RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                       :  SMA Negeri 1
Samarinda
Mata Pelajaran            : 
PJOK
Kelas / Semester          : 
X / Ganjil
Materi Pokok              : 
passing bawah bola voli
Sub Materi Pokok       :  Mempratikkan keterampilan gerak permainan
bola voli serta menyusun 
   rencana
perbaikan
Alokasi Waktu            : 1 x 3 x 45 Menit
A.  Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi
sikap spiritual dan kompetensi sikap sosial (rasa
ingin tahu, tanggung jawab, displin dan pantang menyerah) dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta
didik.
KI 3 : 
 | 
  
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
  prosedural berdasarkanrasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
  seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
  kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
  menerapkanpengetahuan
  prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
  untuk memecahkan masalah. 
 | 
 
KI 4 : 
 | 
  
Mengolah, menalar, dan menyaji
  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
  dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
  kaidah keilmuan. 
 | 
 
B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.  Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar
untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
3.1.1       
Menjelaskan konsep keterampilan teknik
dasar melakukan passing bawah dengan berbagai teknik dasar (dorongkan kedua
lengan kearah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit
terangkat dari lantai, usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah
badan, perkenaan bola yang baik tepat pada pergelangan tangan) permainan bola
voli dengan benar.
4.1.  mempraktikkan hasil analisis keterampilan
gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang
baik     
4.1.1  mempraktikkan teknik dasar
melempar bola dengan berbagai teknik passing bawah permainan bola voli dengan
koordinasi yang baik
4.1.2  bermain bola voli dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi menggunakan teknik passing bawah,
dengan menunjukkan nilai-nilai sportivitas, kerjasama, kejujuran, dan disiplin
C.   
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran
dengan menggunakan model resiprokal dengan pendekatan saintifik, peserta didik
dapat berpikir kritis dan kreatif dalam menganalisis keterampilan gerak bola voli beserta rencana perbaikan, kemudian kreatif dan terampil
mengomunikasikan koordinasi gerak dalam mempraktikkan keterampilan bola voli, dengan
rasa ingin tahu, tanggung jawab, disiplin dan
pantang menyerah selama proses pembelajaran.
D.  Materi Pembelajaran
Passing bawah adalah teknik
dasar bola voli yang sangat tepat untuk menahan serangan-serangan smash yang
keras dan cepat dari lawan. Oleh karena itu pemain yang berperan sebagai
defender atau libero adalah pemain-pemain yang memang menguasai passing bawah
dengan sangat baik.
Passing bawah yang baik
bukan hanya dapat menahan bola serangan lawan jatuh ke area lapangan permainan
akan tetapi juga mampu mengarahkan atau mengumpan bola dengan baik ke teman tim
(umumnya toser/ set-upper) sehingga dapat menyusun serangan balik yang lebih
baik
1.     
Pembelajaran Passing Bawah
Cara melakukan passing bawah yang baik dan
benar :
- Pertama-tama, ambil sikap siap dengan membuka kedua
     kaki selebar bahu dan lutut agak ditekuk, serta badan sedikit dibungkukkan
     ke depan. 
 - Luruskan kedua lengan ke depan badan, kemudian rapatkan
     hingga kedua ibu jari menjadi sejajar. Pandangan mata melihat ke arah
     datangnya bola. 
 - Ketika bola datang, ayunkan kedua lengan ke arah bola
     yang datang. Dalam hal ini tangan atau siku harus dalam keadaan lurus.
     Perkenaan bola harus berada pada bagian prosimal lengan atau berada diatas
     pergelangan tangan. 
 - Luruskan lutut kaki ketika kedua lengan mengenai bola
     sebagai gerakan lanjutan. 
 - Saat melakukan passing bawah cobalah untuk merasakan
     perkenaan bola dengan lengan, perkirakan ayunan tenaga yang perlu
     disalurkan sehingga bola dapat memantul dengan sempurna. 
 
