RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMPModel
Mata Pelajaran :Penjasorkes
Kelas/semester :VII/Satu
Materi Pokok : Senam Lantai
Alokasi Waktu : 2pertemuan (6 JP)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan
menghayati
ajaran
agama yang
dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi,gotongroyong),
santun,
percayadiri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan
lingkungan
sosial dan
alam dalam
3. jangkauan
pergaulan dan
keberadaannya.
4. Memahami
pengetahuan
(faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang
ilmu
pengetahuan,
teknologi,
seni
budaya terkait fenomena
dan kejadian
tampak mata.
5. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah
konkret
(menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat)
dan ranah
abstrak
(menulis,
membaca, menghitung,
menggambar, dan
mengarang)
sesuai
dengan yang
dipelajari
di sekolah dan
sumber
lain yang
sama dalam sudut pandang /teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.1.a. Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah
pelajaran.
1.1.c.Membiasakan berperilaku baik dalam berolah
raga dan latihan.
|
1. Berdoa sebelum pelajaran
2. Berdoa sesudah pelajaran
3. Menggunakan pakaian olahragasecara
tepat dan sopan.
|
|
2.2
Bertanggungjawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta
menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
|
1. Mengembalikan alat-alat
olahraga ke tempatnya setelah menggunakan.
2. Berhati-hati dalam melakukan
gerakan olahraga
3. Menjalankan peraturan
keselamatan dalam senam (menyadari ruang gerak, menjaga teman yang sedang
melakukan).
|
|
3.6 Memahami konsep
gabungan pola gerak dominan dalam bentuk rangkaian keterampilan dasar senam lantai.
|
1. Menjelaskan konsep gerak
mengguling dengan benar.
2. Menjelaskan konsep gerak
keseimbangan dengan benar.
3. Menjelaskan konsep rangkaian
gerak guling depan dan headstand dengan benar
4. Menjelaskan konsep
rangkaiangerak guling belakang dan sikap lilin dengan benar
|
|
4.6. Mempraktikkan gabungan pola gerak dominan menuju teknik dasar senam lantai.
|
1. Melakukan rangkaian gerakan
guling depan dan headstand dengan koordinasi yang baik
2. Melakukan rangkaian gerakan
guling belakang dan sikap lilin dengan koordinasi yang baik
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah melalui proses pembelajaran peserta didik
dapat:
1.
terbiasamemanjatkan doa
sebelum dan sesudah pelajaran dengan khusuk.
2.
menunjukkan perilaku
tanggungjawabpada keselamatan diri dan kelompok.
3.
menunjukkan perilaku disiplin
menjalankan peraturan keselamatan diri dan kelompok.
4.
menjelaskan manfaat aktivitas
senam lantai untuk kebugaran dengan benar.
5.
menjelaskan konsep gerakan
roll (mengguling) dengan benar
6.
menjelaskan konsep gerakan
keseimbangan (balance) dengan benar.
7.
menjelaskan cara merangkai
gerakan rolldan headstanddengan benar.
8.
melakukan rangkaian gerakan rolldan
sikap lilindengan koordinasi yang baik
Pertemuan 2
Setelah
melalui proses pembelajaran peserta didik dapat:
1.
terbiasa memanjatkan doa
sebelum dan sesudah pelajaran dengan khusuk.
2.
menunjukkan perilaku
tanggungjawab terhadap keselamatan diri dan kelompoknya.
3.
menunjukkan perilaku disiplin
dalam menjalankan peraturan keselamatan.
4.
menjelaskan cara melakukan
rangkaian gerakan roll dan sikap lilin dengan benar
5.
memperagakan rangkaian gerakan
roll dan sikap lilin dengan koordinasi yang baik.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Pertemuan 1
Rangkaian Rolldan
Headstand(balance)
2.
Pertemuan 2
Rangkaian Rolldan Sikap lilin (balance)
E.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Ilmiah
2.
Pendekatan Kooperatif
F.
