Pembelajaran Gerak Birama Kurikulum 2013

A.    Pengertian dan Asal-Usul Gerak Berirama

Gerak berirama atau disebut juga senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik, atau Pembelajaran bebas yang dilakukan secara berirama. Senam ritmik dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat. Alat yang sering digunakan adalah gada, simpai, tongkat, bola, pita, topi dan lain-lain sebagainya.   Gerak berirama merupakan senam yang dilakukan untuk menyalurkan rasa seni atau rasa keindahan atau untuk membina dan meningkatkan seni gerak. Secara prinsip antara senam biasa dengan gerak berirama tidak ada perbedaan, hanya saja pada gerak berirama ditambahkan irama (ritme). Tekanan yang harus diberikan pada gerak berirama ialah: irama, kelentukan tubuh dan kontinuitas gerakan.  Senam mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1912, ketika senam pertama kali masuk ke Indonesia pada jaman penjajahan Belanda. Masuknya senam ini bersamaan dengan ditetapkannya pendidikan jasmani sebagai pelajaran wajib di sekolah.   Senam yang diperkenalkan pertama kali adalah senam sistem Jerman. Sistem ini menekankan pada kemungkinan-kemungkinan gerak yang kaya sebagai alat pendidikan. Kemudian pada tahun 1916, sistem itu digantikan sistem Swedia (yang menekankan pada gerak). Sistem ini dibawa dan diperkenalkan oleh seorang perwira kesehatan dari angkatan laut kerajaan Belanda bernama Dr. H.F. Minkema.
  Masuknya Jepang ke Indonesia pada tahun 1942 merupakan akhir dari kegiatan senam yang berbau barat di Indonesia. Jepang melarang semua bentuk senam di sekolah dan di liungkungan masyarakat diganti oleh “Taiso”. Taiso adalah sejenis senam pagi (berbentuk kalestenik) yang harus dilaksanakan di sekolah-sekolah sebelum pelajaran dimulai.

B.  Pembelajaran Gerakan Langkah Kaki Gerak Berirama
  Bentuk-bentuk gerakan langkah kaki gerak berirama antara lain sebagai berikut :
1.  Pembelajaran Langkah Biasa
  Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a.  Berdiri dengan sikap tegak rileks.
b.  Langkahkan kaki kiri ke depan dan kedua lengan di samping badan.
c.  Langkahkan kaki kanan ke depan dan jatuhkan pada tumit.
d.  Lanjutkan melangkah dengan kaki kiri secara bergantian.
  Peserta didik diminta mengamati dan merasakan koordinasi gerakan yang dilakukan,
lalu temukan pola yang paling sesuai buat mereka.


2.  Pembelajaran Langkah Rapat
  Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a.  Berdiri dengan sikap tegak rileks.
b.  Langkahkan kaki kanan di depan kaki kiri.
c.  Kemudian, melangkahkan kaki kiri di depan kaki kanan.
d.  Lanjutkan kedua kaki rapat.
  Peserta didik diminta mengamati dan merasakan koordinasi gerakan yang dilakukan, lalu temukan pola yang paling sesuai buat mereka.




3.  Pembelajaran Langkah Keseimbangan
  Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a.  Berdiri dengan sikap tegak rileks.
b.  Hitungan 1: langkahkan kaki kiri ke depan.
c.  Hitungan 2: kaki kanan menyusul melangkah ke depan.
d.  Ketika tumit kaki kanan masih terangkat, kaki kiri mundur diikuti kaki kanan mundur merapat.
  Peserta didik diminta mengamati dan merasakan koordinasi gerakan yang dilakukan, lalu temukan pola yang paling sesuai buat mereka.


4.  Pembelajaran Langkah Depan
  Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a.  Berdiri dengan sikap anjur kiri.
b.  Hitungan 1: silangkan kaki kiri di muka kaki kanan.
c.  Hitungan 2: kaki kiri menyusul dan bersama-sama kaki kanan menyusul lagi (satu hep dua).
d.  Selanjutnya, langkahkan kaki kiri, disusul kanan, kemudian diikuti langkah kiri.  Peserta didik diminta mengamati dan merasakan koordinasi gerakan yang dilakukan, lalu temukan pola yang paling sesuai buat mereka.

