A. Pengertian dan Asal-Usul
Gerak Berirama
Gerak berirama atau disebut juga senam ritmik
adalah gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik, atau Pembelajaran bebas
yang dilakukan secara berirama. Senam ritmik dapat dilakukan dengan menggunakan
alat ataupun tidak menggunakan alat. Alat yang sering digunakan adalah gada,
simpai, tongkat, bola, pita, topi dan lain-lain sebagainya. Gerak
berirama merupakan senam yang dilakukan untuk menyalurkan rasa seni atau rasa
keindahan atau untuk membina dan meningkatkan seni gerak. Secara prinsip antara
senam biasa dengan gerak berirama tidak ada perbedaan, hanya saja pada gerak
berirama ditambahkan irama (ritme). Tekanan yang harus diberikan pada gerak
berirama ialah: irama, kelentukan tubuh dan kontinuitas gerakan. Senam
mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1912, ketika senam pertama kali masuk ke
Indonesia pada jaman penjajahan Belanda. Masuknya senam ini bersamaan dengan
ditetapkannya pendidikan jasmani sebagai pelajaran wajib di sekolah.
Senam yang diperkenalkan pertama kali adalah senam sistem Jerman. Sistem ini
menekankan pada kemungkinan-kemungkinan gerak yang kaya sebagai alat
pendidikan. Kemudian pada tahun 1916, sistem itu digantikan sistem Swedia (yang
menekankan pada gerak). Sistem ini dibawa dan diperkenalkan oleh seorang
perwira kesehatan dari angkatan laut kerajaan Belanda bernama Dr. H.F. Minkema.
Masuknya Jepang ke Indonesia pada tahun 1942
merupakan akhir dari kegiatan senam yang berbau barat di Indonesia. Jepang
melarang semua bentuk senam di sekolah dan di liungkungan masyarakat diganti
oleh “Taiso”. Taiso adalah sejenis senam pagi (berbentuk kalestenik) yang harus
dilaksanakan di sekolah-sekolah sebelum pelajaran dimulai.
B. Pembelajaran Gerakan Langkah Kaki Gerak
Berirama
Bentuk-bentuk gerakan langkah kaki gerak
berirama antara lain sebagai berikut :
1. Pembelajaran Langkah Biasa
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a. Berdiri dengan sikap tegak rileks.
b. Langkahkan kaki kiri ke depan dan kedua
lengan di samping badan.
c. Langkahkan kaki kanan ke depan dan jatuhkan
pada tumit.
d. Lanjutkan melangkah dengan kaki kiri secara
bergantian.
Peserta didik diminta mengamati dan merasakan
koordinasi gerakan yang dilakukan,
lalu temukan pola
yang paling sesuai buat mereka.
2. Pembelajaran Langkah Rapat
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a. Berdiri dengan sikap tegak rileks.
b. Langkahkan kaki kanan di depan kaki kiri.
c. Kemudian, melangkahkan kaki kiri di depan
kaki kanan.
d. Lanjutkan kedua kaki rapat.
Peserta didik diminta mengamati dan merasakan
koordinasi gerakan yang dilakukan, lalu temukan pola yang paling sesuai buat
mereka.
3. Pembelajaran Langkah Keseimbangan
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a. Berdiri dengan sikap tegak rileks.
b. Hitungan 1: langkahkan kaki kiri ke depan.
c. Hitungan 2: kaki kanan menyusul melangkah ke
depan.
d. Ketika tumit kaki kanan masih terangkat, kaki
kiri mundur diikuti kaki kanan mundur merapat.
Peserta didik diminta mengamati dan merasakan
koordinasi gerakan yang dilakukan, lalu temukan pola yang paling sesuai buat
mereka.
4. Pembelajaran Langkah Depan
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a. Berdiri dengan sikap anjur kiri.
b. Hitungan 1: silangkan kaki kiri di muka kaki
kanan.
c. Hitungan 2: kaki kiri menyusul dan
bersama-sama kaki kanan menyusul lagi (satu hep dua).
d. Selanjutnya, langkahkan kaki kiri, disusul
kanan, kemudian diikuti langkah kiri.
