RPP Bola Voly Revisi 2017





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)





MATA PELAJARAN     : PJOK
KELAS /SEMESTER    : X/GANJIL
MATERI POKOK           : PERMAINAN BOLA VOLI








DIREKTORAT PEMBINAAN SMA
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
2018



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                         :         SMA Negeri 1 Samarinda
Mata pelajaran          :         Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester         :         X/Ganjil
Materi Pokok             :         Permainan Bola Voli
Alokasi Waktu           :         1x 3 × 45 menit

A.      Kompetensi Inti
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial (rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan pantang menyerah) dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

KI3:      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4:     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KOMPETENSI DASAR DARI KI 3
KOMPETENSI DASAR DARI KI 4
3.1  Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
4.1 Mempraktikan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi yang baik.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1        Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerakan passing atas Bola voli untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
3.1.2        Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar pasing atas permainan bolavoli
3.1.3        Menyebutkan jenis-jenis teknik dasar permainan bolavoli yang dapat divariasikan  dan dikombinasikan.
3.1.4        Menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolavoli

4.1.1        Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pasing atas permainan bolavoli
4.1.2        Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang baik.
4.1.3        Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar pasing atas bolavoli dalam permainan sederhana
4.1.4        Melakukan berbagai teknik dasar permainan bolavoli ( passing atas )



C.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model resiprokal dengan pendekatan saintifik, peserta didik dapat berpikir kritis dan kreatif dalam menganalisis keterampilan gerak dalam bola voli beserta rencana perbaikan, kemudian kreatif dan terampil mengomunikasikan koordinasi gerak dalam mempraktikan keterampilan dalam permainan bola voli, dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, disiplin dan pantang menyerah selama proses pembelajaran.
D.      Materi Pembelajaran
Permainan Bola Voli
Teknik Pasing Atas
E.       Metode/Model Pembelajaran
Pendekatan
:
Saintifik
Metode
:
Diskusi kelompok, tanya jawab, permainan dan penugasan
Model
:
Resiprokal

F.       Media/Alat
1. Media :
a. Power point materi pembelajaran.
b. Video keterampilan permainan bola voli.
2. Alat dan Bahan Pembelajaran :
a. Laptop dan LCD proyektor
b. Bola
c. Kun
d. Peluit
e. Stopwacth
G.       Sumber Belajar
a.      Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
b.      Buku referensi lain yang sesuai

H.      Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN
Berdo’a, presensi,  apersepsi, motivasi, dan penjelasan tujuan pembelajaran.Apersepsi, membangun , peminatan, motivasi dan penjelasantujuan pembelajaran.
15 menit
KEGIATAN INTI
1.      Memberikan rangsangan/stimulus












2.      Identifikasi masalah

















3.      Pengumpulan data














4.      Pembuktian










5.      Menarik kesimpulan
Mengamati
·         Siswa mengamati video yg di tayangkan di depan kelas yang telah di persiapkan guru.
·         Guru menugaskan siswa untuk memperhatikan video dengan seksama dan teliti
·         Siswa berdiskusi ttg teknik Pasing Atas,
·         Guru menugaskan siswa untuk membaca buku materi PJOK untuk sbg sumber informasi lain
·      Siswa mengidentifikkasi masalah bagaimana teknik Pasing Atas.
·      Peserta didik mengamati pertandingan bola voli secara langsung dan atau di TV dan membuat catatan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar bola voli (Pasing Atas).
·      Peserta didik bermain bola voli dan yang lainnya mengamati pertandingan tersebut, dan membuat catatan tentang tentang variasi dan kombinasi (Pasing Atas) yang dilakukan oleh temannya selama bermain.

