali inu ane Nur syamsudin fikri akan kembali memba...