Model Pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan)

Sunday, March 11, 2018




       Model Pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan)

a.       Pengertian Index Card Match (Mencari Pasangan)
Menurut Zaini (2008: 67)) model pembelajaran Index Card Match (mencari pasangan) adalah model pembelajaran yang cukup menyenangkan, digunakan untuk mengulang materi yang telah diberikan sebelumnya. Materi baru pun tetap bisa diajarkan dengan catatan peserta didik diberi tugas mempelajari topik yang akan diajarkan terlebih dahulu sehingga peserta didik ketika masuk ruangan kelas sudah memiliki bekal pengetahuan. Dengan model pembelajaran Index Card Macth, peserta didik dapat belajar aktif dan berjiwa mandiri. Walaupun dilakukan dengan cara bermain, model pembelajaran Index Card Macth dapat merangsang peserta didik untuk melakukan aktivitas belajar secara bertanggung jawab dan disiplin sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan prestasi belajar dapat meningkat. Asek-aspek dalam pembelajaran Index Card Match menurut Maryati (2010: 13):
1)      Sifat dan tujuan; Mereview atau mengulang materi yang telah dipelajari sebelumnya. Jika materi yang dipelajari masih baru, sebelumnya peserta didik diberi tugas untuk mempelajarinya terlebih dahulu.
                        2)      Media Pembelajaran; Kartu atau potongan kertas.
                        3)      Topik/konsep; Satu pertanyaan, satu jawaban.
4)      Presentasi hasil; Peserta didik yang mempunyai kartu soal membacakannya secara keras ke seluruh peserta didik secara bergantian. 
5)      Peran pasangan; Peserta didik yang mempunyai kartu soal : membacakan.
6)      Peserta didik yang mempunyai kartu jawaban : mencocokan jawaban teman-temannya atas pertanyaan pada kartu soal yang sesuai (dengan pasangannya).
7)      Penilaian; Berdasarkan kemampuan setiap pasangan (peserta didik) menjawab soal yang dibacakan oleh pasangannya.
8)      Banyaknya babak; Satu babak
9)      Kegiatan penutup; Klarifikasi dan kesimpulan.

b.      Kelebihan dan Kelemahan

Handayani (2009: 1) menyatakan bahwa terdapat kelebihan dan dan kelemahan pada model pembelajaran Index Card Match:

1.                  Kelebihan model pembelajaran Index Card Match:
a)                  Menumbuhkan kegembiraan dalam proses pembelajaran.
b)                 Materi pembelajaran yang disampaikan dapat lebih menarik perhatian peserta didik.
c)                  Mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan.
d)                Mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik mencapai taraf ketuntasan belajar.
e)                  Penilaian dapat dilakukan bersama pengamat/observer dan pemain (peserta didik).
f)                   Terjadi proses diskusi dan presentasi dapat menguatkan topik/konsep yang hendak diulang maupun topik yang baru.

2.      Kelemahan model pembelajaran Index Card Match:
a)              Membutuhkan waktu yang lama bagi peserta didik untuk menyelesaikan tugas dan presentasi.
b)             Guru harus membuat persiapan yang matang dengan waktu yang lebih lama.
c)              Menuntut sifat tertentu dari peserta didik untuk bekerja sama dalam menyelesaikan masalah.
d)            Suasana      kelas      menjadi     ”gaduh”     sehingga      dapat mengganggu kelas lain.
e)              Kurang efektif apabila satu kelas peserta didiknya banyak (gemuk).
Model Pembelajaran ini membutuhkan kerja sama antara dua peserta didik, mereka harus mencari pasangannya dengan teliti.
c.            Langkah – langkah dalam model pembelajaran Index Card Match
Langkah–langkah dalam model pembelajaran Index Card Match
(mencari pasangan) menurut Zaini (2008: 67):

1)      Guru membuat potongan kertas (kartu) sebanyak jumlah peserta
2)      didik yang ada di kelas.
3)      Kertas tersebut dibagi menjadi dua bagian yang sama.
4)      Pada separuh kertas, ditulis pertanyaan tentang materi yang akan
5)      diajarkan. Setiap kertas berisi satu pertanyaan.
6)      Pada separuh kertas yang lain, ditulis jawaban dari pertanyaan-
7)      pertanyaan yang sudah dibuat.
8)      Sebelum dibagikan, kartu dikocok terlebih dahulu sehingga akan
9)      tercampur antara soal dan jawaban.

10)  Setiap peserta didik diberi satu kartu. Guru menjelaskan bahwa ini adalah aktivitas yang dilakukan berpasangan. Separoh  peserta didik mendapat soal dan separohnya  lagi  akan mendapat jawaban.
11)  Mintalah peserta didik untuk mencari dan menemukan pasangan
12)  mereka. Jika sudah ada yang menemukan pasangan, minta mereka untuk duduk/berdiri berdekatan. Terangkan agar mereka tidak memberitahu materi yang mereka dapatkan kepada peserta didik yang lain.
13)  Setelah semua peserta didik menemukan pasangan dan duduk/berdiri berdekatan, minta setiap pasangan bergantian untuk membacakan soal yang diperoleh dengan keras kepada teman-teman yang lain. Selanjutnya soal tersebut dijawab oleh pasangan-pasangan yang lain.
14)  Akhiri pembelajaran ini dengan membuat klarifikasi dan kesimpulan.

0 comments:

Post a Comment

Soal PTS Online kelas 8 Mts Al-Masyhuriyah

Soal PTS Online kelas 8 Mts Al-Masyhuriyah Kerjakan soal dengan benar sehingga mampu meraih nilai terbaik Memuat…

Popular Posts