Peserta didik diminta mengamati dan merasakan koordinasi gerakan yang
dilakukan, lalu temukan pola yang paling sesuai buat mereka.
5. Pembelajaran Langkah Silang
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a. Berdiri dengan sikap anjur kiri.
b. Hitungan 1: silangkan kaki kiri di muka kaki
kanan.
c. Kruispas dapat pula dilakukan ke belakang.
d. Langkah silang ini dilakukan dengan irama
2/4.
Peserta didik diminta mengamati dan merasakan
koordinasi gerakan yang dilakukan, lalu temukan pola yang paling sesuai buat
mereka.
C. Pembelajaran Gerakan Ayunan Lengan
Bentuk-bentuk gerakan ayunan lengan antara
lain sebagai berikut.
1. Gerakan ayunan satu lengan depan belakang
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a. Sikap permulaan berdiri tegak, melangkah,
kedua lengan lurus ke depan.
b. Hitungan 1: ayun lengan kiri ke belakang
diikuti kedua lutut mengeper.
c. Hitungan 2: ayunkan kembali tangan kiri ke
depan.
d. Hitungan 3 - 4: sama dengan hitungan 1 – 2
hanya dilakukan dengan tangan kanan.
e. Lakukan pembelajaran ini 6 x 4 hitungan
dengan irama 4/4.
Peserta didik diminta mengamati dan merasakan
koordinasi gerakan yang dilakukan, lalu temukan pola yang paling sesuai buat
mereka.
2. Gerakan ayunan satu lengan ke samping
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a. Sikap permulaan berdiri tegak, ayunkan kedua
lengan ke samping kanan
b. Hitungan 1: ayunkan lengan kiri dari depan ke
samping kiri diikuti kedua lutut mengeper.
c. Hitungan 2: ayunkan kembali lengan kiri ke
depan.
d. Hitungan 3 - 4, lengan kanan melakukan
gerakan seperti tangan kiri pada hitungan 1 dan 2.
Peserta didik
diminta mengamati dan merasakan koordinasi gerakan yang dilakukan, lalu temukan
pola yang paling sesuai buat mereka.
3. Gerakan ayunan satu lengan ke samping
bersamaan dengan memindahkan berat badan
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a. Sikap permulaan berdiri tegak, ayunkan kedua
lengan ke samping kanan
b. Hitungan 1: ayunkan lengan kiri ke kiri.
c. Hitungan 2: ayunkan lengan kanan ke kiri
bersamaan dengan memindahkan berat badan ke kiri dan kedua lutut mengeper.
d. Hitungan 3: ayunkan lengan kanan kembali ke
kanan.
e. Hitungan 4: ayunkan lengan kiri ke kanan
bersamaan memindahkan berat badan kekanan, kedua lutut mengeper.
Peserta didik diminta mengamati dan merasakan
koordinasi gerakan yang dilakukan lalu temukan pola yang paling sesuai buat
mereka.
4. Gerakan ayunan dua lengan depan belakang
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a. Sikap permulaan berdiri, kaki kiri melangkah,
kedua lengan lurus ke depan.
b. Hitungan 1: ayunkan kedua lengan ke belakang.
c. Hitungan 2: ayunkan kembali ke depan.
d. Hitungan 3 - 4, putar kedua lengan melaluibawah di samping
badan.
e. Hitungan 5, 6, 7, 8: pembelajaran samadengan pembelajaran
1, 2, 3, 4, tetapi arahnya berlawanan.
Peserta didik diminta mengamati dan merasakankoordinasi gerakan
yang dilakukan, lalu temukan pola yang paling
sesuai buat mereka.
5. Gerakan ayunan dua lengan silang depan dimuka badan Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a. Sikap permulaan tegakkan kaki kiri ke sampingkiri, kedua tangan
direntangkan.
b. Hitungan 1: ayunkan kedua lengan silang dimuka badan.
c. Hitungan 2: ayunkan kedua lengan kembali.
d. Hitungan 3: ayunkan kedua lengan silang dibelakang badan.
e. Hitungan 4: ayunkan kedua lengan kembali.
f. Hitungan 5, 6, 7, 8, diulang gerakan hitungan
1, 2, 3, dan 4.