5.  Pembelajaran Langkah Silang
  Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a.  Berdiri dengan sikap anjur kiri.
b.  Hitungan 1: silangkan kaki kiri di muka kaki kanan.
c.  Kruispas dapat pula dilakukan ke belakang.
d.  Langkah silang ini dilakukan dengan irama 2/4.
  Peserta didik diminta mengamati dan merasakan koordinasi gerakan yang dilakukan, lalu temukan pola yang paling sesuai buat mereka.

C.  Pembelajaran Gerakan Ayunan Lengan 

  Bentuk-bentuk gerakan ayunan lengan antara lain sebagai berikut.
1.  Gerakan ayunan satu lengan depan belakang
  Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a.  Sikap permulaan berdiri tegak, melangkah, kedua lengan lurus ke depan.
b.  Hitungan 1: ayun lengan kiri ke belakang diikuti kedua lutut mengeper.
c.  Hitungan 2: ayunkan kembali tangan kiri ke depan.
d.  Hitungan 3 - 4: sama dengan hitungan 1 – 2 hanya dilakukan dengan tangan kanan.
e.  Lakukan pembelajaran ini 6 x 4 hitungan dengan irama 4/4.
  Peserta didik diminta mengamati dan merasakan koordinasi gerakan yang dilakukan, lalu temukan pola yang paling sesuai buat mereka.


2.  Gerakan ayunan satu lengan ke samping
  Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a.  Sikap permulaan berdiri tegak, ayunkan kedua lengan ke samping kanan
b.  Hitungan 1: ayunkan lengan kiri dari depan ke samping kiri diikuti kedua lutut mengeper.
c.  Hitungan 2: ayunkan kembali lengan kiri ke depan.
d.  Hitungan 3 - 4, lengan kanan melakukan gerakan seperti tangan kiri pada hitungan 1 dan 2.
Peserta didik diminta mengamati dan merasakan koordinasi gerakan yang dilakukan, lalu temukan pola yang paling sesuai buat mereka.

 

3.  Gerakan ayunan satu lengan ke samping bersamaan dengan memindahkan berat badan
  Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a.  Sikap permulaan berdiri tegak, ayunkan kedua lengan ke samping kanan
b.  Hitungan 1: ayunkan lengan kiri ke kiri.
c.  Hitungan 2: ayunkan lengan kanan ke kiri bersamaan dengan memindahkan berat badan ke kiri dan kedua lutut mengeper.
d.  Hitungan 3: ayunkan lengan kanan kembali ke kanan.
e.  Hitungan 4: ayunkan lengan kiri ke kanan bersamaan memindahkan berat badan kekanan, kedua lutut mengeper.
  Peserta didik diminta mengamati dan merasakan koordinasi gerakan yang dilakukan lalu temukan pola yang paling sesuai buat mereka.



4.  Gerakan ayunan dua lengan depan belakang
  Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a.  Sikap permulaan berdiri, kaki kiri melangkah, kedua lengan lurus ke depan.
b.  Hitungan 1: ayunkan kedua lengan ke belakang.
c.  Hitungan 2: ayunkan kembali ke depan.
 
d.  Hitungan 3 - 4, putar kedua lengan melaluibawah di samping badan.
e.  Hitungan 5, 6, 7, 8: pembelajaran samadengan pembelajaran 1, 2, 3, 4, tetapi arahnya berlawanan.
  Peserta didik diminta mengamati dan merasakankoordinasi gerakan yang dilakukan, lalu temukan pola yang paling sesuai buat mereka.
5.  Gerakan ayunan dua lengan silang depan dimuka badan  Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a.  Sikap permulaan tegakkan kaki kiri ke sampingkiri, kedua tangan direntangkan.
b.  Hitungan 1: ayunkan kedua lengan silang dimuka badan.
c.  Hitungan 2: ayunkan kedua lengan kembali.
d.  Hitungan 3: ayunkan kedua lengan silang dibelakang badan.
e.  Hitungan 4: ayunkan kedua lengan kembali.
f.  Hitungan 5, 6, 7, 8, diulang gerakan hitungan
1, 2, 3, dan 4.