Sumber Belajar
Muhajir dan Sutrisno, Budi. 2013.Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan KesehatanSMP/MTs Kelas VII.
cetakanKe-1. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif. Hal: 169-182
Muhajir dan Sutrisno, Budi. 2013. Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTs Kelas
VII. cetakanKe-1. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif. Hal: 138-143
G.
Media Pembelajaran
1. Media
Judul Video :Senam lantai 1 tahun 2012. Sri Winarni
2.Alat dan bahan
1. Laptop :
1 buah
2. LCD : 1 buah
3. Screen monitor: 1 buah
4. Matras :
8 buah
5. Bola :
8 buah
6. Simpai :
8 buah
7. Cone :
8 buah
8. Balok kayu : 8
buah
9. Arena :
Ruang serba guna SMP...
H.
Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
Pertemuan 1
a.
Pendahuluan
(25menit)
1.
Menyiapkan peserta didik dalam
barisan empat bersyaf melengkung (semua peserta didik dapat melihat guru)
2.
Dipimpin berdoa untuk
keselamatan dalam pembelajaran dan kebermanfaatan.
3.
Mengecek kehadiran semua
peserta didik dan menanyakan kesehatan mereka secara umum.
4.
Menjelaskan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai pada hari itu.
5.
Memotivasi siswa dengan
menjelaskan manfaat aktivitas senam lantai untuk kebugaran jasmani, untuk
membangun sikap keberanian.
6.
Melakukan apersepsi dengan
membandingkan gerak benda dengan bentuk bulat, segi tiga, dan persegi.
Menganalogikan gerakan benda yang dapat dilakukan manusia.
7.
Melakukan pemanasan dalam
bentuk bermain aksi reaksi, penguluran, pelemasan, penguatan diutamakan untuk
otot-otot yang akan banyak digunakan untuk melakukan guling ke depan, guling ke
belakang, dan headstand: otot perut, otot punggung, otot lengan, persendian
(sambil menjelaskan fungsi dari setiap gerakan)
b.
Kegiatan inti (80 menit)
Kegiatan 1
Mengamati
1. Peserta didik dibagi ke dalam kelompok kecil yang terdiri
dari 4 orang (putra/putri sendiri) dengan kemampuan awal yang bervariasi.
2. Dalam kelompok kecil peserta didik mengidentifikasi
gerakan dari benda dengan bentuk bulat, segitiga, dan persegi. (dituangkan
dalam lembar observasi) dalam waktu 5 menit:
Hal yang diamati
|
Bulat
|
Segitiga
|
Persegi
|
Sifat benda
|
Stabil/labil
|
||
Luas alas
|
|||
Kesimpulan
|
Mempertanyakan. Dalam
kelompok peserta didik mempertanyakan
hal-hal yang berkaitan dengan konsep gerak mengguling dan balance(misalnya: (1) Mengapa benda bulat bersifat labil? (2) Mengapa
benda berbentuk segitiga atau persegi bersifat stabil?).
Mengeskplorasi
Dalam kelompok kecil peserta didik:
1.
Mencoba melakukan gerak labil
(mengguling) ke depan untuk ...
2.
Mencoba melakukan gerak guling
ke belakang untuk ...
3.
Peserta didik melakukan gerak
stabil headstand.
Setiap siswa harus bertanggungjawab atas hasil observasi
kelompok.
Mengasosiasi
1.
Setiap kelompok menemukan
kesalahan yang sering dilakukan pada gerakan roll.
2.
Menemukan cara untuk menjaga
keseimbangan (posisi stabil) dengan benar.
3.
Peserta didik dalam
kelompoknya dapat menemukan konsep gerak labil dan stabil yang sering terjadi
dalam melakukan gerak mengguling dan balance.
Mengomunikasikan
1.
Semua kelompok dikumpulkan,
masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pengamatan.
2.
Semua kelompokberdiskusi dan melakukan
refleksi.
3.
Peserta didik menunjukkan
sikap respek pada orang lain dengan mendengarkan secara seksama setiap ada
orang lain yang berpendapat.
Kegiatan 3:
Mengamati
1.