E.    
Metode/Model
Pembelajaran
Pendekatan             :
Saintifik
Metode                   :
Discovery Learning
  Resiprokal
F.    
Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
1.    Media: 
a.      
Buku Peserta
didik teknik dasar permainan bola voli
b.     
Buku Guru Pada
Teknik dasar permainan bola voli
c.      
Poster/gambar/video
gerak dasar permainan bola voli
2.     
Alat dan Bahan
Pembelajaran:
a.   
 Bola Voli Atau Bola sejenisnya
b.   
Net bola voli
c.   
Lapangan
permainan bola voli atau lapangan sejenisnya
d.   
Rintangan
(kun)
e.   
Peluit
f.    
Stopwatch
G.   
Sumber Belajar
a.       Buku pegangan guru SMA Kelas X hal 28-33; Pendidikan Jasmani , Olahraga,
Kesehatan, Jakarta: Kemdikbud RI
b.      Buku pegangan peserta didik SMA Kelas X hal 16-26; Pendidikan Jasmani ,
Olahraga, Kesehatan, Jakarta: Kemdikbud RI
H.   
Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN 
 | 
  
DISKRIPSI 
 | 
  
WAKTU 
 | 
 
Pendahuluan 
 | 
  
1)      Peserta didik berkumpul pada suatu tempat
  tertentu, kemudian berbaris dalam saf, setengah lingkaran atau bentuk variasi
  lain sesuai dengan keadaan. 
2)     
  Guru memberi
  salam, menanyakan kabar “Bagaimana kabar kalian hari ini? sudah siapkah
  belajar?” Siapa saja yang tidak bisa hadir pada hari ini? Kemudian meminta
  salah satu peserta didik untuk memimpin doa. 
3)     
  Guru mengajukan
  pertanyaan “ Apakah keterampilan gerak
  bola voli dapat berpengaruh terhadap permainan bola voli”? 
4)     
  Peserta didik
  diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya, kemudian guru menanggapi
  jawaban dan mengaitkannya dengan materi pelajaran hari ini, yaitu
  keterampilan gerak dasar bola voli beserta rencana perbaikannya 
5)      Guru menyampaian tujuan pembelajaran
  kepada peserta didik dengan cara yang menyenangkan sehingga peserta didik
  terdorong untuk ikut pembelajaran dengan semangat.  
6)      Guru membagi dalam beberapa kelompok
  sesuai dengan jumlah peserta didik agar proses pembelajaran dapat berjalan
  dengan baik 
7)      Salah seorang peserta didik yang dianggap
  mampu memimpin dan melakukan pemanasan setiap kelompok. Pemanasan berfungsi
  untuk meningkatkan suhu tubuh sehingga tubuh terutama otot dan sendi dapat
  bekerja secara maksimal dan mengurangi resiko cedera serta membangun
  kepercayaan diri dan rasa nyaman ketika bergerak. Pemanasan dilakukan dengan
  aktivitas yang menyenangkan seperti permainan atau gerak diiringi musik, yang
  sifatnya bisa bersifat umum atau yang berkaitan dengan kegiatan inti yang
  akan dilakukan. 
 | 
  
15 menit 
 | 
 
Inti 
 | 
  
A)        
  Mengamati 
1)       
  Peserta
  didik mengamati pemutaran video tentang pembelajaran bolavoli dan mengamati
  peragaan yang dilakukan oleh guru serta peserta didik membuat catatan dari
  apa yang diamati 
2)       
  Peserta didik membaca informasi dan membuat catatan
  tentang teknik dasar permainan bola voli terkhusus passing bawah 
B)     
  Menanya 
1)     
  Peserta
  didik menanyakan dari hasil
  mengamati tadi terkait materi yang akan dilaksanakan 
C)   
   Mencoba 
1.     
  Peserta didik mempraktikkan secara berpasangan atau
  berkelompok dan mencari jawaban yang ditanyakan guru tentang jalannya bola
  saat passing bawah dengan menunjukkan nilai kerjasama, tanggung jawab,
  menghargai teman, dan disiplin. 
2.     
    
D)       
  Mengasoisasi 
1.     
  Peserta didik mempraktikkan secara berapsangan atau
  berkelompok dan menemukan hubungan anata melempar dan passing bawah denagn
  jarak sasaran lempar 
E)   
  Mengkomunikasikan 
1.      Peserta didik berbagi tugas siapa yang pertama
  kali menjadi “pelaku”dan siapa yang menjadi “pengamat”. Pelaku
  melakukan tugas gerak satu persatu dan pengamat mengamati, serta memberikan masukan jika terjadi
  kesalahan (tidak sesuai dengan lembar kerja) 
2.      Peserta didik menerapkan keterampilan passing bawah
  dalam permainan bola voli dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil)
  dengan menggunakan berbagai keterampilan dasar passing bawah dengan
  menunjukkan nilai kerjasama, tanggung jawab, menghargai teman, dan disiplin.
  Guru berperan mengamati peserta didik selama bermain (yang diamati adalah
  apakah peserta didik sudah dapat melakukan passing bawah yang menggunakan
  posisi yang akan dicapai, misalnya jika posisi bola, tangan dan badan saat
  passing bawah dengan posisi yang tepat 
 | 
  