6.  Gerakan variasi langkah kaki dan ayunan lengan
  Tujuan gerakan variasi langkah kaki dan ayunan lengan senam ritmik adalah untuk mengkombinasikan teknik gerakan-gerakan gerakan variasi langkah kaki dan ayunan lengan senam ritmik yang telah dipelajari. Setelah peserta didik melakukan gerakan variasi langkah kaki dan ayunan lengan senam ritmik, coba rasakan teknik-teknik gerakan variasi langkah kaki dan ayunan lengan senam ritmik yang mana mudah dan sulit dilakukan. Mengapa teknik gerakan tersebut mudah dan sulit dilakukan? Temukan permasalahan tersebut, kemudian lakukan kembali gerakan-gerakan tersebut. Rangkaian gerakan variasi langkah kaki dan ayunan lengan senam ritmik dapat dilakukan
dengan cara: perorangan dan berpasangan. Dalam melakukan gerakan variasi langkah kaki dan ayunan lengan senam ritmik, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi.  Bentuk-bentuk rangkaian gerakan variasi langkah kaki dan ayunan lengan senam ritmik antara lain sebagai berikut.

a.  Variasi gerakan langkah ke depan dan gerakan tangan ke atas
  Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
  1)  Sikap permulaan tegak, langkahkan kaki kiri, kedua lengan ke samping.
  2)  Hitungan 1: langkahkan kaki kiri ke depan, ayun kedua lengan lurus ke atas.

3)  Hitungan 2: pindahkan berat badan kebelakang sambil membungkukkan badan kemuka, ujung tangan ke ujung kaki, pandangan
ke perut.
4)  Hitungan 3, tegak kembali.
5)  Hitungan 4: kaki kiri dirapatkan dan kedualengan kembali ke sikap semula.
6)  Hitungan 5,6,7, dan 8 sama hanya ganti kakikiri.
b.  Variasi gerakan langkah ke sampingdengan gerakan tangan memutar

  Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
1)  Sikap permulaan tegak, langkahkan kaki kiridan kedua lengan ke samping badan.
2)  Hitungan 1: langkahkan kaki kiri ke sampingkiri dan kedua lengan lurus ke atas.
3)  Hitungan 2: liukkan badan ke samping kanandengan memindahkan berat badan ke kiri,kaki kanan lurus, dan kaki kiri ditekuk.
4)  Hitungan 3, tegak kembali.
5)  Hitungan 4: kaki kiri dirapatkan dan kedualengan kembali ke samping badan.

D.  Pembelajaran Kombinasi Gerakan Langkah Kaki dan Gerakan Ayunan Lengan

  Gerak berirama adalah gerakan senam yang disesuaikan dengan irama yang mengiringinya. Dalam gerak berirama, gerakan senam dilakukan dengan mengikuti irama.
1.  Pembelajaran 1 gerakan ayunan satu lengan ke belakang dan ke depan  Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a.  Sikap awal
  Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri menyilang bergantian dan kedua lengan lurus kedepan.
b.  Gerakannya
  1)  Hitungan 1 : lengan kiri diayunkan kebelakang
  2)  Hitungan 2 : lengan kiri diayunkan ke depan.
  3)  Hitungan 3 : lengan kanan diayunkan ke belakang.
  4)  Hitungan 4 : lengan kanan diayunkan ke depan
  5)  Pandangan selalu mengikuti ayunan lengan

c.  Sikap akhir
  Kembali ke sikap semula.
 


2.  Pembelajaran 2 gerakan ayunan dua lengan ke belakang dan ke depan  Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a.  Sikap awal
  Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan lurus ke depan.
b.  Gerakannya
  1)  Hitungan 1 : kedua lengan diayunkan ke belakang samping kiri.
  2)  Hitungan 2 : kedua lengan diayunkan kembali ke depan..
  3)  Hitungan 3 : kedua lengan diayunkan ke belakang samping kanan.
  4)  Hitungan 4 : kedua lengan diayunkan kembali ke depan.
  5)  Pandangan selalu mengikuti ayunan lengan.
c.  Sikap akhir
  Kembali ke sikap semula..