6. Gerakan variasi langkah kaki dan ayunan
lengan
Tujuan gerakan variasi langkah kaki dan
ayunan lengan senam ritmik adalah untuk mengkombinasikan teknik gerakan-gerakan
gerakan variasi langkah kaki dan ayunan lengan senam ritmik yang telah
dipelajari. Setelah peserta didik melakukan gerakan variasi langkah kaki dan
ayunan lengan senam ritmik, coba rasakan teknik-teknik gerakan variasi langkah
kaki dan ayunan lengan senam ritmik yang mana mudah dan sulit dilakukan.
Mengapa teknik gerakan tersebut mudah dan sulit dilakukan? Temukan permasalahan
tersebut, kemudian lakukan kembali gerakan-gerakan tersebut. Rangkaian gerakan
variasi langkah kaki dan ayunan lengan senam ritmik dapat dilakukan
dengan cara:
perorangan dan berpasangan. Dalam melakukan gerakan variasi langkah kaki dan
ayunan lengan senam ritmik, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai
sikap seperti: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan
toleransi. Bentuk-bentuk rangkaian
gerakan variasi langkah kaki dan ayunan lengan senam ritmik antara lain sebagai
berikut.
a. Variasi gerakan langkah ke depan dan gerakan
tangan ke atas
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
1)
Sikap permulaan tegak, langkahkan kaki kiri, kedua lengan ke samping.
2)
Hitungan 1: langkahkan kaki kiri ke depan, ayun kedua lengan lurus ke
atas.
3) Hitungan 2: pindahkan berat badan kebelakang sambil
membungkukkan badan kemuka, ujung tangan
ke ujung kaki, pandangan
ke perut.
4) Hitungan 3, tegak kembali.
5) Hitungan 4: kaki kiri dirapatkan dan kedualengan kembali ke
sikap semula.
6) Hitungan 5,6,7, dan 8 sama hanya ganti kakikiri.
b. Variasi gerakan langkah ke sampingdengan gerakan
tangan memutar
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
1) Sikap permulaan tegak, langkahkan kaki kiridan kedua lengan
ke samping badan.
2) Hitungan 1: langkahkan kaki kiri ke sampingkiri dan kedua
lengan lurus ke atas.
3) Hitungan 2: liukkan badan ke samping kanandengan memindahkan
berat badan ke kiri,kaki kanan lurus,
dan kaki kiri ditekuk.
4) Hitungan 3, tegak kembali.
5) Hitungan 4: kaki kiri dirapatkan dan kedualengan kembali ke
samping badan.
D. Pembelajaran Kombinasi Gerakan Langkah Kaki
dan Gerakan Ayunan Lengan
Gerak berirama adalah gerakan senam yang
disesuaikan dengan irama yang mengiringinya. Dalam gerak berirama, gerakan
senam dilakukan dengan mengikuti irama.
1. Pembelajaran 1 gerakan ayunan satu lengan ke
belakang dan ke depan Cara melakukannya
adalah sebagai berikut.
a. Sikap awal
Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri menyilang
bergantian dan kedua lengan lurus kedepan.
b. Gerakannya
1)
Hitungan 1 : lengan kiri diayunkan kebelakang
2)
Hitungan 2 : lengan kiri diayunkan ke depan.
3)
Hitungan 3 : lengan kanan diayunkan ke belakang.
4)
Hitungan 4 : lengan kanan diayunkan ke depan
5)
Pandangan selalu mengikuti ayunan lengan
c. Sikap akhir
Kembali ke sikap semula.
2. Pembelajaran 2 gerakan ayunan dua lengan ke
belakang dan ke depan Cara melakukannya
adalah sebagai berikut.
a. Sikap awal
Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan
kedua lengan lurus ke depan.
b. Gerakannya
1)
Hitungan 1 : kedua lengan diayunkan ke belakang samping kiri.
2)
Hitungan 2 : kedua lengan diayunkan kembali ke depan..
3)
Hitungan 3 : kedua lengan diayunkan ke belakang samping kanan.