Menanya
·         Guru menugaskan siswa utk menentukan masalah kaitannya dgn teknik Pasing Atas, passing atas dan servis dg koordinasi yg baik
·         Siswa merumuskan masalah melalui tayangan video dan buku yang telah di baca.
·         Siswa mendiskusikan untuk menentukan teknik Pasing Atas yang benar.
·         Siswa menyampaikan pada kelompok lain dan menaggapinya berkaitan dgn teknik Pasing Atas dan servis
·         Peserta didik secara bergantian saling bertanya tentang teknik variasi dan kombinasi teknik dasar bola voli, misalnya : bagaimana jalannya bola jika (Pasing Atas) dengan cara 1, apa yang akan terjadi bila menggunakan cara 2 untuk (Pasing Atas), manakah yang lebih hasilnya, bagaimana pergerakan bola bila merobah titik perkenaan bola dengan tangan,?
·       Peserta didik saling bertanya tentang manfaat permainan bola voli terhadap kesehatan
·        Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan bola voli
·         Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi permainan bola voli

Mengumpulkan informasi

·      Guru meminta siswa untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin kaitan dengan masalah yg sdh di kumpulkan tadi
·         Siswa mencoba mempraktikan materi apa yg telah di dapat dihadapan kelas.
·      Melakukan Pasing Atas dengan berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok dengan menunjukkan perilaku kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Mendiskusikan setiap teknik dasar variasi teknik permaian bola voli (Pasing Atas) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·         Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknikvariasi permaian bola voli permainan bola voli (Pasing Atas) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·         Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi teknik dasar permaian bola voli (Pasing Atas) dengan benar dan membuat kesimpulannya.

Menalar

·         Guru menugaskan siswa untuk menilai hasil komunikasi siswa lain dengan menggunakan format penilaian
·         Menemukan hubungan perkenaan bola dengan    tangan dengan jalannya/pergerakan bola saat melakukan passing
·         Menemukan hubungan posisi togok dengan jalannya/pergerakan bola
·         Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam variasi dan kombinasi teknik permaian bola voli (Pasing Atas) dengan menunjukkan perilaku kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.

Mengkomunikasikan

·      Guru menugaskan siswa untuk Mempresentasikan serta menarik kesimpulan dari semua pembahasan di atas dengan menunjukan perilaku disiplin,kerja sama, toleransi dantanggung  jawab    selama melakukan aktifitas.
·      Melakukan permainan bola voli dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan variasi dan kombinasi teknik permainan bola voli (Pasing Atas) serta menunjukkan perilaku kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·         Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permainan

105 Menit
PENUTUP
·         Pendinginan.
·         Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi Permainan Bola Voli
·         Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi permainan bola voli
·         Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari            hasil pembelajaran, Berbaris berdo’a dan dibubarkan
15    enit

I.        Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
a.        Teknik Penilaian:
a)         Penilaian Sikap                             :          Observasi/pengamatan
b)         Penilaian Pengetahuan                :           Tes Tertulis / lisan
c)         Penilaian Keterampilan              :           Praktik
b.      Bentuk Penilaian               :          
1.          Observasi                      :           lembar pengamatan aktivitas peserta didik
2.          Tes tertulis                    :           Essay
3.          Unjuk kerja                    :           lembar penilaian praktik
c.       Instrumen Penilaian (terlampir)
d.       Remedial
§  Pembelajaran remedial akan dilaksanakan apabila nilai peserta didik tidak memenuhi KKM yang ada dan bisa dilaksanakan pada saat KBM berlangsung atau bisa juga diluar jam pelajaran tergantung jumlah siswa
e.        Pengayaan
§  Peserta didik yang telah mencapai diatas KKM, diberikan pengayaan dengan langkah sebagai berikut:
§   Peserta didik yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
§   Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.



