BAB I
PENDAHULUAN
Pada
bab ini diuraikan hal-hal mengenai A. Latar Belakang Masalah, B. Rumusan
Masalah, C. Tujuan Penelitian, D. Manfaat Penelitian, E. Asumsi Penelitian, F.
Lingkup Penelitian, G. Difinisi Operasional Judul.
A. Latar Belakang Masalah
Sarana prasarana merupakan salah satu bagian yang strategis dalam
pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan kata lain, lengkap dan tidak lengkapnya
sarana prasarana pembelajaran turut mempengaruhi maksimal dan tidak maksimalnya
ketercapaian tujuan pembelajaran. Sarana yang lengkap bisa memudahkan guru
untuk mengejar target-target tertentu yang menjadi tujuan pembelajaranya.
Begitu sebaliknya, sarana yang tidak lengkap akan menyulitkan bagi guru dalam
mencapai target-target tujuan pembelajaranya.
Ini pula yang terjadi pada pembelajaran lempar cakram di MTs
Al-Ikhlas Mongge, Desa Sukadana Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Kondisi
nyata di sekolah, media cakram hanya tersedia 2 buah, 1 untuk putri dan 1 untuk
putra. Sementara rata-rata siswa di MTs AL-Ikhlas Mongge berjumlah 30 –
36 orang, jadi komparasi antara jumlah cakram dan jumlah siswa adalah 1 : 18
putra/putri. Jelas dari gambaran tersebut bahwa proses pembelajaran lempar cakram
menjadi tidak efektif, dan akibatnya bahwa target yang ingin dicapai dalam proses
pembelajaran tidak maksimal.
Situasi dan kondisi ini sudah berjalan cukup lama dan sekolah sampai
detik ini belum bisa memenuhi sarana cakram tersebut sampai batas yang cukup
memadai atau kondisi ideal, misalnya dengan perbandingan 1 : 2 ( 1 cakram untuk
2 orang ). Hal ini bisa dimengerti, karena sekolah mempunyai kebutuhan yang
sangat banyak dan hampir semuanya mempunyai tingkat urgensitas yang tinggi
untuk dipenuhi oleh Sekolah. Sehingga menuntut Sekolah untuk menyediakan cakram
sesuai dengan kondisi ideal, merupakan suatu yang tidak realistis dan lebih
jauhnya bisa menimbulkan gejolak dan iklim yang tidak kondusif di Sekolah.
Oleh karena itu perlu sebuah
pemecahan masalah yang sederhana dan bisa
dilakukan oleh guru. Melihat
permasalahan di atas, maka satu pemikiran yang muncul adalah bahwa perlu adanya
sebuah media alternatif modifikasi untuk mengganti cakram yang memang harganya cukup
mahal. Media alternatif modifikasi tersebut harus bersifat bisa mewakili
karakteristik cakram, murah, banyak tersedia
atau mudah didapat.
Dari beberapa kriteria media alternatif modifikatif untuk mengganti
cakram tersebut nampaknya piring plastik bisa dijadikan media alternatif
modifikatif untuk mengganti cakram. Dari segi bentuk, jelas ada kemiripan
dengan bentuk cakram, dari segi ketersediaan dan harga, maka piring plastik
sangat mudah sekali didapat di pasar-pasar tradisional dengan harga sangat
murah.
Dari permasalahan tersebut di atas maka peneliti menentukan judul /
permasalahan penelitian tindakan kelas ini “ Efektifitas Proses Belajar
Pembelajaran Lempar Cakram Menggunakan Media
Piring Plastik Pada Siswa Didik Tahun Pelajaran 2013/2014.
B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang tersebut di atas, maka ditentukan rumusan
masalah sebagai berikut “ Apakah media modifikasi piring plastik dapat meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar lempar cakram di MTs Al-Ikhlas
Mongge” ?.
C. Tujuan penelitian
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui
sejauhmana media modifikasi piring plastik dapat meningkatkan efektifitas belajar lempar cakram di MTs Al-Ikhlas
Mongge
D. Manfaat penelitian
1.
Manfaat Teoritis
a. Bagi siswa
Siswa lebih partisipatif dalam proses pembelajaran cempar cakram
b. Bagi guru
Selain menambah pengalaman dalam penggunaan media belajar yang di
modifikasi juga membuat pengajaran lempar cakram menjadi lebih efektif
2.
Manfaat Praktis
a. Bagi Guru Penjas Orkes
Bisa mencoba media modifikasi piring plastik dalam pembelajaran
lempar cakram apabila cakram tidak tersedia dalam jumlah yang memadai, dan bisa
menjadi inspirasi pengetahuan untuk menemukan media modifikasi yang lainnya
dalam cabang penjas lainnya.
b. Bagi sekolah
Adanya peningkatan kualitas pembelajaran dan pengajaran yang
berakibat terhadap peningkatan kualitas siswa dan guru, sehingga pada akhirnya
akan mampu meningkatkan kualitas sekolah secara keseluruhan.
untuk lebih lanjunya silahkan download di link dibawah ini :
0 comments:
Post a Comment