Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)



  Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT

 

a.              Pengertian Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT
Numbered Head Together (NHT) atau penomoran berfikir bersama adalah merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional. Numbered Head Together (NHT) dikembangkan oleh Spenser Kagen (1993) untuk melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercangkup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut (Trianto. 2009: 82). Sedangkan menurut A’la (2010:100) Numbered Head Together (NHT) adalah suatu metode belajar berkelompok dan setiap siswa diberi nomor kemudian guru memanggil nomor dari siswa secara acak.
Numbered Head Together (NHT) memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membagikan ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. NHT ini juga mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerjasama mereka. NHT ini bisa digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan usia anak didik (Lie, A. 2002: 59).
Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif struktural khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dalam memperoleh materi yang tercangkup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran.
Menurut Suyatno (2009: 53) tipe NHT (Numbered Head Together) adalah salah satu tipe dari pembelajaran kooperatif dengan langkah sebagai berikut:
1)          Mengarahkan.
   2)         Membuat kelompok heterogen dan tiap siswa,memiliki nomer tertentu.
  3)       Memberikan persoalan materi bahan ajar (untuk tiap kelompok sama tapi untuk tiap siswa tidak sama sesuai dengan nomor siswa, tiap siswa dengan nomor sama mendapat tugas yang sama
  4)      Mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan nomor siswa yang sama sesuai tugas masing-masing sehingga terjadi diskusi kelas.
  5)        Mengadakan kuis individual dan membuat skor perkembangan tiap siswa.
  6)        Mengumumkan hasil kuis dan memberikan reward.
Menurut Trianto (2009: 82) sebagai pengganti pertanyaan langsung kepada seluruh kelas, guru menggunakan 4 langkah struktur Number Heads Together yaitu :
1)  Langkah -1 : Penomoran; Guru membagi siswa ke dalam kelompok beranggotakan 3 sampai 5 orang secara heterogen dan kepada setiap anggota kelompok diberi nomor 1 sampai 5.
2)  Langkah -2 : Pengajuan pertanyaan; Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa. Pertanyaan dapat bervariasi dan spesifik dalam bentuk kalimat tanya.
3)  Langkah -3 : Berpikir Bersama
Siswa menyatakan pendapat terhadap jawaban pertanyaan itu dan meyakinkan tiap anggota dalam timnya mengetahui jawaban tersebut.
4)   Langkah -4 : Pemberian Jawaban; Guru menyebut nomor tertentu kemudian siswa yang nomornya dipanggil mengacungkan      tangannya      dan mencoba      menjawab pertanyaan untuk seluruh kelas.
Dalam    pelaksanaannya,     langkah-langkah     tersebut    dapat dikembangkan sebagai berikut :

Pendahuluan

1)                 Menginformasikan materi yang akan dibahas atau mengaitkan materi yang akan dibahas dengan materi yang lalu.
2)                 Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai secara rinci dan menjelaskan model pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)                 Memotivasi siswa agar timbul rasa ingin tahu tentang konsep
-konsep yang akan dipelajari.

Kegiatan Inti

Langkah ke-1 : Penomoran
Kegiatan ini diawali dengan membagi siswa ke dalam kelompok yang beranggotakan 5 orang siswa dan setiap anggota kelompok diberi nomor 1sampai dengan 5.
Langkah ke-2 (Mengajukan Pertanyaan)
1)        Menjelaskan materi secara sederhana
2)        Mengajukan pertanyaan Langkah ke-3 (Berpikir Bersama)
1)        Pada langkah ini siswa memikirkan pertanyaan yang akan diajukan oleh guru.
  2)        Menyatukan pendapat dengan jalan mengerjakan LKS di bawah bimbingan guru dan memastikan bahwa tiap anggota kelompoknya sudah mengetahui jawabannya.
Langkah ke-4 (Pemberian Jawaban)
1)  Pada langkah ini guru memanggil salah satu nomor dari salah satu kelompok secara acak.
2)  Siswa yang disebut nomornya dalam kelompok yang bersangkutan mengacungkan tangannya.
3)  Mencoba menjawab untuk seluruh kelas dan ditanggapi oleh kelompok lain.
4)  Jika jawaban dari hasil diskusi kelas sudah dianggap betul, siswa diberi kesempatan untuk mencatat dan apabila jawaban masih salah, guru akan mengarahkan.
5)  Guru memberikan pujian kepada siswa/kelompok yang menjawab betul.