LAMPIRAN
1. Pengertian dan Asal-Usul Bolavoli 


Permainan bolavoli adalah suatu cabang olahraga yang dilakukan dengan mem-volley bola di udara hilir mudik di atas jaring atau net, dengan maksud dapat menjatuhkan bola di dalam petak lapangan lawan untuk mencari kemenangan dalam bermain. Mem-volley dan memantulkan bola ke udara dapat mempergunakan bagian tubuh mana saja (asalkan sentuhan/pantulannya harus sempurna). Pada mulanya bolavoli dimainkan untuk aktivitas rekreasi, bagi para usahawan. Permainan bolavoli berkembang dan menjadi populer di daerah pariwisata dan dilakukan di lapangan terbuka, di Amerika Serikat pada musim panas. Selanjutnya berkembang ke Kanada. Melalui gerakan internasional YMCA, permainan bolavoli meluas ke negara lainnya, yaitu Kuba (tahun 1905), Puerto Rico (tahun 1909), Uruguay (tahun 1912), dan Cina serta Jepang (tahun 1913). Di Indonesia permainan bolavoli berkembang sangat pesat, sehingga timbul klub-klub di kota besar di seluruh Indonesia. Dengan dasar itulah, maka pada tanggal 22 Januari 1945 PBVSI (Persatuan Bolavoli Seluruh Indonesia) didirikan di Jakarta bersamaan dengan kejuaraan nasional bolavoli yang pertama. Pertandingan bolavoli masuk acara resmi dalam PON II di Jakarta dan POM I di Yogyakarta. Setelah tahun 1962 perkembangan bolavoli seperti jamur tumbuh di musim hujan. Sumber: 
2. Pembelajaran Teknik Dasar Permainan Bolavoli 
Permainan bolavoli merupakan permainan beregu bola besar yang memerlukan keterampilan dan kerja sama yang baik. Kerja sama yang terjalin akan menghasilkan sebuah prestasi yang baik pula. Tanpa kerja sama mustahil sebuah kemenangan akan didapatkan. Untuk itu diperlukan teknik-teknik permainan yang beragam, baik individu maupun tim. Jadi, bagaimanakah cara mempelajari teknik dasar permainan bolavoli yang benar? Permainan bolavoli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola di udara secara efisien dan efektif dipindahkan ke dareah lawan melalui net sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal. Teknik dasar permainan bolavoli antara lain: Pasing Atas, passing atas, smash dan spike, servis, dan bendungan. Teknik-teknik dasar permainan bolavoli tersebut akan diuraikan satu-persatu sebagai berikut. Sebelum kamu mempelajari teknik dasar permainan bolavoli, coba kamu bermain bolavoli yang dimodifikasi. Dalam bermain, kamu diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi. Sambil bermain coba kamu amati dan rasakan sentuhan bola dengan jari-jari tangan yang mana mudah dilakukan.
 Cara bermain bolavoli yang dimodifikasi adalah sebagai berikut.
1) Cari temanmu 3 atau 4 orang.
2) Pasanglah seutas tali/net di tengah lapangan dengan ketinggian 1,5 – 2 meter.
3) Kemudian kedua regu membuat formasi berbanjar dan saling berhadapan.
4) Mula-mula regumu melempar bola ke lapangan lawan.
5) Kemudian regu lawan berusaha mengembalikannya dengan menggunakan passing atas.
6) Pemain yang telah mempassing bola, kemudian berlari berpindah ke lapangan lawan.
7) Lakukan aktivitas pembelajaran ini berulang-ulang secara bergantian.
8) Bola tidak boleh sampai menyentuh tali atau bola terjatuh.
9) Selama pembelajaran ini coba kamu amati dan rasakan perkenaan bola dengan telapak tanganmu, dan tenaga yang disalurkan ke bola sehingga bola memantul dengan baik.
10) Selama pembelajaran, coba lakukan saling mengoreksi gerakan yang dilakukan oleh temanmu.
11) Coba diskusikan dengan temanmu, cara mempassing bola yang bagaimana paling baik dilakukan dalam menyelesaikan passing bola.