85 menit 
 | 
 
Akhir 
 | 
  
1)       
  Melakukan
  tanya-jawab dan membuat simpulan dengan peserta didik yang berkenaan dengan
  materi pembelajaran yang telah diberikan. Termasuk di dalamnya adalah
  memanfaatkan momen berharga tersebut untuk melakukan refleksi yang mendorong
  sisiwa mengukuhkan perilaku sosial dan spiritualnya. 
2)       
  Melakukan
  pendinginan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik yang dianggap
  mampu, dan menjelaskan kepada peserta didik tujuan dan manfaat melakukan
  pendinginan setelah melakukan aktivitas fisik dan olahraga yaitu agar dapat
  melemaskan otot-otot dan tubuh tetap bugar (segar) 
3)       
  Menginformasikan tentang materi (ujian, materi terkait, materi
  lain) pada pertemuan berikutnya. 
4)       
  Setelah melakukan aktivitas pembelajaran, seluruh peserta didik
  dan guru berdoa dan bersalaman. 
 | 
  
20   
  menit 
 | 
 
I.      
Penilaian,
Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
a.       Teknik Penilaian: 
a)        
Penilaian Sikap             :    Observasi/pengamatan
b)       
Penilaian Pengetahuan  :    Tes
Tertulis
c)        
Penilaian Keterampilan :    Praktik
b.     
Instrumen
 Penilaian     :          Terlampir
1.        
Sikap                      :          lembar observasi
dan jurnal
2.        
Pengetahuan           :          soal uraian dan pilihan ganda
3.        
Unjuk kerja            :          lembar penilaian praktik
c.      
Remedial
§  Pembelajaran
remedial akan dilaksanakan apabila nilai peserta didik tidak memenuhi KKM yang
ada dan bc xisa dilaksanakan pada saat KBM
berlangsung atau bisa juga diluar jam pelajaran tergantung jumlah peserta didik
d.      Pengayaan
§  Peserta
didik yang telah mencapai diatas KKM, diberikan pengayaan dengan langkah sebagai
berikut:
§  Peserta
didik yang mencapai nilai 
 
   diberikan
materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
§  Siwa
yang mencapai nilai 
 
   diberikan
materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Mengetahui                                                         Samarinda,  12  Oktober 2017
Kepala SMAN 1 Samarinda                               Guru
Pamong
H. Budiono, S.Pd, M.Pd.                                 Drs. Herni
NIP. 19651108 199802 1 003                            NIP. 19580101 198803 1 021
                        Dosen Pembimbing                                            Mahasiswa PPL
                        Muhammad. Ramli B S.Pd.,M.Pd                  Nur Syamsudin Fikri
                        NIP. 19760324 200501 1 002                            NIM. 1405105005
A.      
Rubrik
Penilaian
1.      Penilaian
Pengetahuan
·      Soal
Uraian
·      Soal
Pilihan Ganda
No Soal 
 | 
  
Soal 
 | 
  
Jawaban 
 | 
 
1. 
 | 
  
Pada permainan bola voli
  pemain tidak akan terlepas dari gerakan passing. Biasanya saat bola datang
  dioperkan oleh kawan satu timnya maka sipenerima bola menyambut datangnya
  bola untuk  dipassing kebali ke teman
  satu tim.  
Mengapa saat passing bawah
  pada permainan voli kaki di tekuk ? 
 | 
  
Karena
  agar pada saat melakukan passing posisi badan dalam keadaan seimbang 
 | 
 
2. 
 | 
  
Perhatikan gambar di
  bawah ini ! 
Dari gambar tersebut
  diatas mengapa saat melakukan gerakan memasing bola tangan di rapatkan dengan
  posisi pangan lurus ? 
 | 
  
Karena
  agar bola yang akan di passing tidak mengarah keluar dan bola bisa di passing
  kearah yang teman 
 | 
 
3. 
 | 
  
Perhatikan
  gambar di bawah ini ! 
Mengapa
  pada saat menerima smash dari lawan tangan penerima smash harus kaku dan
  lurus ? 
 | 
  