4) Hitungan
4 : kedua lengan diayunkan kembali ke depan.
5)
Pandangan selalu mengikuti ayunan lengan.
c. Sikap akhir
Kembali ke sikap semula..
3. Pembelajaran 3 gerakan ayunan lengan silang
dan rentang di muka badan Cara
melakukannya adalah sebagai berikut.
a. Sikap awal
Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan
kedua lengan direntangkan.
b. Gerakannya
1)
Hitungan 1: kedua lengan disilangkan di depan dada.
2)
Hitungan 2: kedua lengan terentang setinggi bahu.
3)
Hitungan 3: arahkan pandangan ke bahu kanan secara bergantian.
c. Sikap akhir
Kembali ke sikap semula.
4. Pembelajaran 4 gerakan ayunan lengan
melingkar di atas kepala Cara
melakukannya adalah sebagai berikut.
a. Sikap awal
Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan
kedua lengan lurus ke depan.
b. Gerakannya
1)
Hitungan 1: kedua lengan
diayunkan ke kanan melingkar ke dalam satu lingkaran di atas kepala.
2)
Hitungan 2: berdiri tegak,
langkahkan kaki kanan dan kedua lengan lurus ke depan.
3)
Hitungan 3: kedua lengan
diayunkan ke kiri melingkar ke dalam satu lingkaran di atas kepala.
4)
Hitungan 4: berdiri tegak,
langkahkan kaki kiri dan kedua lengan lurus ke depan.
5)
Pandangan mengikuti gerakan lengan.
c. Sikap akhir
Kembali ke sikap semula.
5. Pembelajaran 5 gerakan ayunan satu lengan
horizontal ke kiri dan ke kanan Cara
melakukannya adalah sebagai berikut.
a. Sikap awal
Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan
kedua lengan direntangkan.
b. Gerakannya
1)
Hitungan 1 : lengan kiri diayun ke kanan di depan badan.
2)
Hitungan 2 : lengan kiri diayun ke kiri (sikap semula).
3)
Hitungan 3 : lengan kanan diayun ke kiri di depan badan.
4)
Hitungan 4 : lengan kanan diayun ke kanan (sikap semula)
5)
Setiap ayunan diikuti dorongan panggul.
c. Sikap akhir
Kembali ke sikap semula
6. Pembelajaran gerakan ayunan kedua lengan
ditarik ke dada dan didorong ke
depan
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a. Sikap awal
Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua
lengan lurus ke depan
b. Gerakannya
1)
Hitungan 1 : kedua lengan diluruskan di depan dada.
2)
Hitungan 2 : kedua lengan ditarik di depan dada.
3)
Hitungan 3 : kedua lengan didorong ke depan (sikap semula)
4)
Setiap ayunan diikuti dorongan panggul.
c. Sikap akhir
Kembali ke sikap semula.
7. Pembelajaran gerakan ayunan dua tangan
setinggi bahu
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a. Sikap awal
Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri ke
samping kiri dan kedua lengan lurus ke samping kanan.
b. Gerakannya
1)
Hitungan 1: kedua lengan diayunkan ke kiri.
2)
Hitungan 2: kedua lengan diayunkan ke kanan.
3)
Hitungan 3: kedua lengan diayun melingkar satu lingkaran ke kiri di atas
kepala.
4)
Hitungan 4: kedua lengan lurus ke samping kiri.
5)
Setiap gerakan ini diulang, ayunan lengan dari samping kiri
c. Sikap akhir
Kembali ke sikap semula.
8. Pembelajaran gerakan ayunan satu lengan ke
kaki kanan dan kiri secara bergantian Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a. Sikap awal
Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri ke
samping kiri dan kedua tangan direntangkan.
b. Gerakannya
1)
Hitungan 1: tangan kanan diayun menyentuh ujung kaki kiri dan badan mem-bungkuk.
2)
Hitungan 2: tangan kembali diayun ke sikap semula.
3) Gerakan
dilakukan bergantian dengan tangan kiri.
c. Sikap akhir
Kembali ke sikap semula.
0 comments:
Post a Comment