Setelah kamu bermain bolavoli yang dimodifikasi, selanjutnya kamu mempelajari teknik dasar Pasing Atas permainan bolavoli yang benar. Teknik-teknik Pasing Atas permainan bolavoli tersebut akan diuraikan secara lengkap sebagai berikut.
a. Pembelajaran Teknik Dasar Passing 
Passing adalah mengoperkan bola kepada teman seregunya dengan teknik tertentu, sebagai langkah awal untuk menyusun pola serangan kepada regu lawan.
Yang dimaksud dengan passing dalam permainan bola voli adalah mengambil bola atau mengoperkan bola atau mengumpan bola kepada teman, tapi bila ada kesempatan yang baik, langsung di teruskan kepada lawan ,Untuk melakukan passing ada dua cara yaitu :
1.    Passing tangan atas (over hand pass)
Passing atas merupakan elemen yang penting, dalam permainan bola voli. Penguasaan tekhnik passing atas yang baik akan menentukan keberhasilan regu untuk membantu serangan yang baik. Apalagi jika dilakukan secara bervariasi, maka seluruh potensi penyerangan regu dapat dimanfaatkan. Proses pelaksanaan gerakan passing atas adalah sebagai berikut:
a.     Sikap permulaan
Ambil posisi dengan sikap siap untuk memainkan bola berdiri dengan kedua kaki terbuka selebar bahu, salah satu kaki berada di depan berat badan bertumpu pada tapak kaki bagian depan, lutut ditekuk dengan badan merendah,, tempatkan badan secepat mungkin di bawah bola,dengan kedua langan diangkat dan di tekuk,kedua tangan terbuka lebar jari-jari tangan terbuka membentuk mangkok seperti setengah lingkaan ibu jari dan tulunjuk membentuk segi tiga ,kedua siku tidak terlalu terbuka ke samping .
b.     Cara Pelaksanaan 
Tepat saat bola berada di atas, kedua tangan agak ditekuk pada siku maupun pergelangan tangan, tangan berada sedikit diatas dahi,. Perkenaan bola pada permukaan ruas jari-jari tangan terutama ruas pertama dan kedua, dan yang dominant mendorong bola adalah ibu
jari, jari telunjuk dan jari tengah,. Pada saat tangan bersentuhan bola jari-jari agak ditegangkan agar bola dapat memantul dengan baik kemudian bola didorong dengan menggerakkan pergelangan tangan diikuti dengan meluruskan siku .


B.     Bentuk – Bentuk Passing Atas
1.      Melakukan passing atas sendiri tetapi passing kita hitung oleh teman kita,permainan ini bergantian/2 orang. Cara melakukan latihan ini pemain membawa bola kemudian passing bola ke atas baik dengan pass atas, lakukan berulang – ulang dan usahakan bola tidak jatuh ke lantai atau tanah.
2.      Variasi dalam berlatih Toss dan Passing atas (mengoperkan dan mengarahkan). Latihan tos (mengoperkan) dan pass atas (mengarahkan) ini adalah latihan permulaan bagi pemain voli. Untuk berlatih toss dan pass atas voli membutuhkan sedikitnya dua pemain. Pemain pertama toss (melontarkan/ mengoperkan) bola secara mudah ke pemain dengan teknik toss (melontarkan/mengoperkan) dan passing atas (mengarakan) secara tepat.
3.      Passing atas berpasangan dan berhadapan.
pasangan melakukan yang kedua, sementara pemain kedua melakukan pass atas (mengarahkan) ke pemain pertama. Hal ini harus dilakukan pengulangan dengan jumlah tertentu  dan kemudian kedua pemain melakukan saling bergantian. Para pemain fokus pada passing atas (mengarahkan) satu sama lain teknik passing atas secara bergantian tanpa terjatuh. Pasangan berdiri berhadapan dengan jarak kurang lebih 2 meter. Latihan ini bertujuan untuk melatih ketepatan passing.
Ini adalah latihan yang baik untuk mengembangkan keterampilan setting (pengaturan) voli yang konsisten  melalui pengaturan yang berulang-ulang. Memiliki dua pemain mengatur/mengarahkan kembali dan bolak-balik ke satu sama lain.
4.      Passing atas berpasangan rulling kebelakang
Setiap pasangan minimal 4 orang saling berhadapan dengan jarak 2 meter melakukan passing atas secara bergantian (rotasi) tanpa terjatuh. Setiap anggota kelompok yang sudah melakukan passing atas langsung melakukan rotasi dengan lari ke arah baris paling belakang kelompoknya sampai tiba gilirannya kembali. Kemudian bersiap melakukan passing atas kembali. Jadi proses passing atas berlangsung terus. Hal ini untuk melatih ketepatan, feeling ball ,kerjasama dan daya tahan.
5.      Passing atas rotasi ke arah larinya bola atau rulling kedepan.
Setiap pasangan minimal 4 orang saling berhadapan dengan jarak 2-3 meter melakukan passing atas secara bergantian (rotasi). Proses latihan ini hampir sama dengan passing atas rotasi berpasangan. Namun perbedaan terletak pada cara melakukan rotasi. Setiap anak dalam 1 kelompok yang saling berhadapan melakukan rotasi ( perpindahan) ke laju bola. Anak yang sudah melakukan passing atas langsung lari mengikuti arah bola dan antri berada di kelompok yang berada di depannya pada posisi paling belakang. Begitu juga anggota kelompok yang satunya juga melakukan perpindahan mengikuti arah laju bola. Perputaran berlangsung secara sistematis dan arah passing atas bola selalu berada di depan orang yang akan melakukan passing atas. Untuk memudahkan melakukan latihan ini diperlukan kerjasama yang baik antara 2 kelompok tersebut. Latihan ini melatih unsur ketepatan,feeling ball,koordinasi,daya tahan.
6.      Passing Atas ke Dinding
Ada beberap pendapat para ahli mengenai passing atas ke dinding antara lain:
v  heo khelmen dan dleler kruber(1990:40) menyatakan:dengan melakukan passing atas ke dinding berturut-turut maka dapat menyempurnakan kemampuan mengarahkan bila.
v  Bonni Robisson (1991:44-46) mengatakan seorang pemain harus memperdalam kekuatan tangan untuk mendorong bola ke dinding dengan jarak antara 9-12 cm dari dinding atau tembok.
C.    Kombinasi Passing Atas dan Passing bawah
a.      Model Pembelajaran Kombinasi Keterampilan Gerak Dasar
Ø  Model 1. Kombinasi passing atas dan bawah.
Cara melakukan:
1.      Lakukan passing atas tegak lurus setelah bola turun lakukan pula passing bawah, dan setelah bola naik, melambung ke atas, lakukan lagi passing atas, dan seterusnya.
2.      Latihan kombinasi passing atas dan passing bawah. Untuk tahap pertama dilakukan di tempat, dan tahap kedua lakukan sambil berjalan.