·     
  Karena agar dalam
  menerima smash bola dapat memantul dengan sempurna kea rah teman 
 | 
 
4. 
 | 
  
Perhatikan
  gambar di bawah ini ! 
Pada permainan
  voli posisi tanan harus benar dan tepat. Jari-jari harus berada tepat di
  posisinya agar tidak terjadi cedera saat melakukan passing. 
Mengapa pada
  saat melakukan passing posisi jari jempol harus berada di atas dari jari yang
  lain ? 
 | 
  
·     
  Karena agar
  dalam melakukan passing bola dapat di arahkan sesuai yang kita mau  
 | 
 
5. 
 | 
  
Dalam permaina
  bola voli tidak lepas dengan gerakan passing bawah. Karena passing bawah
  adalah gerakan dasar untuk bermain bola voli. Mengapa gerakan passing bawah
  disebut sebagai gerakan dasar permainan bola voli ? 
A.     Karena gerakannya
  sulit 
B.     Karena gerakannya mudah 
C.     Karena gerakan passing bawah yang paling pertama diajarkan 
D.    Karena gerakan passing bawah paling banyak digunakan saat bermain voli 
E.     Karena gerakan passing bawah adalah gerakan yang paling efektif 
 | 
  
C 
 | 
 
6 
 | 
  
Saat melakukan
  passing bawah tangan harus dirapatkan dalam keadaan yang kokoh. Tangan yang
  kokoh akan memudahkan dalam melakukan passing bawah 
Bagaimana
  posisi tangan yang kokoh saat melakukan passing bawah ? 
                                          
  i.     
  posisi kedua jari saling
  menggenggam 
                                        
  ii.     
  posisi tangan lurus dengan
  jari jempol berada di atas dari jari lain 
                                      
  iii.     
  kaki di tekuk serta tangan
  lurus dan jempol berada di atas jari yang lain 
                                      
  iv.     
  tangan lurus jari salah
  saru jari jempol berada di atas 
                                        
  v.     
  tangan lurus dengan jari
  jempol berapa di bawah jari yang lian 
 | 
  
B 
 | 
 
7 
 | 
  
Pada saat melakukan
  passing kaki sedikit di tekuk dengan membentuk gerakan seperti kuda-kuda
  tengah. Gerakan ini sering dilakukan oleh para atlit bola voli di seluruh
  dunia 
Apa fungsi
  yang sesungguhnya dalam melakukan gerakan tersebut ? 
A.   
  sebagai faktor
  keseimbangan 
B.     sebagai faktor pendukung gerakan 
C.     sebagai faktor tambahan dalam gerakan 
D.    sebagai seni dalam melakukan gerakan passing 
E.     sebagai penunjang keberhasilan passing bawah 
 | 
  
A 
 | 
 
 Pedoman Pen-Skoran Soal Uraian :
Skor 4 = Jika semua jawaban
ditulis dengan benar dan lengkap
Skor 3 = Jika semua jawaban
ditulis dengan benar dan kurang lengkap
Skor 2 = Jika tidak semua jawaban
ditulis dengan benar 
Skor 1 = Jika semua jawaban
ditulis dengan kurang benar
Pedoman
Pen-Skoran Soal PG :
      Skor 1 = Jika Benar
      Skor 0 = Jika
Salah
Rubrik
Pen-Skoran Pengetahuan Soal Uraian
No 
 | 
  
Nama Peserta
  didik 
 | 
  
Skor No. Soal 
 | 
  
Total Skor 
( ∑ ) 
 | 
 |||
1. 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  ||
2. 
 | 
  ||||||
3. 
 | 
  ||||||
4. 
 | 
  ||||||
5. 
 | 
  ||||||
Dst 
 | 
  ||||||
No 
 | 
  
Nama Peserta
  didik 
 | 
  
Skor No. Soal 
 | 
  
Total Skor 
( ∑ ) 
 | 
 |||
1. 
 | 
  
5 
 | 
  
6 
 | 
  
7 
 | 
  
8 
 | 
  ||
2. 
 | 
  ||||||
3. 
 | 
  ||||||
4. 
 | 
  ||||||
5. 
 | 
  ||||||
Dst 
 | 
  ||||||
Rekapitulasi
Penilaian Pengetahuan
No 
 | 
  