3.  Pembelajaran 3 gerakan ayunan lengan silang dan rentang di muka badan  Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a.  Sikap awal
  Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan direntangkan.
b.  Gerakannya
  1)  Hitungan 1: kedua lengan disilangkan di depan dada.
  2)  Hitungan 2: kedua lengan terentang setinggi bahu.
  3)  Hitungan 3: arahkan pandangan ke bahu kanan secara bergantian.
c.  Sikap akhir
  Kembali ke sikap semula.



4.  Pembelajaran 4 gerakan ayunan lengan melingkar di atas kepala  Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a.  Sikap awal
  Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan lurus ke depan.
b.  Gerakannya
  1)  Hitungan 1:   kedua lengan diayunkan ke kanan melingkar ke dalam satu lingkaran di atas kepala.
  2)  Hitungan 2:   berdiri tegak, langkahkan kaki kanan dan kedua lengan lurus ke depan.
  3)  Hitungan 3:   kedua lengan diayunkan ke kiri melingkar ke dalam satu lingkaran di atas kepala.
  4)  Hitungan 4:  berdiri tegak, langkahkan kaki kiri dan kedua lengan lurus ke depan.
  5)  Pandangan mengikuti gerakan lengan.
c.  Sikap akhir
  Kembali ke sikap semula.         
 


5.  Pembelajaran 5 gerakan ayunan satu lengan horizontal ke kiri dan ke kanan  Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

a.  Sikap awal
  Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan direntangkan.
b.  Gerakannya
  1)  Hitungan 1 : lengan kiri diayun ke kanan di depan badan.
  2)  Hitungan 2 : lengan kiri diayun ke kiri (sikap semula).
  3)  Hitungan 3 : lengan kanan diayun ke kiri di depan badan.
  4)  Hitungan 4 : lengan kanan diayun ke kanan (sikap semula)
  5)  Setiap ayunan diikuti dorongan panggul.
c.  Sikap akhir
  Kembali ke sikap semula
 


6.  Pembelajaran gerakan ayunan kedua lengan ditarik ke dada dan didorong ke
depan
  Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a.  Sikap awal
  Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan lurus ke depan
b.  Gerakannya
  1)  Hitungan 1 : kedua lengan diluruskan di depan dada.
  2)  Hitungan 2 : kedua lengan ditarik di depan dada.
  3)  Hitungan 3 : kedua lengan didorong ke depan (sikap semula)
  4)  Setiap ayunan diikuti dorongan panggul.
c.  Sikap akhir
  Kembali ke sikap semula.


7.  Pembelajaran gerakan ayunan dua tangan setinggi bahu
  Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a.  Sikap awal
  Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri ke samping kiri dan kedua lengan lurus ke samping kanan.
b.  Gerakannya
  1)  Hitungan 1: kedua lengan diayunkan ke kiri.
  2)  Hitungan 2: kedua lengan diayunkan ke kanan.
  3)  Hitungan 3: kedua lengan diayun melingkar satu lingkaran ke kiri di atas kepala.
  4)  Hitungan 4: kedua lengan lurus ke samping kiri.
  5)  Setiap gerakan ini diulang, ayunan lengan dari samping kiri
c.  Sikap akhir
  Kembali ke sikap semula.



8.  Pembelajaran gerakan ayunan satu lengan ke kaki kanan dan kiri secara bergantian  Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a.  Sikap awal
  Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri ke samping kiri dan kedua tangan direntangkan.
b.  Gerakannya
  1)  Hitungan 1: tangan kanan diayun menyentuh ujung kaki kiri dan badan mem-bungkuk.
  2)  Hitungan 2: tangan kembali diayun ke sikap semula.
  3)  Gerakan dilakukan bergantian dengan tangan kiri.
c.  Sikap akhir
  Kembali ke sikap semula.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pembelajaran Gerak Birama Kurikulum 2013"

  1. aslamu alaikum wr wb..
    bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesapossiblen yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.programdanainstan.blogspot.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
    alhamdulilah demi allah dan anak saya,
    akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
    jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
    saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.programdanainstan.blogspot.com atau KLIK DISINI

    ReplyDelete

Langkah-Langkah Pengembangan Penilaian Teknik Tes

                     Langkah Pengembangan Penilaian 1.       Langkah-langkah pengembangan Penilaian teknik tes a)           ...