Asslamu'alaikum Wr. Wb
Eksrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan peserta didik diluar jam formal belajar. Ekstrakurikuler bersifat sukarela atau bagi siapa yang mau saja, bukan diwajibkan bagi setiap peserta didik. Setiap sekoalh tentunya memiliki keunggulan dalam bidang ekstrakurikuler tersendiri. ada yang unggul dalam hal olahraganya, ada yang unggul dalam hal paduan suaranya, ada yang unggul dalam hal paskibranya, dan itu semua dengan satu tujuan yaitu untuk membentuk karakter para peserta didik secara keseluruhan.
Faktor – faktor yang mempengaruhi minat yang timbul dalam diri
seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor yang berasal dari
dalam dari individu itu sendiri (faktor instrinsik), maupun faktor yang
berasal dari luar individu itu sendiri (faktor ekstrinsik).
- Faktor dari dalam (faktor instrinsik) yaitu sifat pembawaan.
- Faktor dari luar (faktor ekstrinsik) diantaranya keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar. Minat yang terjadi dalam individu dipengaruhi dua faktor yang menentukan yaitu faktor keinginan dari dalam, dan faktor keinginan dari luar. Minat dari dalam terdiri dari tertarik atau rasa senang pada kegiatan, perhatian terhadap suatu kegiatan dan adanya aktifitas atau tindakan akibat rasa senang maupun perhatian.dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara garis besar minat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor yang berasal dari dalam diri individu itu sendiri (factor instrinsic) dan faktor yang berasal dari luar individu tersebut (factor ekstrinsic). Adapun ketiga faktor instrinsik dari minat tersebut antara lain:
a. Rasa Tertarik
Menurut Suadirman (1984: 36) ketertarikan adalah proses yang dialami
setiap individu tetapi sulit dijelaskan. Dzakir (1992: 216)
menyampaikan, tertarik adalah suka atau senang, tetapi belum melakukan
aktivitas. Sedangkan Winkell (1983: 30) mendefinisikan rasa tertarik
sebagai penilaian positif terhadap suatu obyek. Berdasarkan tiga
pendapat ini, disimpulkan bahwa rasa tertarik merupakan rasa yang
dimiliki setiap individu dalam ungkapan suka, senang dan simrpati kepada
sesuatu sebelum melakukan aktivitas, sebagai penilian positif atau
suatu obyek.
b. Perhatian
Perhatian didefinisikan oleh Sumadi Suryabrata (1982:14) sebagai
frekuensi dan kuantitas kesadaran yang menyertai aktivitas seseorang,
sedangkan Dakir (1993: 144) mendefinisikan minat perhatian sebagai
keaktifan peningkatan kesadaran seluruh jiwa yang dikerahkan dalam
pemusatannya kepada sesuatu, dan Bimo Walgito (2002: 98) mendefinisikan
perhatian sebagai pemusatan atau konsentrasi dari seluruh aktivitas
individu yang ditujukan kepada suatu objek. Berdasarkan tiga definisi
tersebut, disimpulkan perhatian merupakan pemusatan tenaga atau kekuatan
jiwa tertentu kepada suatu objek, atau frekuensi dan kuantitas
kesadaran peningkatan kesadaran seluruh jiwa.
c. Aktivitas
Tahap setelah siswa tertarik dan memberikan perhatian terhadap suatu
objek atau kegiatan adalah bergabungnya siswa dalam kegiatan tersebut.
Dalam penelian ini aktivitas siswa berbentuk keaktifan siswa dalam
mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli mini.
Selain itu ada juga faktor ekstrinsik terdiri atas pengaruh dari
lingkungan keluarga,sekolah, dan lingkungan. Lingkungan keluarga yang
memberikan pengaruh misalnya keadaan sosial ekonomi, serta cara orang
tua mendidik anak merupakan sebagian contoh faktor keluarga yang dapat
mempengaruhi minat siswa. Pengaruh lingkungan sekolah misalnya
kurikulum, metode mengajar yang digunakan guru, serta aturan dan
disiplin sekolah. Adapun faktor masyarakat meliputi teman bergaul serta
kegiatan siswa di masyarakat.
Kegiatan ekstrakurikuler ini dilaksanakan diluar jam pelajaran wajib.
Ini memberikan keleluasaan kepada siswa untuk menentukan kegiatan
sesuai dengan bakat dan minat mereka. Berdasarkan penjelasan tentang
ekstrakurikuler tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ekstrakurikuler
adalah kegiatan diluar jam pelajaran yang dilakukan, baik di sekolah
ataupun di luar sekolah yang bertujuan untuk memperdalam dan memperkaya
pengatahuan siswa, mengenal hubungan antar berbagai pelajaran, serta
menyalurkan bakat dan minat. Kegiatan ekstrakurikuler ini dilaksanakan
diluar jam pelajaran wajib. Kegiatan ini memberikan keleluasaan kepada
siswa untuk menentukan kegiatan sesuai dengan bakat dan minat mereka.
Siswa dapat memperdalam dan memeperluas pengetahua keterampilan mengenai
hubungan antara berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan minat,
serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya. Mampu memanfaatkan
pendidikan kepribadian serta mengaitkan pengetahuan yang diperolehnya
dalam program kurikulum dengan kebutuhan dan keadaan lingkungan.
1 comments:
mantap.. ekstrakurikuler itu kegiatan yang menyenangkan
Post a Comment