Nama Peserta
  didik 
 | 
  
Skor Uraian 
(a) 
 | 
  
Skor PG 
(b) 
 | 
  
Total Skor 
(a + b) 
 | 
  
Nilai Akhir 
(Total
  Skor/20) x 100 
 | 
 
1. 
 | 
  |||||
2. 
 | 
  |||||
3. 
 | 
  |||||
4. 
 | 
  |||||
5. 
 | 
  |||||
Dst 
 | 
  
1.        
Penilaian Keterampilan
No 
Soal 
 | 
  
Soal 
 | 
  
Indikator
  Penilaian 
 | 
 
8. 
 | 
  
Praktikkanlah keterampilan gerak passing dan menangkap bola voli secara berpasangan selama 1 menit dengan
  menggunakan teknik berhadapan ! 
 | 
  
Keterampilan gerak passing
  bawah: 
1.  
  Sikap Awal 
2.  
  Sikap tubuh 
3.  
  Gerakan 
4.  
  Sikap Akhir 
Keterampilan gerak menangkap: 
1.  
  Sikap Awal 
2.  
  Sikap tubuh 
3.  
  Gerakan 
4.  
  Sikap Akhir 
 | 
 
9. 
 | 
  
Praktikanlah keterampilan gerak passing bawah secara individu
  selama 1 menit ! 
 | 
  
Keterampilan gerak memasing
  bola bola: 
1.  
  Sikap Badan 
2.  
  Pandangan 
3.  
  Pantulan Bola 
4.  
  Jumlah passing
  yang dilakukan yang dilakukan 
 | 
 
10. 
 | 
  
Praktikkanlah
   keterampilan
  gerak passing bawah berpasangan melewati net selama 1 menit ! 
 | 
  
Keterampilan gerak passing
  bawah 
1.   
  Sikap badan 
2.   
  Sikap kaki 
3.   
  Pandangan 
4.   
  Sikap tangan saat
  melakukan passing bola 
5.   
  Sikap tangan setelah melakuakn passing bola 
6.   
  Arah saat
  melaukan passing 
7.   
  Sikap akhir 
 | 
 
11. 
 | 
  
Praktikkanlah analisis
  keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan 3 lawan
  3 selama 2 menit menggunakan passing bawah! 
 | 
  
Analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan 3 lawan 3 : 
1.  
  Posisi pemain 
2.  
  Akurasi passing 
3.  
  Kemampuan
  mengontrol bola 
 | 
 
12. 
 | 
  
Praktikkanlah analisis
  keterampilan gerak permainan bola voli melalui
  permainan  4 lawan
  4 selama 2 (dua) menit menggunakan
  passing bawah! 
 | 
  
Analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan 4 lawan 4: 
1.  
  Posisi pemain 
2.  
  Akurasi passing 
3.  
  Kemampuan
  mengontrol bola 
 | 
 
13. 
 | 
  
Praktikkanlah analisis
  keterampilan gerak permainan bola voli melalui
  permainan  6
  lawan 6 selama 2 (dua) menit menggunakan
  passing bawah! 
 | 
  
Analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan 5 on 4: 
1.  
  Posisi pemain 
2.  
  Akurasi passing 
3.  
  Kemampuan
  mengontrol bola 
 | 
 
Pedoman
Penilaian Keterampilan
No. Soal 
 | 
  
Indikator
  Penilain 
 | 
  
Kriteria Penilaian 
 | 
 
8 
 | 
  
Keterampilan gerak
  melempar: 
1.   
  Sikap Awal 
2.  
  Gerakan 
3.  
  Sikap Akhir 
Keterampilan gerak memasing bola: 
1.   
  Sikap Awal 
2.   
  Gerakan passing 
3.   
  Sikap Akhir 
 | 
  
Keterampilan
  teknik melempar bola: 
1) Persiapan melakukan lempar bola:  
a)   
  Berdiri dengan sikap diam.  
b)  
  Bola dipegang dengan kedua
  tangan  
c)   
  Badan agak condong ke depan.  
2) Gerakan memasing bola: 
a)   
  Pantulkan bola kedepan dengan posis perkenaan bola berada di area lengan. 
b)  
  Arh bola ke depan dngan membentuk parabola 
3) Akhir gerakan melempar:  
a)   
  Berat badan dibawa ke depan  
b)  
  Kedua lengan lurus ke depan
  rileks  
c)   
  Pandangan mengikuti arah
  gerakan bola 
4)  akhir Gerakan Memasing bola  
a)  posisi tangan beradadi samping
  badan 
b) posisi badan tegak  
c) pandanga lurus kedepan 
 | 
 