Peserta didik memperhatikan
penjelasan mengenai peraturan keselamatan dari guru.
2.
Setiap anggota kelompok
bergantian meniru gerakan benda berbentuk bulat (menggelinding) dengan mendapat
dorongan dari temannya agar dapat bergerak. (Penekanannya agar setiap anggota
kelompok saling menjaga keselamatan anggota kelompoknya). Teman yang tidak
melakukan mengamati gerakan temannya. (waktu 10 menit).
Fokus yang diamati
|
Keterangan
|
||
Bentuk tubuh diawal gerakan
|
Bulat
|
Mendekati bulat
|
Tidak bulat
|
Bentuk tubuh saat bergerak
|
Bulat
|
Mendekati bulat
|
Tidak bulat
|
Bentuk tubuh diakhir gerakan
|
Bulat
|
Mendekati bulat
|
Tidak bulat
|
Gerakan
|
Mengelinding lurus
|
Menggelinding tidak lurus
|
Tidak menggelinding
|
Kesimpulan
|
Setiap kelompok mendiskusikan hasil pengamatannya.
Kegiatan 4
1.
Mengamati video gerakan guling
ke depan, guling ke belakang, dan sikap lilin.
2.
Dalam kelompok kecil peserta
didik diminta mengamati (waktu 5 menit)
Fokus yang diamati
|
Sikap awal
|
Saat bergerak
|
Sikap akhir
|
Dagu
|
|||
Lutut
|
|||
Tangan
|
|||
Kaki
|
Kesimpulan
: .................................
3.
Dalam kelompok kecil peserta
didik menganalisis hasil pengamatan terhadap teman di kelompoknya dengan hasil
pengamatan pada tayangan video.
4.
Hasil pengamatan
dikomunikasikan kepada anggota kelompok yang diamati. (peserta didik menghargai
pendapat observer).
5.
Lakukan reflkesi bersama.
Kegiatan 5
Mengamati.
1.
Peserta didik memperhatikan penjelasan cara membantu teman
melakukan guling ke depan, guling ke belakang, dan headstand.
Mempertanyakan.
1.
Dalam kelompok kecil, peserta
didik mempertanyakan hal berkaitan dengan cara menjaga keselamatan diri dan
orang lain.
2. Berdasarkanhasilpengamatan,
kembangkanlahsejumlahpertanyaan yang akan kalian tanyakan,
diskusikanpertanyaanapa yang akan kalian ajukan, dankemudiantuliskandalamlembarkerja
siswa (LKS) yang
telahtersedia?
3. Guru memeriksapertanyaan yang
dikembangkanolehkelompok, danmemintakelompok yang paling baikmengajukanpertanyaanuntukmembacakannya.
Mengeksplorasi.
1.
Setiap peserta didik
bergantian melakukan latihan gerakan guling ke depan sikap awal dari jongkok, dengan
dibantu oleh temannya. Masing-masing melakukan latihan dengan pengulangan.
2.
Peserta didik yang tidak
melakukan atau membantu, bertugas mengamati gerakan yang dilakukan.
Fokus
yang diamati
|
Keterangan
(isi dengan angka 1,2,3,4,5,6,7)
|
Tangan
|
|
Dagu
|
|
Lutut
|
|
Kaki
|
Keterangan:
1.
Kedua tangan yang bertumpu
tidak tepat (dibuka terlalu lebar atau terlalu sempit, terlalu jauh atau
terlalu dekat) dengan ujung kaki.
2.
Tumpuan salah satu atau kedua
tangan kurang kuat, sehingga keseimbangan badan kurang sempurna, akibatnya
badan jatuh kesamping
3.
Bahu tidak diletakkan di
matras saat tangan dibengkokkan.
4.
Kedua tangan tidak menolak
matras saat mengguling.
5.
Dagu terbuka sehingga tidak
membentuk bulatan
6.
Lutut terlalu rapat sehingga
dagu terbuka.
7.
Kedua kaki tidak ditolakkan
saat mulai gerakan.
Masukan :
|
Pengamat
:
..............................................
Yang
diamati: ..............................................