               b.   Menghitung Skor Individual dan Tim

Perhitungan skor peningkatan (point kemajuan)individu dihitung berdasarkan skor  awal, dalam penelitian ini didasarkan pada nilai pre test dan nilai evaluasi. Berdasarkan skor awal setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk memberikan sumbangan skor maksimal bagi kelompoknya berdasarkan skor tes yang diperolehnya. Adapun penghitungan skor peningkatan individu pada penelitian ini  diambil dari penskoran peningkatan individu yang dikemukakan Slavin, E.R. (2010:159) seperti pada tabel di bawah ini :
 

Tabel. Pedoman Pemberian Skor Perkembangan Individu


Skor Kuis/ Evaluasi
Poin Kemajuan
Lebih dari 10 point di bawah skor awal
5
10 - 1 point di atas skor awal
10
Skor awal sampai 10 point di atas skor awal
20
Lebih dari 10 point di atas skor awal
30
Kertas jawaban sempurna (terlepas dari skor awal)
30

Adapun format lembar penyekoran kuis ditunjukkan pada tabel berikut ini :

Tabel Format Lembar Penskoran Kuis




No


Siswa
Tgl : ……..
Tgl : ………
Kuis : ……
Kuis : …….
Skor Awal
Skor Kuis
Skor Peningkatan
Skor Awal
Skor Kuis
Skor Peningkatan
1.







2.







3.







4.







5.







(Sumber, Slavin, E.R. 2009:162)
Perhitungan skor tim dilakukan dengan cara menjumlahkan masing-masing skor peningkatan individu dan hasilnya dibagi sesuai    jumlah    anggota    kelompok.    Pemberian  penghargaan diberikan berdasarkan perolehan skor rata-rata yang dikategorikan pada tiga tingkatan, yaitu tim baik, tim hebat, dan tim super. Langkah-langkah penentuan dan penghargaan skor tim adalah sebagai berikut :
Tabel Kriteria Penghargaan Skor Tim




Kriteria Rata-Rata Tim (x)
Predikat
0≤ x ≤ 5
-
5 ≤ x ≤ 15
Tim Baik
15 ≤ x ≤ 25
Tim Hebat
25 ≤ x ≤ 30
Tim Super
Sumber: Trianto, 2009:72

     c.   Kelebihan dan Kelemahan NHT

Menurut a’la (2010: 100) pembelajaran kooperatif tipe NHT mempunyai kelebihan dan kelemahan sebagai berikut:
1)             Kelebihan
a)   Setiap siswa dalam belajar menjadi siap semua.
b)   Dapat melakukan diskusi dengan sungguh-sungguh.
c)   Siswa yang pandai dapat mengajari siswa yang kurang pandai.
2)             Kelemahan
a)   Kemungkinan nomor yang sudah dipanggil, dipanggil lagi oleh guru.
b)   Tidak semua anggota kelompok dipanggil oleh guru.
Dari kelebihan dan kelemahan di atas dapat disimpulkan bahwa NHT tidak cocok untuk jumlah siswa yang banyak karena membutuhkan waktu yang lama, namun proses pembelajaran siswa tidak hanya sekedar paham dengan konsep yang diberikan, tetapi juga memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dengan teman-temannya. Siswa juga belajar untuk mengemukakan pendapat dan menghargai teman.
 kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
                                    1)             Setiap peserta didik mendapat satu buah kartu.
2)             Setiap peserta didik memikirkan jawaban atas soal dari kartu yang dipegang.
                                    3)             Setiap peserta didik mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok  
                              dengan kartunya (jawaban soal).
                                   4)             Setiap peserta didik yang dapat mencocokan kartuya sebelum batas waktu 
                             diberi point.
                                   5)             Setelah satu babak, kartu dikocok lahi agar setiap peserta didik mendapat 
                             kartu yang berbeda dari sebelumnya.
                                  6)             Kesimpulan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)"

Post a Comment

Langkah-Langkah Pengembangan Penilaian Teknik Tes

                     Langkah Pengembangan Penilaian 1.       Langkah-langkah pengembangan Penilaian teknik tes a)           ...