9. 
 | 
  
Keterampilan gerak memasing
  bola bola: 
1.     
  Sikap Badan 
2.  
  Pandangan 
3.  
  Pantulan Bola 
4.     
  Jumlah passing
  yang dilakukan yang dilakukan 
 | 
  
Keterampilan gerak dasar
  passing bawah bola individu 
Cara melakukannya:  
Badan
  tegak dengan seluruh brt badan berapa pada kaki 
a)   
  Gerakan
  memasing bola berada di bagian lengan tangan dengan posisi kaki agak di tekuk 
b)  
  Ketinggian bola
  saat melaukan passing setinggi 2 meter dari kepala 
c)   
  Pandangan mata
  ketika melakukan passing adalah kea rah bola 
d)  
  Jumlah balikan yang dilakukan 
0-5  = skor 1 
6-10 = skor 2 
>11  = skor 3 
 | 
 
10. 
 | 
  
Keterampilan gerak passing
  bawah melewati net : 
1.     
  Sikap badan 
2.     
  Sikap kaki 
3.     
  Pandangan 
4.     
  Sikap tangan saat
  melakukan passing bola 
5.     
  Sikap tangan 
6.     
   setelah melakuakn passing bolaArah saat melaukan passing 
7.     
  Sikap akhir 
 | 
  
Menembak bola (shooting): 
1)  
  Diawali dengan persiapan
  berdiri tegak menghadap arah gerakan dalam sikap diam,
  posisi kaki sedikit
  di tekuk  
2)  
  Bola  di passing dengan posisi tangan di rapatkan
  satu sama lain  
3)  
  Pandangan ke arah bola.  
4)   Bentuk arah bola yang benar adalah menyerupai parabola atas melengkung.  
5)   Akhir gerakan kedua lengan di
  letakkan di samping badan rileks dan arah pandangan mengikuti arah gerak
  bola. 
6)   Hasil passing: 
0-9= skor 1 
10-19 = skor 2 
>20  = skor 3 
 | 
 
11. 
 | 
  
Analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan 3 lawan 3 : 
1.     
  Posisi pemain 
2.  
  Akurasi passing 
3.  
  Kemampuan
  mengontrol bola 
 | 
  
1.    Posisi pemain; mampu
  mencari posisi yang menguntungkan penyerangan bagi tim 
2.    Akurasi passing; mampu
  mengoper bola dengan akurat setiap kesempatan 
3.   
  Kemampuan mencetak angka; mampu memanfaatkan setiap
  peluang untuk mencetak angka 
 | 
 
12. 
 | 
  
Analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan 4 lawan 4: 
1.     
  Posisi pemain 
2.  
  Akurasi passing 
Kemampuan mengontrol bola 
 | 
  
1.    Posisi pemain; mampu
  mencari posisi yang menguntungkan penyerangan bagi tim 
2.    Akurasi passing; mampu
  mengoper bola dengan akurat setiap kesempatan 
3.   
  Kemampuan mencetak angka; mampu memanfaatkan setiap
  peluang untuk mencetak angka 
 | 
 
13. 
 | 
  
Analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan 6 lawan 6: 
1.     
  Posisi pemain 
2.     
  Akurasi passing 
3.     
  Kemampuan
  mengontrol bola 
 | 
  
1.    Posisi pemain; mampu
  mencari posisi yang menguntungkan penyerangan bagi tim 
2.    Akurasi passing; mampu
  mengoper bola dengan akurat setiap kesempatan 
3.   
  Kemampuan mencetak angka; mampu memanfaatkan setiap
  peluang untuk mencetak angka 
 | 
 
Rubrik
Penilaian Keterampilan
No Soal 
 | 
  
Nama Peserta
  didik 
 | 
  
Indikator
  Penilaian 
 | 
  
Skor 
 | 
 |||
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
 |||
8. 
 | 
  
Keterampilan gerak
  melempar: 
1.     
  Sikap Awal 
2.     
  Gerakan
  melempar 
3.     
  Sikap Akhir 
Keterampilan gerak memasing bola: 
1.     
  Sikap Awal 
2.     
  Gerakan passing 
3.     
  Sikap Akhir 
 | 
  |||||
9. 
 | 
  