Kegiatan 6
1.
Lomba rangkaian gerak roll dan
balanceantar kelompok.
2.
Tiap peserta didik akan
berlomba dengan peserta didik dari kelompok lain sesuai urutan nomer tampil.
(no urut 1 akan berlomba dengan no urut 1 dari kel lain).
3.
Yuri perlombaan terdiri dari 8
peserta didik yang berasal dari perwakilan kelompok.
4.
Skor akhir adalah gabungan
skor yang diperoleh dari setiap anggota kelompok.
c.
Penutup (15 menit)
1.
Peserta didik melakukan
pelemasan dan pelepasan
2.
Peserta didik bersama guru,
melakukan refleksi.
Ajukan kepada peserta didik pertanyaan:
1)
Apa yang telah kalian
pelajari hari ini?
2)
Apa yang kalian
pikirkan tadi pada saat akan melakukan guling ke depan atau guling ke belakang?
3)
Bagaimana perasaan kalian
sebelum dan setelah melakukan gerakan?
4)
Mengapa kalian tadi
mendekatkan dagu ke dada selama berguling ke depan?
5)
Bagaimana cara
membantu teman yang akan berguling ke depan?
6)
Bagaimana cara
membantu teman yang akan berguling ke belakang?
7) Apa
yang harus diperhatikan ketika kita melakukan gerakan berguling?
8) Apa yang
harus diperhatikan ketika melakukan gerakan headstand?
3. Pesertadidikbersama
guru menyimpulkankonsepgerakanmengguling, gerakan
keseimbangan dan merangkai gerakan.
4.
Peserta didik menerima tugas
latihan penguatan otot perut (sit up)
dan otot tangan (pushup) untuk
persiapan materi minggu depan rangkaian roll dan sikap lilin.
5.
Peserta didik bersama-sama
guru berdoa
6.
Setiap kelompok mengembalikan
alat ke tempat penyimpanan dengan tertib.
Pertemuan2
Pendahuluan
(25menit )
1.
Menyiapkan peserta didik dalam
barisan empat bersyaf setengah lingkaran (semua peserta didik dapat melihat
guru)
2.
Dipimpin berdoa untuk
keselamatan dalam pembelajaran dan kebermanfaatan.
3.
Mengecek kehadiran semua
peserta didik dan menanyakan kesehatan mereka secara umum.
4.
Menjelaskan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai pada hari itu.
5.
Melakukan apersepsi dengan mengajukan
pertanyaan kepada peserta didik tentang berbagai gerakan stabil dan labil.
6.
Mendiskusikan berbagai
kemungkinan menggabungkan pola gerak dasar (gerak stabil dan labil).
7.
Melakukan pemanasan dalam
bentuk bermain aksi reaksi berkelompok, penguluran, pelemasan, penguatan
diutamakan untuk otot-otot yang akan banyak digunakan untuk melakukan guling dan
sikap lilin: otot tangan, otot punggung, otot perut, persendian (sambil
menjelaskan fungsi dari setiap gerakan).
d.
Kegiatan inti (80 menit)
Mengamati
Peserta
didik mengamati video gerakan sikap lilin.
Mempertanyakan
1.
Dalam kelompok kecil, peserta
didik mempertanyakan konsep gerakan sikap lilin melalui diskusi.
2. Peserta
didik mempertanyakan dalam kelompoknya, dengan panduan guru: Berdasarkanhasilpengamatan,
kembangkanlahsejumlahpertanyaan yang akan kalian tanyakan,
diskusikanpertanyaanapa yang akan kalian ajukan, dankemudiantuliskandalamLKS yang telahtersedia?
3. Guru memeriksapertanyaan yang dikembangkanolehkelompok,
danmemintakelompok yang paling baikmengajukanpertanyaanuntukmembacakannya.
Mengeksplorasi
1.
Peserta didik mengulang
latihan guling ke depan bergiliran, berbaris rapi dibagi sesuai jumlah matras
yang tersedia. Setiap peserta didik harus antri sesuai giliran, menghargai
teman, dan melakukan aktivitas sesuai peraturan dan perintah guru.