b.      Latihan passing atas dan passing bawah (7 menit)
Aturan main :
1.      Luas area permainan setengah lapangn voli
2.      Semua anak baris berbanjar
3.      Permainan pertama dilakukan dengan cara anak no. 1 lari kesamping untuk menerima bola dengan passing atas kearah anak no. 2 dan lari menuju anak no. 2.
4.      Ketika anak no. 1 lari menuju anak no.2, dilanjutkan oleh anak dibelakangnya
5.      Kemudian anak no. 2 menerima passing dengan passing bawah dan lari menuju baris berbanjar dan dilanjutkan.

c.       Latihan passing atas dengan kombinasi passing bawah (8 menit).
1.    Luas area permainan setengah lapangn voli
2.    Dibentuk 2 regu dengan masing-masing 2 anak
3.    Setelah menerima dan memberikan anak saling bergantian dengan anak yang lain
4.    Permaian diawali anak no. 4 melempar bola kea rah anak no 2
5.    Kemudian anak no. 2 menerima dengan passing atas ke anak no. 3
6.    Anak no. 3 menerima bola dengan menggunakan passing bawah dan memasingkan ke anak no. 1
7.    Kemudian anak no. 1 menerima dengan pasing atas ke anak no. 4
8.    Dan anak no. 4 menerima dengan passing bawah dan memasingkan ke anak no.2      dan dilanjutkan bergantian

d.      Kombinasi passing atas dan passing bawah
1.      Orang pertama (1) melakukan passing bawah dan diberikan orang kedua,lalu lari kebelakang, sementara orang ke (3) pindah ke depan.
2.      Orang kedua (2) melakukan passing bawah dan diberikan orang ketiga (3),lalu lari ke belakang ,sementara orang keempat pindah kedepan..
3.      .Orang ketiga melakukan passing atas diberikan orang ke 4.Lalu lari ke belakang,sementara orang ke pertama maju lagi ke depan.
4.      Orang keempat melakukan passing atas diberikan orang pertama dan seterusnya kembali ke point 1.

e.       Kombinasi teknik dasar (passing atas dan bawah ) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
1.      Melakukan passing atas dan bawah dengan cara menangkap bola yang diawali dengan bola dilambung ke atas dan biarkan bola mantul dulu di tempat sambil berjalan (perorangan/berpasangan).
2.      Melakukan passing atas dan bawah dengan cara memukul bola dengan kedua belah lengan atas sambil berjalan dan di tempat (berpasangan/kelompok).
3.      Melakukan passing atas dan bawah sambil bergerak (perorangan/kelompok).
4.      Melakukan passing atas dan bawah langsung (berpasangan/kelompok).

INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
a.       Pengetahuan:

Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak Pasing Atas dalam permainan bolavoli.

No
Pertanyaan
Kriteria Persekoran
Jumlah


1
2
3
4
1
Jelaskan sikap awal kaki, tangan, dan pandangan ketika         akan melakukan teknik dasar Pasing Atas pada permainan bolavoli!





2
Jelaskan posisi kaki, tangan, dan pandangan       ketika melakukan
Pasing Atas pada permainan bolavoli!





3
Jelaskan sikap akhir kaki, tangan, dan pandangan ketika akan melakukan teknik dasar Pasing Atas pada permainan bolavoli!





4
Jelaskan rangkaian gerakan passing
bawah dalam permainan bolavoli !





5
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap awal dalam melakukan Pasing Atas pada permainan bolavoli!





6
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap perkenaan dalam melakukan passing
bawah pada permainan bolavoli!





7
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap akhir dalam melakukan Pasing Atas pada permainan bolavoli!





Keterangan:
1.              Skor 4: Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator (kaki, tangan, dan pandangan)
2.              Skor 3:     Jika peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
3.              Skor 2:     Jika peserta didik mampu menjelaskan salah satu indikator.
4.              Skor 1:     Jika peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan

Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =                                                        X 100
Jumlah skor maksimal
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Sekolah                         :         SMA Negeri 1 Samarinda
Mata pelajaran          :         Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester         :         X/Ganjil
Tahun Pelajaran       :         2017/2018

Aspek yang Diukur
Deskripsi Sikap yang Diukur
BT
MT
TN
1. Disiplin
Mengikuti pembelajaran bola  voli dari awal
sampai akhir



Berlatih secara individu tentang teknik bola voli



Bermain dengan menerapkan tekhnik-tekhnik permainan bola voli dengan mematuhi peraturan yang ada.



2. Kerja sama
Bersama-sama menyiapkan peralatan dan mengumpulkan bola pada saat pembelajaran selesai



Mau memberi umpan ketika bermain



Mau menjadi penjaga bola



3. Tanggung jawab
Mau mengakui kesalahan yang dilakukan



Tidak mencari cari kesalahan teman



Mengerjakan tugas yang diterima



Keterangan:

a.    BT     : Belum Tampak
b.   MT     : Mulai Tampak
c.    TN      : Tampak Nyata

b.      Menggunakan instrumen penilaian
Guru, peserta didik yang bersangkutan (self assessment), rekan sebaya (peer assessment) memberi tanda contreng (V) pada kolom BT (belum tampak), MT (mulai tampak), TN (tampak nyata) sesuai dengan kondisi obyek pengamatan untuk guru dan pasangan atau yang dirasakan sendiri oleh peserta didik.
c.       Memaknai hasil
Dari kisi dan instrument tersebut, guru dapat memberikan simpulan akhir bahwa
―secara  umum  ketiga  sikap  peserta  didik  terlihat  jelaskan  kondisi  sesuai  hasil pengamatan   namun   demikian   pada   aspek   disiplin/   kerja   sama/   tanggung jawab‖ perlu ditingkatkan.

INSTRUMEN TES PRAKTEK
Sekolah                                     :         SMA Negeri 1 Samarinda
Mata pelajaran                      :         Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester                    :         X/Ganjil
Tahun Pelajaran                   :         2017/2018

Kompetensi Dasar
:
4.1 Mempraktikan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi yang baik.
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
4.1.1 Mempraktikan keterampilan gerak servis bawah dan servis atas dalam permainan bola voli.
4.1.2  Mempraktikan keterampilan gerak Pasing Atas dalam permainan bola voli.
4.1.3 Mempraktikan keterampilan gerak passing atas dalam permainan bola voli.
4.1.4 Memperaktikan permainan bola voli secara sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi.


