Contoh Skripsi Lempar Cakram

BAB I
PENDAHULUAN
Pada bab ini diuraikan hal-hal mengenai A. Latar Belakang Masalah, B. Rumusan Masalah, C. Tujuan Penelitian, D. Manfaat Penelitian, E. Asumsi Penelitian, F. Lingkup Penelitian, G. Difinisi Operasional Judul.

A. Latar Belakang Masalah
Sarana prasarana merupakan salah satu bagian yang strategis dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan kata lain, lengkap dan tidak lengkapnya sarana prasarana pembelajaran turut mempengaruhi maksimal dan tidak maksimalnya ketercapaian tujuan pembelajaran. Sarana yang lengkap bisa memudahkan guru untuk mengejar target-target tertentu yang menjadi tujuan pembelajaranya. Begitu sebaliknya, sarana yang tidak lengkap akan menyulitkan bagi guru dalam mencapai target-target tujuan pembelajaranya.
Ini pula yang terjadi pada pembelajaran lempar cakram di MTs Al-Ikhlas Mongge, Desa Sukadana Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah.   Kondisi nyata di sekolah, media cakram hanya tersedia 2 buah, 1 untuk putri dan 1 untuk putra. Sementara rata-rata siswa di MTs AL-Ikhlas Mongge berjumlah 30 – 36 orang, jadi komparasi antara jumlah cakram dan jumlah siswa adalah 1 : 18 putra/putri. Jelas dari gambaran tersebut bahwa proses pembelajaran lempar cakram menjadi tidak efektif, dan akibatnya bahwa target yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran tidak maksimal.
Situasi dan kondisi ini sudah berjalan cukup lama dan sekolah sampai detik ini belum bisa memenuhi sarana cakram tersebut sampai batas yang cukup memadai atau kondisi ideal, misalnya dengan perbandingan 1 : 2 ( 1 cakram untuk 2 orang ). Hal ini bisa dimengerti, karena sekolah mempunyai kebutuhan yang sangat banyak dan hampir semuanya mempunyai tingkat urgensitas yang tinggi untuk dipenuhi oleh Sekolah. Sehingga menuntut Sekolah untuk menyediakan cakram sesuai dengan kondisi ideal, merupakan suatu yang tidak realistis dan lebih jauhnya bisa menimbulkan gejolak dan iklim yang tidak kondusif di Sekolah.
 Oleh karena itu perlu sebuah pemecahan masalah yang sederhana dan  bisa dilakukan oleh guru.  Melihat permasalahan di atas, maka satu pemikiran yang muncul adalah bahwa perlu adanya sebuah media alternatif modifikasi untuk mengganti cakram yang memang harganya cukup mahal. Media alternatif modifikasi tersebut harus bersifat bisa mewakili karakteristik cakram, murah,  banyak tersedia atau mudah didapat.
Dari beberapa kriteria media alternatif modifikatif untuk mengganti cakram tersebut nampaknya piring plastik bisa dijadikan media alternatif modifikatif untuk mengganti cakram. Dari segi bentuk, jelas ada kemiripan dengan bentuk cakram, dari segi ketersediaan dan harga, maka piring plastik sangat mudah sekali didapat di pasar-pasar tradisional dengan harga sangat murah.
Dari permasalahan tersebut di atas maka peneliti menentukan judul / permasalahan penelitian tindakan kelas ini “ Efektifitas Proses Belajar Pembelajaran Lempar Cakram Menggunakan Media  Piring Plastik Pada Siswa Didik Tahun Pelajaran 2013/2014.


B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang tersebut di atas, maka ditentukan rumusan masalah sebagai berikut “ Apakah media modifikasi piring plastik dapat  meningkatkan efektifitas proses  belajar mengajar lempar cakram di MTs Al-Ikhlas Mongge” ?.
C. Tujuan penelitian
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui sejauhmana media modifikasi piring plastik dapat  meningkatkan efektifitas belajar lempar cakram di MTs Al-Ikhlas Mongge
D. Manfaat  penelitian
1. Manfaat Teoritis
a. Bagi siswa
Siswa lebih partisipatif dalam proses pembelajaran cempar cakram
b. Bagi guru
Selain menambah pengalaman dalam penggunaan media belajar yang di modifikasi juga membuat pengajaran lempar cakram menjadi lebih efektif
2. Manfaat Praktis
a.  Bagi Guru Penjas Orkes
Bisa mencoba media modifikasi piring plastik dalam pembelajaran lempar cakram apabila cakram tidak tersedia dalam jumlah yang memadai, dan bisa menjadi inspirasi pengetahuan untuk menemukan media modifikasi yang lainnya dalam cabang penjas lainnya.

b.  Bagi sekolah
Adanya peningkatan kualitas pembelajaran dan pengajaran yang berakibat terhadap peningkatan kualitas siswa dan guru, sehingga pada akhirnya akan mampu meningkatkan kualitas sekolah secara keseluruhan.

untuk lebih lanjunya silahkan download di link dibawah ini :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Skripsi Lempar Cakram"

Post a Comment

Langkah-Langkah Pengembangan Penilaian Teknik Tes

                     Langkah Pengembangan Penilaian 1.       Langkah-langkah pengembangan Penilaian teknik tes a)           ...