2.
Dalam kelompok kecil peserta
didik melakukan latihan sikap lilin dibantu teman.
3.
Peserta didik melakukan
latihan sikap lilin tanpa bantuan teman
4.
Dalam kelompok kecil, peserta
didik melakukan rangkaian sikap lilin dan guling ke belakang.
Mengasosiasi
Dalam kelompok kecil peserta didik menemukan cara yang
tepat untuk melakukan gerakan sikap lilin dan menjaga keseimbangan tubuh.
Mengomunikasikan
Setiap kelompok mewakilkan anggotanya untuk memperagakan
rangkaian roll dan sikap lilin.
c.
Kegiatan Penutup
1. Seluruhkelompokdikumpulkan,
guru mengumumkanjuaranya. Dalam kegiatan ini guru
menggiring siswa pada sikap menghargai kemenangan dengan pertanyaan:
1)
Bagaimana perasaan kalian sebagai
pemenang?
2)
Bagaimana perasaan kalian sebagai
kelompok yang kalah?
3)
Mengapa bisa menang, mengapa
kalah?
Dalamkelompokmasing-masing,pesertadidikmelakukanpendinginandenganmelakukanpijatberantai.
2.
Melakukan refleksi:
dengan mengajukan kepada peserta didik pertanyaan:
1)
Apa yang telah kalian
pelajari hari ini?
2)
Apa yang kalian
pikirkan tadi pada saat akan melakukan sikap lilin?
3)
Bagaimana perasaan kalian
sebelum dan setelah melakukan gerakan?
4)
Bagaimana cara
membantu teman yang akan sikap lilin?
5)
Bagaimana cara
membantu teman yang akan berguling ke belakang?
6)
Apa yang harus
diperhatikan ketika kita melakukan gerakan berguling?
7)
Apa yang harus diperhatikan saat melakukan gerak
keseimbangan (headstand, sikap lilin)?
8)
Otot-otot apa saja yang harus kuat saat melakukan gerakan
keseimbangan?
3.
Memberitugaskelompok:
mencaribentuk-bentukvarisasigerakangulingkedepan,gulingkebelakang, sikap lilin, dan headstand.
4.
Menyampaikanmateriuntukpertemuan yang akandatang.
5.
Mengakhiri pembelajaran dengan
doa untuk mensyukuri keselamatan dan kesehatan dalam pembelajaran.
I.
Penilaian
1.
Sikap spiritual
a.
TeknikPenilaian: Observasi
b.
Bentuk Instrumen:
Lembar observasi
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Indikator penilaian Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran
|
1
|
|
Menggunakan pakaian dan sepatu olahraga ketika
berolahraga
|
2
|
2.
Sikap sosial
a.
TeknikPenilaian: Penilaian sejawat (antar teman)
b.
Bentuk Instrumen: skala
sikap
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Tanggung jawab diri dan orang lain
|
1
|
|
Tanggung jawab alat
|
2
|
|
Kedisiplinan
|
3
|
Instrumen:
lihat Lampiran 1
3.
Pengetahuan
a.
TeknikPenilaian: Portofolio
b.
Bentuk Instrumen: daftar
cek
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menjelaskan konsep gerak mengguling dengan benar
|
1
|
2.
|
Menjelaskan konsep gerak keseimbangan dengan benar
|
2
|
3.
|
Menjelaskan pola gabungan gerakan guling ke depan dan headstand dengan rangkaian yang benar
|
3
|
4.
|
Menjelaskan pola gabungan gerakan guling ke
belakang dan sikap lilindengan
rangkaian yang benar
|
4
|
Instrumen: lihat Lampiran 3
4.
Keterampilan
a.
TeknikPenilaian:Observasi
b.
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
|
Merangkai guling ke depan dan headstand
|
1, 2, 3, 4, 5, 6
|
|
Merangkai guling belakang dan sikap lilin
|
1, 2, 3, 4, 5, 6
|
Instrumen:
lihat Lampiran 2
..., .............................. 20...