Tes unjuk kerja (keterampilan):
1). Lakukan teknik dasar Pasing Atas Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =                                                       X 100
                        Jumlah skor maksimal

 

RUBRIK PENILAIAN PASING ATAS (Bola Voli )

 

N
o
Dimensi
Indikator
Deskripsi Gerak
Nilai
3
2
1
1
Sikap Awal


1. Kaki
- Kaki     merenggang
dengan santai



- Lutut ditekuk dalam   posisi rendah
- kaki mambentuk sikap kuda-kuda


2. Tangan
- Jari tangan dibuka



- Kedua    lengan    di
Atas badan
- Kedua lengan sedikit di tekuk

3. Badan dan Pandangan Mata
- Punggung direndahkan



- Posisi badan relax
- Pandangan ke atas
2
Pelaksanaan

1      Kaki
- Kaki    bergerak    ke
arah datangnya bola



-      Kaki sedikit ditekuk
- Lutut ditekuk



2. Tangan
- dorong bola jauh
dari badan



- Tangan ditekuk,
- Perkenaan bola pada telapak tangan dan jari tangan


3. Badan dan Pandangan Mata
- Berat badan
dialihkan ke kaki



- Pinggul bergerak ke
atas
- Pandangan mata ke
arah datangnya bola
3
Sikap Akhir


1. Kaki
- Salah      satu     kaki
Melangkah ke depan



- Lutut di tekuk
- Kedua kaki



2. Tangan
- Jari tangan
Dibuka



- Landasan mengikuti bola ke sasaran
- Lengan    sejajar   
Bahu

3. Badan dan Pandangan Mata
- Pindahkan berat
badan      ke kaki



- Badan direndahkan
- Perhatikan bola ke
arah atas

Keterangan :
1.           Peserta mendapatkan nilai 4, apabila tiga indikator yang dilakukan benar.
2.           Peserta mendapatkan nilai 3 apabila dua indikatot yang dilakukan benar
3.           Peserta mendapatkan nilai 2, apabila satu indikator yang dilakukan benar.
4.           Peserta mendapatkan nilai 1, apabila tidak ada satu indikator pun yang dilakukan benar
5.           Nilai maksimal adalah 36
Atau dapat disederahanakan menjadi:



No


Nama Peserta Didik

Posisi/ Sikap Awal

Pelaksanaan Gerak

Posisi/ Sikap Akhir
Jumla h   Skor
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1.
Darmad













2.
Parjiyem













3.
Ucil













….
………………………
……
.
.
.
.
.
.
.
.
….

Berdasarkan hasil dari uji tulis yang telah dilakukan, skor dapat diolah sebagai berikut: Perolehan skor peserta didik (P) dibagi dengan skor maksimum (Max)
1)  (sesuai contoh; 3 Indikator Esensial X 12 = 36) dikalikan dengan satuan penilaian (satuan, atau puluhan).
Rumus    : P/ Max X 100 Contoh   : 28/ 36 X100
Nilai Peserta Didik : 77,78

RUBRIK PENILAIAN PASING ATAS (Bola Voli )

Keterangan :
1.      Peserta mendapatkan nilai 4, apabila tiga indikator yang dilakukan benar.
2.      Peserta mendapatkan nilai 3 apabila dua indikatot yang dilakukan benar
3.      Peserta mendapatkan nilai 2, apabila satu indikator yang dilakukan benar.
4.      Peserta mendapatkan nilai 1, apabila tidak ada satu indikator pun yang dilakukan benar
5.      Nilai maksimal adalah 36


Atau dapat disederahanakan menjadi:



No


Nama Peserta Didik

Posisi/ Sikap Awal

Pelaksanaan Gerak

Posisi/ Sikap Akhir
Jumla h   Skor
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1.
Darmad













2.
Parjiyem













3.
Ucil













….
………………………
……
.
.
.
.
.
.
.
.
….
Berdasarkan hasil dari uji tulis yang telah dilakukan, skor dapat diolah sebagai berikut: Perolehan skor peserta didik (P) dibagi dengan skor maksimum (Max)
a.      (sesuai contoh; 3 Indikator Esensial X 12 = 36) dikalikan dengan satuan penilaian (satuan, atau puluhan).
Rumus    : P/ Max X 100 Contoh   : 28/ 36 X100
Nilai Peserta Didik : 77,78










Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Bola Voly Revisi 2017"

Post a Comment

Langkah-Langkah Pengembangan Penilaian Teknik Tes

                     Langkah Pengembangan Penilaian 1.       Langkah-langkah pengembangan Penilaian teknik tes a)           ...