Keterampilan gerak memasing
  bola bola: 
1.     
  Sikap Badan 
2.     
  Pandangan 
3.     
  Pantulan Bola 
4.     
  Jumlah passing
  yang dilakukan yang dilakukan 
 | 
  |||||
10. 
 | 
  
Keterampilan gerak passing
  bawah melewati net : 
1.     
  Sikap badan 
2.     
  Sikap kaki 
3.     
  Pandangan 
4.     
  Sikap tangan saat
  melakukan passing bola 
5.     
  Sikap tangan 
6.     
   setelah melakuakn passing bolaArah saat melaukan passing 
7.     
  Sikap akhir 
 | 
  |||||
11. 
 | 
  
Analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan 3 lawan 3 : 
1.     
  Posisi pemain 
2.     
  Akurasi passing 
3.     
  Kemampuan
  mengontrol bola 
 | 
  |||||
12. 
 | 
  
Analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan 4 lawan 4: 
1.     
  Posisi pemain 
2.     
  Akurasi passing 
3.     
  Kemampuan
  mengontrol bola 
 | 
  |||||
13. 
 | 
  
Analisis keterampilan gerak permainan bola voli melalui permainan 6 lawan 6: 
1.     
  Posisi pemain 
2.     
  Akurasi passing 
3.     
  Kemampuan
  mengontrol bola 
 | 
  |||||
Pedoman
Penskoran:
Sangat
baik     : 4 
(
Sikap kaki, sikap tangan, posisi tubuh dan gerakan akhir sesuai dengan teknik
yang benar).
Baik                 : 3
(
Sikap kaki, sikap tangan, posisi tubuh dan gerakan akhir ada salah satu yang
kurang sesuai dengan teknik yang benar ).
Cukup             : 2
(
Sikap kaki, sikap tangan, posisi tubuh dan gerakan akhir sebagian kurang sesuai
dengan teknik yang benar ).
Kurang
           : 1
( Sikap kaki, sikap tangan,
posisi tubuh dan gerakan akhir seluruhnya kurang sesuai dengan teknik yang
benar ).
Pengolahan Penilaian Keterampilan
Nomor 8
a.                                Skor maksimal tiap nomor soal = 4 ...
(a)
b.                                                        
Skor Maksimal = 24 .... (b)
c.                                                        
Nilai yang diperoleh peserta didik = Skor
yang diperoleh (a)  X 100
                                                                                    Skor maksimal (b)
Nomor 9
a.                                                        
Skor maksimal tiap nomor soal = 4 ...
(a)
b.                                                        
Skor Maksimal = 20 .... (b)
c.                                                        
Nilai yang diperoleh peserta didik = Skor
yang diperoleh (a)  X 100
                                                                                    Skor maksimal (b)
Nomor 10
a.                                                        
Skor maksimal tiap nomor soal = 4 ...
(a)
b.                                                        
Skor Maksimal = 32 .... (b)
c.                                                        
Nilai yang diperoleh peserta didik = Skor
yang diperoleh (a)  X 100
                                                                                    Skor maksimal (b)
Nomor 11
s/d 13
a.                                                        
Skor maksimal tiap nomor soal = 4 ...
(a)
b.                                                        
Skor Maksimal = 12 .... (b)
c.                                                        
Nilai yang diperoleh peserta didik = Skor
yang diperoleh (a)  X 100
                                                                                    Skor maksimal (b)
Pengolahan
Nilai Akhir
No 
 | 
  
Nama Peserta
  didik 
 | 
  
Tes
  Keterampilan 
 | 
  
Nilai Akhir 
(Capaian
  Optimum) 
 | 
 |||||
Soal No.8 
 | 
  
Soal
  No.9 
 | 
  
Soal
  No.10 
 | 
  
Soal
  No.11 
 | 
  
Soal
  No.12 
 | 
  
Soal
  No.13 
 | 
 |||
4 
 | 
  
5 
 | 
  
6 
 | 
  
7 
 | 
  
8 
 | 
  
9 
 | 
  |||
1. 
 | 
  ||||||||
2. 
 | 
  ||||||||
3. 
 | 
  ||||||||
4. 
 | 
  ||||||||
5. 
 | 
  ||||||||
6. 
 | 
  ||||||||
7. 
 | 
  ||||||||
8. 
 | 
  ||||||||
9. 
 | 
  ||||||||
Dst 
 | 
  ||||||||
0 comments:
Post a Comment