Menyetuji:
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
________________________ _________________________
NIP. ... NIP.
...
Lampiran 1 Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial:
Lembar Observasi Sikap Spiritual
No.
|
Perilaku yang diharapkan
|
Pengamat
|
|
Teman
(Skor)
|
Guru
(Skor)
|
||
1.
|
Melakukan doa sebelum dan sesudah pelajaran
|
||
2.
|
Menggunakan pakaian olahraga yang santun saat
pembelajaran penjasorkes
|
||
Jumlah skor maksimal : 16
|
Nilai
sikap spiritual = Jumlah skor : Jumlah
skor maksimal X 100
Lembar Observasi Sikap Sosial
No.
|
Perilaku yang diharapkan
|
Pengamat
|
|
Teman (Skor)
|
Guru (Skor)
|
||
1.
|
Berhati-hati atas keselamatan diri dan orang lain dalam
melakukan latihan
|
||
2.
|
Merespon dengan baik penampilan orang lain
|
||
3.
|
Menerima masukan hasil observasi dengan baik
|
||
4.
|
Mentaati peraturan dalam mengikuti pelajaran
|
||
Jumlah skor maksimal = 16
|
Nilai
sikap spiritual = Jumlah skor : Jumlah
skor maksimal x 100
Petunjuk PenilaianSikap Spiritual dan Sosial :
SKOR
|
NILAI KUALITATIF
|
4
|
Sangat Baik
|
3
|
Baik
|
2
|
Cukup
|
1
|
Kurang
|
Rubrik Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
RENTANG SKOR
|
NILAI
|
NILAI KUALITATIF
|
76 - 100
|
SB
|
Sangat Baik
|
51 - 75
|
B
|
Baik
|
26 - 50
|
C
|
Cukup
|
≥ 25
|
K
|
Kurang
|
Lampiran 2 Penilaian Keterampilan
Lembar Observasi Keterampilan
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Kualitas Gerakan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Rangkaian gerak guling ke depan dan headstand
|
||||
2.
|
Headstand
|
||||
3.
|
Guling depan
|
||||
4.
|
Rangkaian gerak guling belakang dan sikap lilin
|
||||
5.
|
Guling belakang
|
||||
6.
|
Sikap lilin
|
Petunjuk Penilaian :
Kriteria rangkaian gerak guling ke depan dan headstand
yang benar:
1. Melakukan
headstand dilanjutkan guling depan
2. Rangkaian
gerakan lurus
3. Rangkaian
langsung tanpa jeda berhenti
4. Rangkaian
terlihat dinamis
Kriteria guling depan yang benar:
1. Kedua
tangan menumpu meletakkan tengkuk di matras
2. Badan
dibulatkan
3. Menjaga
arah gerakan lurus
4. Kembali
ke posisi semula
Kriteria melakukan headstand yang benar :
1. Kedua
kaki terlepas dari lantai bertumpu pada kepala dan kedua tangan
2. Badan
terlihat kencang tegak lurus terhadap bidang tumpuan
3. Lutut
lurus kaki runcing
4. Bertahan
mimimal dua detik
Kriteria rangkaian gerak guling ke belakang dan sikap
lilin
1. Melakukan
setengah guling belakang dilanjutkan sikap lilin
2. Rangkaian
gerakan lurus
3. Rangkaian
langsung tanpa jeda berhenti
4. Rangkaian
terlihat dinamis
Kriteria guling belakang yang benar:
1. Kedua
tangan diangkat disamping telinga
2. Badan
dibulatkan
3. Kedua
tangan mendorong badan ke belakang
4. Kembali
ke posisi semula
Kriteria sikap lilin yang benar:
1. Mengangkat
kedua kaki dan pinggul
2. Kedua
tangan menyangga pinggang
3. Kedua
kaki dan badan kencang tegak lurus dengan lantai
4. Bertahan
minimal dua detik
Petunjuk Penilaian:
SKOR
|
KETERANGAN
|
4
|
Jika peserta didik memenuhi kriteria 1,2,3,4
|
3
|
Jika peserta didik memenuhi kriteria 1,2,3
|
2
|
Jika peserta didik memenuhi kriteria 1,2
|
1
|
Jika peserta didik memenuhi kriteria 1
|
Lampiran 3 Pengetahuan
Instrumen Penilaian Pengetahuan Rangkaian Gerak Dasar Senam Lantai
No.
|
Butir Pertanyaan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Jelaskan konsep mengguling (roll) dalam senam lantai
|
||||
2.
|
Jelaskan konsep keseimbangan (balance)
|
||||
3.
|
Jelaskan bagaimana merangkai gerakan guling ke depan
dan headstand yang benar.
|
||||
4.
|
Jelaskan bagaimana merangkai gerakan guling ke belakang
dan sikap lilin yang benar.
|
||||
Jumlah skor maksimal = 16
|
Nilai Pengetahuan Rangkaian Gerak Dasar Senam =
= Jumlah Skor : jumlah skor maksimal x 100
Konsep gerak mengguling (roll):
1.
Gerak labil
2.
Luas alas makin kecil makin mudah mengguling
3.
Bentuk tubuh makin bulat mudah menggelinding
4.
Ada tolakan dari kaki dan kedua tangan
Konsep gerak keseimbangan (balance)
1.
Gerak stabil
2.
Luas alas makin lebar makin stabil
3.
Memiliki Kekuatan otot perut dan tangan
4.
Makin rendah makin stabil
Kriteria rangkaian gerakan guling ke depan dan headstand:
1. Diawali gerakan headstand dilanjutkan guling depan
2. Rangkaian
gerakan lurus
3. Rangkaian
langsung tanpa jeda berhenti
4. Rangkaian
terlihat dinamis
Kriteria rangkaian gerak guling ke belakang dan sikap
lilin
1. Melakukan
setengah guling belakang dilanjutkan sikap lilin
2. Rangkaian
gerakan lurus
3. Rangkaian
langsung tanpa jeda berhenti
4. Rangkaian
terlihat dinamis
Petunjuk Penilaian
SKOR
|
KETERANGAN
|
4
|
Jika peserta didik menjawab kriteria 1,2,3,4
|
3
|
Jika peserta didik menjawabriteria 1,2,3
|
2
|
Jika peserta didik menjawab kriteria 1,2
|
1
|
Jika peserta didik menjawab kriteria 1
|
Lampiran 4 Lembar Penilaian Yuri
Nomer urut :................................
Kelompok :.................................
Nama :................................
No.
|
Kesalahan
|
Pemotongan Nilai
|
||
Kecil
(0,1)
|
Sedang
(0,2)
|
Besar
(0,3)
|
||
1.
|
Kedua tangan yang bertumpu tidak tepat (dibuka
terlalu lebar atau terlalu sempit, terlalu jauh atau terlalu dekat) dengan
ujung kaki.
|
|||
2.
|
Tumpuan salah satu atau kedua tangan kurang kuat,
sehingga keseimbangan badan kurang sempurna, akibatnya badan jatuh kesamping
|
|||
3.
|
Bahu tidak diletakkan di matras saat tangan
dibengkokkan.
|
|||
4.
|
Kedua tangan tidak menolak matras saat
mengguling.
|
|||
5.
|
Dagu terbuka sehingga tidak membentuk bulatan
|
|||
6.
|
Lutut terlalu rapat sehingga dagu terbuka.
|
|||
7.
|
Kedua kaki tidak ditolakkan
saat mulai gerakan mengguling.
|
|||
8.
|
Gerak keseimbangan dilakukan
kurang dari 2 detik
|
|||
9.
|
Lutut ditekuk
|
|||
10.
|
Lutu terbuka
|
|||
11.
|
Badan tidak kencang
|
|||
12.
|
Ada jeda saat melakukan
rangkaian
|
|||
13.
|
Tidak yakin melakukan
gerakan
|
|||
Total :
|
Yuri :..........................................
(.........................)
Lampiran 5 Lembar Rekap
Penilaian untuk Guru
0 comments:
Post a Comment